Renang di Kolam Renang Air Hangat Alami (Satu-satunya di Dunia)

Setelah satu bulan lamanya tidak berenang, akhirnya aku berenang lagi di hari ke-4 Lebaran . Karena kolam renang di rumah belum jadi maka tujuanku pagi itu adalah: Guci.

Kenapa Guci?karena bagi saya, sejauh ini kolam yang paling  nyaman yang pernah saya selami adalah di Guci.Ya, setidaknya di guci banyak pilihan kolam renang. Dari yang murah hingga yang mahal. Dari yang super nyaman hingga yang biasa-biasa saja.

Begitu sampai di Guci, seperti yang sudah diperkirakan, guci adalah tempat favorit dan primadona objek wisata di kawasan Pemalang, Tegal, Brebes dan sekitarnnya. Lautan manusia memenuhi objek wisata ini, bahkan kamipun harus parkir jauh dari tempat/kolam yang kami tuju.


Kolam langganan saya, adalah kolam renang semi tertutup yang harga tiketnya Rp6.000. Namun, sayang sekali kolam renang itu, penuh sesak pengunjung. Karena khawatir dengan kebersihan dan faktor kenyamanan, maka kami memutar otak, bagaimana caranya agar kedatangan kami ke guci hari ini tidak sia-sia.


Akhirnya, tujuan kami ubah, masuk hotel duta wisata guci. Kami tahu, hotel ini punya kolam renang, dan walaupun kami bukan pengunjung, tetap bisa masuk dengan membayar Rp15.000.



Lebih mahal dari tempat lain, tapi alhamdulillah, kolam renang di hotel ini tidak terlalu penuh. Jadi kami masih nyaman untuk berenang dari satu tepi ke tepi kolam yang lain.
Aku sebenernya kurang begitu mahir dalam berenang. Gaya renang yang aku bisa pun hanya gaya Katak/Dada. Namun, karena termotivasi hadist nabi:

“Ajarilah anak-anakmu memanah, berenang dan menunggang kuda.” (HR. Thabrani) 

Dan setelah merasakan manfaat dari berenang, setiap minggu saya usahakan untuk “njebur”.
Menurut referensi yang saya dapat dari internet. Berenang adalah salah satu jenis olahraga yang mampu meningkatkan kesehatan seseorang yang jg merupakan olahraga tanpa gaya gravitasi bumi (non weight barring). Berenang terbilang minim risiko cedera fisik karena saat berenang seluruh berat badan ditahan oleh air atau mengapung. Selain itu berenang merupakan olahraga yang paling dianjurkan bagi mereka yang kelebihan berat badan (obesitas), ibu hamil dan penderita gangguan persendian tulang atau arthritis. Berenang memiliki banyak manfaat yang dapat dirasakan apabila kita melakukannya secara benar dan rutin, manfaat tersebut antara lain :
1.   Membentuk otot
Saat berenang, kita menggerakkan hampir keseluruhan otot-otot pada tubuh, mulai dari kepala, leher, anggota gerak atas, dada, perut, punggung, pinggang, anggota gerak bawah, dan telapak kaki. Saat bergerak di dalam air, tubuh mengeluarkan energi lebih besar karena harus ‘melawan’ massa air yang mampu menguatkan dan melenturkan otot-otot tubuh.

2.    Meningkatkan kemampuan fungsi jantung dan paru-paru.
Gerakan mendorong dan menendang air dengan anggota tubuh terutama tangan dan kaki, dapat memacu aliran darah ke jantung, pembuluh darah, dan paru-paru. Artinya, berenang dapat dikategorikan sebagai latihan aerobik dalam air.

3.   Menambah tinggi badan.
Berenang secara baik dan benar akan membuat tubuh tumbuh lebih tinggi (bagi yang masih dalam pertumbuhan tentunya).

4.    Melatih pernafasan.
Sangat dianjurkan bagi orang yg terkena penyakit asma untuk berenang karena sistem crdiovaskular dan pernafasan dapat menjadi kuat. Penapasan kita menjadi lebih sehat, lancar, dan bisa pernafasan menjadi lebih panjang.

5.   Membakar kalori lebih banyak.
Saat berenang, tubuh akan terasa lebih berat bergerak di dalam air. Otomatis energi yang dibutuhkan pun menjadi lebih tinggi, sehingga dapat secara efektif membakar sekitar 24% kalori tubuh.

6.  Self safety.
Dengan berenang kita tidak perlu khawatir apabila suatu saat mengalami hal-hal yang tidak diinginkan khususnya yang berhubungan dengan air (jatuh ke laut dll).

7. Menghilangkan stres.
Secara psikologis, berenang juga dapat membuat hati dan pikiran lebih relaks. Gerakan berenang yang dilakukan dengan santai dan perlahan, mampu meningkatkan hormon endorfin dalam otak. Suasana hati jadi sejuk, pikiran lebih adem, badan pun bebas gerah.

Sebelum berenang, agar tubuh tidak ‘kaget’, dianjurkan melakukan gerakan pemanasan untuk mencegah kram otot sekaligus juga berfungsi untuk meningkatkan suhu tubuh dan detak jantung secara bertahap dan juga lakukan pendinginan setelah selesai berenang agar suhu tubuh dan detak jantung tidak menurun secara drastis dengan cara berenang perlahan-lahan selama 5 menit.
Untuk pemanasan dapat dimulai dengan melakukan gerakan-gerakan ringan, seperti mengayunkan tangan dan kaki atau berjalan-jalan di sekitar kolam renang selama 10-15 menit. Lalu secara bertahap mulailah dengan satu putaran menyeberangi kolam, lalu istirahatlah selama 30 detik beberapa kali dan puncaknya berenang selama 20-40 menit tanpa henti. Setelah beberapa minggu, latihan bisa ditingkatkan. Sebaiknya, berganti-ganti gaya renang supaya semua otot terlatih.

Satu-satunya ‘kekurangan’ dari jenis olahraga ini adalah ternyata kurang menguntungkan bagi kesehatan tulang. Ketiadaan gaya gravitasi bumi saat berenang justru berpengaruh buruk pada massa tulang. Untuk mengatasinya, Anda dapat menyelinginya dengan olahraga lain, seperti joging, berjalan kaki, atau bersepeda.


Ayo, siapa mau renang bareng aku???!!!

Berbagi Ke Lainnya