21 Dec 2011

Sam Po Kong yang Melegenda

Jelajah Kota;
Salah satu bangunan yang jadi primadona kota Semarang,ia sering dipromosikan untuk dikunjungi baik lewat leaflet, spanduk, atau iklan pariwisata lainnya. Ia sudah menjadi simbol kota ini. Lihatlah di hotel-hotel tak jarang dipasang fotonya. Ya apa lagi kalau bukan Kuil Sam po Kong ( bangunan bersejarah seperti Lawang Sewu & Gereja Blenduk).
Hampir setiap ada teman dari luar kota yang main ke Semarang pun sering kuajak ke klenteng ini. Lokasinya yang berada di jantung kota jadi mudah sekali untuk dikunjungi.
Sebenarnya apa sih yang menarik dari sam po kong?

Dari beberapa kali kunjungan ke sana, yang kami lakukan hanya poto-poto. Ada jasa foto dengan pakaian mandarin tapi sewa pakaiannya mahal sampai 75 ribu rupiah.
Untuk masuk ke klenteng cukup bayar Rp 3 ribu belum termasuk ongkos parkir.
Namun dibalik bangunannya yang megah (karena sudah dipugar) + tambahan patung-patung bernama-nama aneh berukuran sedang, kecil serta patung raksasa yang baru ada ditahun 2010, ada nilai sejarah yang belum banyak orang tau dan belajar darinya.

Sebagian besar bangunan berwarna merah khas bangunan China. Karena kaburnya sejarah, masyarakat menganggap bangunan itu adalah kelenteng.Dan bangunan ini kini benar-benar menjadi kelenteng yang digunakan oleh masyarakat tionghoa untuk bersembahyang, dan berziarah.
Baca Selengkapnya »

Labels: , , , ,

23 Oct 2011

Umar bin Khattab

Ada acara kantor, 7annya adalah untuk refreshing sekaligus pemberian motivasi. Trainernya adalah dr. Arief Alamsyah dari Malang, Jawa Timur. 3 Jam ditriner sama dokter arief nggak terasa membosankan sedikitpun, waktu terasa cepat sekali. Sepertinya aku menikmati cara pembawaannya, termasuk materinya, tinggal bagaimana implementasinya saja.
Beliau mengajarkan bagaimana seharusnya kami menerima perubahan, terbuka pada ilmu, pengetahuan, tantangan baru. Mengajarkan arti penting dari tanggung jawab dan integritas. Mengajarkan kami bangga pada pekerjaan kami.
Point penting dalam postingan kali ini adalah masalah perubahan. Beliau menyoroti umumnya manusia enggan untuk berubah. Mengatakan bahwa semuanya sudah takdir, sudah watak saya seperti ini, nggak mungkin bisa dirubah. Namun, alibi alibi semacam itu beliau patahkan dengan mengambil sosok Umar Ibnu Khattab. Ternyata beliau sangat mengidolakan Ibnu Umar, sahabat Rasulullah Muhammad SAW.
Umar bin Khattab yang dahulunya adalah orang yang sangat buruk perilakunya (karena kejahiliahannya) (ia sampai tega mengubur putrinya sendiri hidup-hidup), ia minum minuman keras, dsb ,  saja bisa berubah menjadi orang yang berakhlak mulia. Bahkan apabila ia teringat atas apa yang ia lakukan dulu ia menangis.
Itulah Umar bin Khattab. Kemudian saya berkaca pada diri sendiri, apakah saya sudah baik dalam berperilaku?
Pada zaman yang serba bebas seperti sekarang ini, di mana kesempatan bermaksiat tanpa diketahui manusia begitu besar, maka tinggal imanlah benteng terakhir. Jika iman melemah, maka aku kalah oleh nafsuku.
Seperti dr. Arief juga yang menyesali bahwa ia pernah menjadi bandel dan pernah pacaran, namun ia bisa berubah meninggalkan hal buruk itu. Aku pun ingin mengikuti jejak dr. Arief dan Sayyidina Umar Ibnu Khattab.



12 Sep 2011

Melihat Pantai Ujung Negoro: Kab. Batang Yang Alami

Pintu Gerbang Ujung Negoro
Segala Puji bagi Alloh yang memberikan ku kesempatan untuk melihat betapa indahnya ciptaanNya. Siang menuju sore sabtu, 10 September 2011, selepas kondangan di tempat adikku Aditya Sunu Pradana, rombonganku (aku dan teman2 stupit) menghabiskan waktu ke Pantai Ujung Negoro, Kab. Batang. 

Sejak dulu saya, penasaran dengan pantai ini. Salah satunya adalah penggunaan nama ujung negoro. Ujung membuat kesan bahwa pantai ini berada dilokasi terjauh. Jauh dari peradaban.

Akses ke Pantai ini bisa dibilang mudah karena dekat dengan jalur utama JALAN PANTURA. Pantai Ujungnegoro terletak di Desa Ujungnegoro, Kecamatan Tulis ini dapat dicapai dengan menggunakan roda dua dan mobil pribadi dengan jarak tempuh sekitar 7 kilometer dari pertigaan jalur pantura Tulis atau 100 meter sebelah timur SPBU Kandeman, Tulis.

bersih-ujung negoro
Pantai ujung negoro. Pantainya bersih, enak buat jalan-jalan dan menghabiskan waktu. Sebagian dari pantai ini adalah pantai pasir coklat khas pantai utara jawa pada umumnya. Namun, beberapa tempat, pantai ini bersinggungan dengan bukit dan batuan batuan karang. Di sekeliling bukit sudah dbeton dan dibuat tangga berundak. Banyak orang yang memancing di batuan-batuan karang.

Yang menarik, dibawah bukit, terdapat gua kecil yang  bernama gua aswatama.
Baca Selengkapnya »

Labels: ,

9 Sep 2011

Renang di Kolam Renang Air Hangat Alami (Satu-satunya di Dunia)

Setelah satu bulan lamanya tidak berenang, akhirnya aku berenang lagi di hari ke-4 Lebaran . Karena kolam renang di rumah belum jadi maka tujuanku pagi itu adalah: Guci.

Kenapa Guci?karena bagi saya, sejauh ini kolam yang paling  nyaman yang pernah saya selami adalah di Guci.Ya, setidaknya di guci banyak pilihan kolam renang. Dari yang murah hingga yang mahal. Dari yang super nyaman hingga yang biasa-biasa saja.

Begitu sampai di Guci, seperti yang sudah diperkirakan, guci adalah tempat favorit dan primadona objek wisata di kawasan Pemalang, Tegal, Brebes dan sekitarnnya. Lautan manusia memenuhi objek wisata ini, bahkan kamipun harus parkir jauh dari tempat/kolam yang kami tuju.


Kolam langganan saya, adalah kolam renang semi tertutup yang harga tiketnya Rp6.000. Namun, sayang sekali kolam renang itu, penuh sesak pengunjung. Karena khawatir dengan kebersihan dan faktor kenyamanan, maka kami memutar otak, bagaimana caranya agar kedatangan kami ke guci hari ini tidak sia-sia.


Akhirnya, tujuan kami ubah, masuk hotel duta wisata guci. Kami tahu, hotel ini punya kolam renang, dan walaupun kami bukan pengunjung, tetap bisa masuk dengan membayar Rp15.000.



Lebih mahal dari tempat lain, tapi alhamdulillah, kolam renang di hotel ini tidak terlalu penuh. Jadi kami masih nyaman untuk berenang dari satu tepi ke tepi kolam yang lain.
Aku sebenernya kurang begitu mahir dalam berenang. Gaya renang yang aku bisa pun hanya gaya Katak/Dada. Namun, karena termotivasi hadist nabi:

“Ajarilah anak-anakmu memanah, berenang dan menunggang kuda.” (HR. Thabrani) 

Dan setelah merasakan manfaat dari berenang, setiap minggu saya usahakan untuk “njebur”.
Menurut referensi yang saya dapat dari internet. Berenang adalah salah satu jenis olahraga yang mampu meningkatkan kesehatan seseorang yang jg merupakan olahraga tanpa gaya gravitasi bumi (non weight barring). Berenang terbilang minim risiko cedera fisik karena saat berenang seluruh berat badan ditahan oleh air atau mengapung. Selain itu berenang merupakan olahraga yang paling dianjurkan bagi mereka yang kelebihan berat badan (obesitas), ibu hamil dan penderita gangguan persendian tulang atau arthritis. Berenang memiliki banyak manfaat yang dapat dirasakan apabila kita melakukannya secara benar dan rutin, manfaat tersebut antara lain :
1.   Membentuk otot
Saat berenang, kita menggerakkan hampir keseluruhan otot-otot pada tubuh, mulai dari kepala, leher, anggota gerak atas, dada, perut, punggung, pinggang, anggota gerak bawah, dan telapak kaki. Saat bergerak di dalam air, tubuh mengeluarkan energi lebih besar karena harus ‘melawan’ massa air yang mampu menguatkan dan melenturkan otot-otot tubuh.

Baca Selengkapnya »

Labels:

7 Jun 2011

Jalan Masih Panjang


Jalan masih panjang // terbentang di hadapan
Tak hanya sekedar // dunia
Lihatlah ke depan // yang lalu biar berlalu
Jadikan pemicu kalbu

Reff:
Jalan hidup // takkan pernah// lurus
Pasti ada salah // lewati segalanya
Tapi Tuhan // tak pernah // berhenti
Membuka jendela // maaf // untuk kita


Theme song ku beberapa hari ini adalah lagu ini. Merasa banyak sekali salah langkah&dosa. Yah semoga Alloh masih membuka jendela maafnya untuk saya.Amin.

6 Jun 2011

Pantai Marina Semarang: Pantai tak berpasir?

Pri, ntar kalo main ke semarang ajak aku jalan-jalan y?
Oke, boleh..ntar ku ajak ke MAJT, Lawang sewu, sidomukti, …apa lagi ya objek wisata di kota semarang?
Aku suka nya ke pantai, yang bagus pantai apa di semarang?
T.T >.< pantai apa y? yang bagus…susah jawabnya…sepengalamanku mblusukan di semarang, yang saya tahu pantai di semarang 'biasa-biasa'saja.
Ada 2 pantai yang sudah ku kunjungi selama di semarang, 1) pantai marina  2) pantai maron .
Kali ini yang akan saya bahas adalah pantai marina,semarang.
Dari namanya, 'Marina' sama dengan pantai marina di ancol, Jakarta, tetapi denger-denger memang sengaja dibuat mirip, baik nama maupun desainnya pantainya.

Kemiripan yang banyak dibicarakan orang adalah  bibir pantainya dibangun tanggul beton dan batu-batu cadas buatan. Jadi susah bagi pengunjung untuk nyemplung ke air dan menyentuh pasir (bermain pasir). Pergi ke pantai tapi nggak bermain pasir rasanya memang aneh, seperti makan sayur nggak pakai kuah.hehe
Tapi kalo tujuan ke marina cuma buat lihat laut, sunset/sunrise yang sudah cukuplah ke pantai ini. Apalagi buat yang suka pacaran di tempat yang sepi pasti tambah romantis. Ada juga yang memancing di pantai ini, tetapi sepertinya ikan yang didapat kurang memuaskan.

Minggu Pagi
Jika minggu pagi, pantai yang pendek ini ramai diserbu anak2 (tentu sama bapak-ibunya).
Tiket masuk marina murah hanya 3.000 rupiah.
NB: Di pantai ini, pengunjung bisa naik perahu keliling pantai, memancing atau sekedar sekedar santai beristirahat sambil menikmati keindahan pantai dan deburan ombak. Untuk naik perahu per orang harus membayar Rp 5.000.
Nyemplung
menikmati laut/menikmati serabi?


Labels: , ,

23 May 2011

Dialog Iblis dan Rasulullah SAW (menarik dibaca)

Ketika kami sedang bersama Rasulullah Saw di kediaman seorang sahabat Anshar, tiba-tiba terdengar panggilan seseorang dari luar rumah, "Wahai penghuni rumah, bolehkah aku masuk? Sebab kalian akan membutuhkanku."

Rasulullah bersabda, “Tahukah kalian siapa yang memanggil?”

Kami menjawab, “Allah dan Rasul-Nya yang lebih tahu.”

Beliau melanjutkan, “Itu Iblis, laknat Allah bersamanya.”

Umar bin Khattab berkata, “Ijinkan aku membunuhnya wahai Rasulullah”

Baca Selengkapnya »

Labels: , ,

21 May 2011

Menghadiri Walimah

“Semoga Allah memberi berkah kepadamu dan atasmu serta mengumpulkan kamu berdua (pengantin laki-laki dan perempuan) dalam kebaikan.”

doa tsb di atas tertujukan kepada kedua insan yg hari ini berbahagia "Lisa dan Mas Kirna".
Alkisah, dalam perjalan pulang dari PATI BUMI MiNA TANI menuju Semarang saya sempet mengeluh/berkata kepada rombongan. Wah, sayang pas foto tadi aku nggak kelihatan.
Ternyata, pas foto bareng, saya nggak ke foto (padahal saya berada paling kiri.hiks). Jadi tangan doank yang terlihat.he
clik gambar untuk memperbesar

Astaghfirullahaladzim... Hanya karena tidak terfoto saya seolah menyesal menghadiri undangan walimah.. Ya Alloh ampuni hambamu. Saya jadi teringat nasihat Mas Indra bahwa syaitan itu ada di setiap waktu, menggoda di prakegiatan, pada saat kegiatan, dan pasca kegiatan. Saya mungkin termasuk yang telah tergoda syaitan di pasca kegiatan.

Seharusnya saya kembalikan niat saya ke tujuan/motivasi awal bahwa kewajiban seorang muslim terhadap muslim yang lain adalah menghadiri undangan. Menghadiri undangan walimah dengan demikian merupakan suatu kewajiban bagi yang diundang.Banyak hadist rasul yang  mengemukakan hal tersebut :
عَنْ عَبْدِاللَّهِ بْنِ عُمَرَ رَضِي اللَّهُ عَنْهُمَا أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ قَالَ إِذَا دُعِيَ أَحَدُكُمْ إِلَى الْوَلِيمَةِ فَلْيَأْتِهَا [1]
Tidak ada alasan yang dapat dijadikan dasar untuk tidak menghadirinya, meskipun dalam keadaan puasa, secara jelas Rasul menyatakan bahwa:
عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ إِذَا دُعِيَ أَحَدُكُمْ فَلْيُجِبْ فَإِنْ كَانَ صَائِمًا فَلْيُصَلِّ وَإِنْ كَانَ مُفْطِرًا فَلْيَطْعَمْ [2]
Di samping perintah menghadiri walimah, keharusan menghadiri undangan itu juga dinyatakan Rasul dengan memberikan ancaman bagi orang yang tidak mau datang. Dalam riwayat yang telah disebut di awal, bahwa orang yang tidak menghadiri undangan walimah berarti telah mendurhakai Allah dan Rasul-Nya.[3]
Jika undangan lebih dari satu tempat pada waktu yang sama, Rasul memberikan tuntunan yang didatangi adalah yang paling dekat ". [4] Al-Syaukani memberikan penjelasan paling dekat dalam hadis Rasul itu dapat saja kedekatan tempat dan kedekatan hubungan. Jika kedekatannya sama dan tidak mungkin menghadiri semua, maka yang didahulukan adalah yang lebih dahulu mengundang. Jika waktu mengundangnya sama, maka dilakukan pengundian untuk menentukan undangan mana yang akan dihadiri.[5]
Ada aturan lain tidak boleh datang jika tidak diundang. Hadis Rasul: "orang yang menghadiri walimah pada hal ia tidak diundang, maka masuknya sama seperti pencuri dan keluarnya dari perjamuan sama seperti orang yang tidak punya rasa. [6] Lanjut Rasul menjelaskan bahwa: "orang yang tidak diundang baru dibolehkan masuk dan menikmati perjamuan apabila sudah diizinkan oleh pelaksana walimah." [7]
Dalam tuntunan Rasul, kedatangan tamu diharapkan dapat memberikan do'a kepada kedua penganten. Bukan ”selamat menempuh hidup baru”. Tapi ”barakallahu laka. Atau Barakallahu laka wa baraka lakuma wa jama'a bainakuma fial-khair”. [8] Walimah dengan demikian harus sesuai dengan tuntunan Rasulullah, sehingga walimah yang tadinya sebagai tradisi atau kebutuhan dapat menjadi salah satu yang bernilai menjalankan perintah agama.[9]

Baca Selengkapnya »

Labels: ,

30 Apr 2011

Ini Cintaku yang Seharusnya (sebuah pemantik semangat yg meredup)

Semangat itu kadang muncul, kadang hilang, timbul tenggelam. Uhh..kadang kumeratap karena tak bisa menyisihkan waktu untuknya, karena energy tlah habis mencari kesenangan dunia. Yg ada difikirn adalah hanya bersenang2 menikmati dunia. Wanita, Harta, Jalan-jalan,
Nasihat dari syaikul Tarbiyah ini seolah memantik semangat yang tenggelam itu, mataku basah ketika membacanya.. Dadaku berkobar, tapi apakah tak akan padam lagi. Semoga tidak Ya Alloh.. Jagalah semangat ini ya Alloh..

Dakwah adalah Cinta
Memang seperti itu dakwah. Dakwah adalah cinta. Dan cinta akan meminta semuanya dari dirimu. Sampai pikiranmu. Sampai perhatianmu.
Berjalan, duduk, dan tidurmu.
Bahkan di tengah lelapmu, isi mimpimu pun tentang dakwah. Tentang umat yg kau cintai.
Lagi-lagi memang seperti itu. Dakwah. Menyedot saripati energimu.
Sampai tulang belulangmu. Sampai daging terakhir yg menempel di tubuh rentamu. Tubuh yg luluh lantak diseret-seret. Tubuh yang hancur lebur dipaksa berlari.
Seperti itu pula kejadiannya pada rambut Rasulullah. Beliau memang akan tua juga. Tapi kepalanya beruban karena beban berat dari ayat yang diturunkan Allah.
Sebagaimana tubuh mulia Umar bin Abdul Aziz. Dia memimpin hanya sebentar. Tapi kaum muslimin sudah dibuat bingung. Tidak ada lagi orang miskin yg bisa diberi sedekah. Tubuh mulia itu terkoyak-koyak.
Baca Selengkapnya »

Labels: ,

13 Apr 2011

Biografi Singkat Lelaki Mulia..

Apa yang Tuan fikirkan tentang seorang laki-laki berperangai amat mulia, yang lahir dan dibesarkan di celah-celah kematian demi kematian orang-orang yang amat mengasihinya? Lahir dari rahim sejarah, ketika tak seorangpun mampu mengguratkan kepribadian selain kepribadiannya sendiri. Ia produk ta’dib Rabbani (didikan Tuhan) yang menantang mentari dalam panasnya dan menggetarkan jutaan bibir dengan sebutan namanya, saat muadzin mengumandangkan suara adzan.

Di rumahnya tak dijumpai perabot mahal. Ia makan di lantai seperti budak, padahal raja-raja dunia iri terhadap kekokohan struktur masyarakat dan kesetiaan pengikutnya. Tak seorang pembantunya pun mengeluh pernah dipukul atau dikejutkan oleh pukulannya terhadap benda-benda di rumah. Dalam kesibukannya ia masih bertandang ke rumah puteri dan menantu tercintanya, Fathimah Azzahra dan Ali bin Abi Thalib. Fathimah merasakan kasih sayangnya tanpa membuatnya jadi manja dan hilang kemandirian. Saat Bani Makhzum memintanya membatalkan eksekusi atas jenayah seorang perempuan bangsawan, ia menegaskan: Sesungguhnya yang membuat binasa orang-orang sebelum kamu ialah, apabila seorang bangsawan mencuri mereka biarkan dia dan apabila yang mencuri itu seorang jelata mereka tegakkan hukum atasnya. Demi Allah, seandainya Fathimah anak Muhammad mencuri, maka Muhammad tetap akan memotong tangannya.”

Baca Selengkapnya »

Labels: , ,

17 Mar 2011

Nasihat Pribadi: Akhlak berTetangga


Kualitas hubungan kita dengan tetangga adalah cermin diri kita. Jika hubungan dengan tetangga buruk, kita buruk. Jika baik, kita baik. Hal ini pernah ditanyakan Abdullah bin Mas’ud kepada Rasululllah saw. “Bagaimana saya dapat mengetahui bahwa saya telah berbuat baik dan berbuat buruk?” Rasulullah saw. menjawab, “Apabila engkau mendengar tetanggamu mengatakan bahwa engkau berbuat baik, maka engkau telah berbuat baik. Dan apabila engkau mendengar mereka berkata bahwa engkau berbuat jahat, maka engkau telah berbuat jahat.” (Ibnu Majah, hadits nomor 4213).

Termasuk ketika kita hendak memilih calon suami/istri. Untuk dapat mengetahui agama dan akhlak calon suami/istri, salah satunya mengamati kehidupan sehari-harinya dengan cara bertanya kepada orang-orang dekatnya, misalnya tetangga, sahabat, atau saudara dekatnya.

Sungguh indah ajaran yang disampaikan Muhammad saw. Untuk urusan bertetangga pun diatur begitu detailnya.

Apa hak tetangga dari diri kita?
Baca Selengkapnya »

Labels: , ,

16 Mar 2011

Kuliah Gratis? Mau?

Hidup Ini Memang Sulit....
Tp ta'Sesulit ap yg Engkau Bayangkan Kawan....,;-)

Banyak dari kita yang sering mengeluh, bahkan menyalahkan keadaan, ketika kita mendapati keterbatasan diri maupun keluarga membuat kita tak mampu meraih apa yang kita cita-citakan. Betapa banyak teman ataupun tetangga yang akhirnya pasrah menjalani hidup menjadi kuli ataupun pramuwisma di kota besar seperti Jakarta. Pada umumnya mereka menyalahkan kondisi keluarga bahwa orang tua mereka tak mampu menyekolahkan mereka lebih tinggi lagi. Ada beberapa yang beruntung bisa sekolah hingga SMA, sehingga nasibnya lebih baik yaitu menjadi karyawan di kawasan industri tertentu.
Dulu, sewaktu jaman saya sma, informasi memang sangat sulit sekali didapat. Apalagi kami yang ada di pedesaan, salah satunya akses informasi ya dari TV. Sialnya, TV lebih banyak menyajikan acara yg sifatnya hiburan ataupun informasi yang sifatnya umum. Beruntung, sekarang internet sudah bisa diakses dari pelosok kampung.
Hidup memang sulit tetapi tidak sesulit yang kamu bayangkan kawan. Menyadur status Fb teman saya, keterbatasan ekonomi bukanlah alasan bagi kita untuk tidak mendapatkan pendidikan yang tinggi. Asalkan kita mau berusaha dan sungguh sungguh pasti, insya Allah ada jalan menuju roma.

Di tengah mahalnya biaya pendidikan tinggi (SMA ke Atas), saya ingin membagi informasi mengenai keberadaan: Lembaga yang bernama Bogor EduCare (BEC). Ayo sudah pada tahu BEC belum?

Baca Selengkapnya »

Labels:

kONsisten..

Menjadi manusia konsisten itu hal yang jadul terlintas dalam lubuk hati, tetapi pelaksanaannya susah sekali. (bersambung).

mulai hari ini mari konsisten pada ..... (bersambung)

10 Feb 2011

10 Kepribadian (ciri khas) Muslim

Islam adalah agama yang sempurna. Islam terlihat tidak sempurna bukan karena ajarannya, tetapi karena polah penganutnya yang tidak 100% mengamalkan ajaran islam.

Bila disederhanakan, sekurang-kurangnya ada sepuluh profil atau ciri khas yang harus lekat pada pribadi muslim.

Setelah nanti kita tahu 10 ciri khas yang seharusnya melekat pada seorang muslim. Maka tidak heran mengapa islam menjadi pemimpin dunia selama 13 abad. Dari abad ke 7 hingga abad ke 20. Namun, kini, bak roda yang berputar, islam berada di bawah hegemoni umat-umat yang lain.

Sebagai nasihat untuk diri saya pribadi dan dengan izin Alloh bisa jadi menjadi nasihat bagi anda yang kebetulan membaca ringkasan dari materi Pak. Mudzakir ini.

1. Salimul Aqidah (aqidah yang bersih), merupakan sesuatu yang harus ada pada setiap muslim. Dengan aqidah yang bersih, seorang muslim akan memiliki ikatan yang kuat kepada Allah SWT dan dengan ikatan yang kuat itu dia tidak akan menyimpang dari jalan dan ketentuan-ketentuan-Nya. Dengan kebersihan dan kemantapan aqidah, seorang muslimakan menyerahkan segala perbuatannya kepada Allah sebagaimana firman-Nya yang artinya: “Sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidup dan matiku, semua bagi Allah Tuhan semesta Alam” (QS 6:162). Karena memiliki aqidah yang salim merupakan sesuatu yang amat penting, maka dalam da’wahnya kepada para sahabat di Makkah, Rasulullah SAW mengutamakan pembinaan aqidah, iman, atau tauhid.

2. Shahihul Ibadah (ibadah yang benar) merupakan salah satu perintah Rasulullah SAW yang penting, dalam salah satu haditsnya, beliau menyatakan: “Shalatlah sebagaimana kamu melihat aku shalat”. Dari ungkapan ini dapat disimpulkan bahwa dalam melaksanakan setiap peribadatan haruslah merujuk pada sunnah Rasulullah SAW yang berarti tidak boleh ada unsur penambahan atau pengurangan.

Baca Selengkapnya »

Labels: , ,

9 Jan 2011

Djoko in english

Djoko begitu terpesonanya dengan permainan piano Nadine. Sambil bertepuk tangan, ia berteriak “Not a play! Not a play!” Nadine pun terbengong, “Not a play?”
“Yes, not a play. Bukan main.” Sambil geleng2 Kepala.

Tukidjo yang menemani Djoko terperangah, “Bukan main itu bukan not a play, Djok.”
“Your granny (Mbahmu). Humanly I have check my dictionary kok. (Orang saya sudah periksa kamus kok).” Lalu berpaling ke arah Nadine, “Lady, let’s corner (mojok yuk). But don’t think that are nots (tapi jangan berpikir yang bukan-bukan). I just want a meal together.”

Baca Selengkapnya »

Labels: ,