Belalang Makanan Halal Sumber Protein yang Belum Terbiasa

Kembali rasa penasaran saya akan belalang muncul..(segeralah saya menulis di sini..)
Dulu, saat kondisi sulit saya waktu itu masih kecil, sering makan hanya dengan lauk kerupuk ataupun kecap, padahal kandungan gizi belalang penuh dengan protein, tapi ya itu tidak kepikiran sedikitpun memakan hewan yang ada disekitar rumah kami.
Sekarang, di beberapa acara TV, seperti Orang Pinggiran, Jika Aku Menjadi, banyak diekspos orang yang hanya mampu makan dengan lauk garam / sambel / kerupuk. Apalagi sebentar lagi BBM akan naik, bisa nggak terbeli daging/ikan/lauk lainnya oleh sebagian masyakat kita. Nah saya berfikir kenapa yang di desa nggak mengkonsumsi belalang yang merupakan hama sawah saja sebagai lauk??
Sepengetahuan saya belalang itu halal dikonsumsi, ada hadistnya, tetapi kenapa masyarakat indonesia masih jarang yang makan  belalang y?? padahal sumber daya belalang di sini terutama di Jawa melimpah. Tengok saja ke sawah ia menjadi hama padi, daripada disemprot pake pestisida kenapa nggak ditangkap dan disantap, ??? Sepertinya saya harus mencobanya kalo nanti pulang kampung, pergi ke sawah tangkap belalang, goreng.
Lagi mikir cara nangkap belalang di sawah yang efektif dan efisien? kalo nangkap pake tangan susah. Gimana kalo pakai jaring???Perlu dibuktikan..haha

Nyari-nyari di google resep masak belalang ...dulu ah..


Mindset 'aneh' makan belalang sedang berusaha saya kikis nih dengan membaca artiel2 orang makan belalang.
beberapa artikelnya nih :

Berbagi Ke Lainnya