Cara mudah nyetir mobil manual: menaklukkan tanjakkan macet

Dari statistik pengunjung blog ini banyak yang membaca artikel cara mudah nyetir mobil manual.

Walaupun pada prakteknya semakin sering anda menjalankan kuda besi roda empat maka anda akan semakin mahir. Bagian tersulit yang sering dihadapi oleh pengemudi adalah: 1)berjalan macet di tanjakan dan 2) Parkir.

Pada kesempatan kali ini akan saya bagi pengalaman menaklukan tanjakan pada saat macet,cet, bener bener berhenti sehingga anda mau tidak mau menginjak rem kaki dan mobil berhenti. Nah pada saat mobil berhenti dengan rem kaki maka anda mau tidak mau harus menarik tuas rem tangan.

Ada 2 cara memainkan rem tangan saat mengalami kemacetan di tanjakan, yaitu:

1. Cara lama/ umum: (Ciri utama, rem tangan dilepas dulu)

Untuk MT: Rem tangan berangsur-angsur dilepas bersamaan dengan tapak kaki melepas pedal kopling dulu, sambil tapak kaki lainnya menekan pedal gas, untuk bergerak maju.

Untuk AT: Rem tangan berangsur-angsur dilepas bersamaan dengan tapak kaki menekan pedal gas, untuk bergerak maju.

Kekurangan dari cara ini; perlu konsentrasi tinggi agar timing melepas kopling pas dengan saat melepas rem tangan (melelahkan, perlu jam terbang lama agar lihai), adanya jeda waktu membuat mobil dengan MT mengalami gejala main ½ kopling (kopling tidak awet), mobil bakal melorot ke bawah dulu bila timing tidak pas (kelihatan norak dan tidak cool sama sekali).

2. Cara baru (lebih cool & efisien): (Ciri utama, rem tangan ditahan dulu)

Untuk MT: Rem tangan ditahan dulu. Kemudian tapak kaki melepas pedal kopling secara penuh, sambil tapak kaki lainnya menekan pedal gas seperlunya agar mesin tidak mati. Ketika terasa ada sedikit tenaga sentakan mobil akan bergerak maju, barulah rem tangan dilepas.


Untuk AT: Rem tangan ditahan dulu. Kemudian tapak kaki menekan pedal gas sampai terasa ada sedikit tenaga sentakan mobil akan bergerak maju, barulah rem tangan dilepas

Kebaikan dari cara baru ini; mudah dan logis, untuk menguasainya tidak dibutuhkan waktu lama, tidak perlu konsentrasi-konsentrasian (bisa sambil nyanyi-nyanyi kecil, tidak mudah lelah), gejala ½ kopling hilang (kopling awet), mobil MT atau AT tidak perlu melorot-melorot lagi (kelihatan lebih jago nyetirnya dan lebih cool).

Note:
Rem tangan bukan aksesories. Fungsinya sangat penting, tidak untuk saat parkir saja, melainkan untuk menaklukkan jalan tanjakan dengan kondisi padat merayap.

Mengingat fungsi rem tangan yang sangat penting, maka setelan dan perawatannya harus rajin diperhatikan agar selalu tampil prima.

Ketika naar boven, selalu perhitungkan tenaga mobil terhadap bobot muatan. Usahakan tenaga mobil selalu lebih besar dari bobot muatannya.

Semoga bermanfaat

13 Responses to "Cara mudah nyetir mobil manual: menaklukkan tanjakkan macet"

  1. makasih mas ilmunya mantap sekali penjelasannya :D cara cool melewati macet di tanjakan ... tinggal di praktekkan doakan saya mas XD

    ReplyDelete
  2. okee ka makasih yah info nya tinggal terjun kelapangan nih gan , saya emang udah bisa bawa mobil tapi kalo ngliat jalan tanjakan takut gan wkwkwk takut macet makannya ane nghindari jalan tanjakan

    ReplyDelete
  3. wk www wkk wwkkk...jalan tanjakan dan macet CUKUP BIKIN JANTUNG MPOT MPOTAN DAN KELUAR KERINGAT DINGIN

    ReplyDelete
  4. jika mobil MT kompleng di lepas gas di gencet sedangkan rem tangan masih terpasang apakah mobil tidak mati,dan musti di gigi brapa tu

    ReplyDelete
  5. jika mobil MT kompleng di lepas gas di gencet sedangkan rem tangan masih terpasang apakah mobil tidak mati,dan musti di gigi brapa tu

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener juga mesin pasti mati..dah di coba..

      ini yang nulis kopling mobilnya pasti dah habis makanya cara itu masih bisa hehe..

      sy juga coba sebelum ganti kopling bisa pake cara kopling lepas gas digencet tapi rem tangan masih nempel..

      tapi pas ganti kopling,,ga bisa lagi pake cara itu,,harus stengah kopling maennya

      Delete
    2. kopling dilepas..perlahan..sembari gas ditekan... jangan terpisah..karena akan mati..

      jadi kopling di lepas full saat tekanan gas sudah membuat badan mobil bergoyang

      Delete
  6. tetap harus setengah kopling,,cari getar mesin udah nemu lepas rem tangan,,baru tambah gas

    ReplyDelete
  7. yang penting berani praktek, dan kedua harus dihafalkan betul urutannya,, jika dalam posisi tanjakan dan macett,, cett,,,dan berhenti,, pedal gas ditekan,, pindah gigi,, langsung tangan kiri pindah ke rem tangan,, tekan pedal gas perlahan,, diiringin lepas kompling,, jika mobil sudah jalan perlahan lepas rem tangan,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf diralat,, yang dimaksud, jika mau berjalan lagi, dan posisi gigi dalam keadaan netral pedal kopling ditekan,, langsung pindah gigi satu,, tangan pindah ke rem tangan,, kopling dilepas perlahan,, diiringin pedal gas,, ditekan,, jika mobil sudah berjalan perlahan,,rem tangan dilepas perlahan,, dan ditambah gas

      Delete
  8. Ketiga,, jangan jangan terprovokasi dengan keadaan sekitar,, misal bunyi klakson mobil dibelakang,, tetap tenang dan konsentrasi,,

    ReplyDelete
  9. Intinya rem tangan berfungsi vital banget y...

    ReplyDelete

Weblog ini dikunjungi ribuan orang tiap harinya. Terima Kasih atas Kunjungan Anda. Berikan kritik, saran, dan/atau tanggapanmu di kolom komentar. :-)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel