Peringatan Buat Para Pemilik Kartu ATM (selain BCA)

Kemaren saya baca tabloid kontan edisi17 tgl 21 september 2010. Di halaman 31, ada pembaca yang mengeluhkan akan lamanya proses pengaduannya diproses oleh bank mandiri. Ceritanya: sang penulis surat pembaca ini kehilangan uang senilai Rp 61 juta lebih dalam tabungannya selama 4 hari. Gara-garanya kartu ATM mandirinya hilang dan ia ada keperluan sehingga lupa untuk memblokir tabungannya. Setelah di cek ternyata uagnya hilang bukan karena ditarik tunai dari mesin ATM tetapi diambil untuk membeli barang-barang. Ya karena kartu ATM mandiri kan bisa buat pembayaran debet. (bayar cukup dengan gesek dan secara otomatis tabungan kita didebit). Wah sebagai orang yang punya ATM Mandiri jadi was was nih kalo kartu ATM hilang. Walaupun sang penemu tak mengetahui nomor PIN kita, tetapi kan bisa buat belanja di MAll??!

Memang benar kalau kartu debit bisa dipakai tanpa memasukkan nomor pin (cukup tanda tangan seadanya, yang umumnya kasir tak meneliti dengan seksama apakah tanda tangan itu sama dengan yang di kartu identitas (seperti KTP/SIM)). Kartu Debit(Master dan Visa) Bank Mandiri, Permata, BNI, Danamon,dll bisa langsung digesek di EDC (Electronik Data Capture)dengan langsung memotong jumlah tabungan. Kasir di Retail, Hotel, Resto dll hanya mencocokkan tanda tangan di belakang kartu.Jadi ngggak bakal tau pemilik sesungguhnya jika kartu itu colongan.

Tips:
1. Jika kartu hilang, langsung blokir.Bahkan kalo lupa naro langsung blokir aja,….dari pada ditemu orang terus dipake belanja.
2. Sisakan saldo uang secukupnya di kartu yang sering digunakan untuk belanja, kalo untuk nabung sebaiknya ditaruh direkening tersendiri yang kalaupun ada kartu ATMnya disimpan saja di brangkas.
3.Tutup 3 angka (ccv) di bagian belakan kartu dengan stiker agar tidak mudah diketahui orang lain.
4.Samakan tanda tangan di kartu debit dengan di identitas resmi (ktp,sim,passport)
5.Sering-sering cetak buku tabungan, jika ada transaksi janggal yg tidak anda yakini segera telusur.
6.Selalu simpan struk EDC sehabis belanja, minimal untuk 3 bulan.
7.Baca doa sebelum make kartu debit,…..dan banyak2 amal biar gak dikerjain ama orang laenn,,

sedia payung sebelum hujan!!!
karena penyesalan datang setelah kejadian!!!

Berbagi Ke Lainnya