Cegah Kamar Tidur Jadi Sarang Penyakit (Penting!!! Terutama Buat Anak Kost )

Kita harus tahu kapan waktu tepat untuk mengganti kasur, bantal, dan selimut.

VIVAnews (19/11/10)- Kamar tidur merupakan ruang pribadi bagi Anda dan keluarga. Untuk itu, Anda perlu menjaga kebersihannya. Sebab, kamar tidur juga bisa menjadi sarang penyakit jika tak rutin dibersihkan.

Anda harus tahu kapan waktu tepat untuk mengganti kasur, bantal, dan selimut. Sebab, jika tak rutin diganti dan dibersihkan barang-barang ini bisa menjadi sarang kuman dan penyakit.

Seperti dikutip dari laman The Sun, berikut waktu tepat mengganti kasur, bantal dan selimut di kamar tidur Anda:


Kasur
Idealnya kasur yang Anda tiduri tiap malam diganti setiap delapan sampai sepuluh tahun sekali. Hal ini penting diperhatikan, karena tempat tidur rata-rata berisi lebih dari 10.000 tungau debu rumah yang menimbun lebih dari dua juta kotoran, menurut pakar Alergi di Inggris. Kotoran yang menumpuk di kasur dapat memicu alergi, asma, gatal-gatal dan eksim.

Bantal
Cuci bantal setiap tiga bulan atau ganti setiap enam sampai 12 bulan. Biasanya, setelah enam bulan, sepuluh persen dari bantal Anda terdiri dari tungau debu, kotoran dan keringat Anda. Pakar kesehatan dari The Sleep Council menyatakan, jika tak segera diganti, kotoran yang menempel di bantal bisa terhirup serta berisiko menyebabkan asma, rhinitis dan sinusitis.

Selimut
Cuci selimut setiap tiga sampai enam bulan, dan ganti sprei setiap minggu. Sebuah studi University Of Worcester menemukan, beberapa selimut sebagai tempat berlabuhnya tungau debu, sisik kulit, bakteri dan spora jamur. Ini dapat menyebabkan asma dan rhinitis.

Untuk itu, agar merasa nyaman berada di kamar tidur, jangan lupa untuk selalu membersihkan perlengkapan tidur secara rutin.

Berbagi Ke Lainnya