Bolehkah Shalat dengan Membaca Mushaf Alquran?



Shalat tahajjud yang paling utama adalah yang lama berdirinya (panjang bacaannya). Kualitas shalat dengan bacaan yang panjang lebih utama daripada jumlah rakaat yang banyak namun pendek-pendek.
Permasalahannya, kebanyakan kita kurang memiliki hafalan Alquran untuk bisa dibaca dalam shalat tahajjud. Apakah boleh membaca Alquran dengan melihat mushaf?
Anda boleh membaca Alquran dari mushaf ketika shalat tahajud. Dzakwan, budak yang dimerdekakan Aisyah, biasa membaca al-Quran dari mushaf dalam shalatnya selama bulan Ramadhan.
Imam Bukhari meriwayatkan juga bahwa sebagian besar ulama membolehkan shalat dengan melihat mushaf. Tidak semua orang hafal Alquran. Sedangkan banyak sekali orang yang berkeinginan untuk membaca Alquran dengan ayat yang panjang dalam shalat mereka.
Oleh karena itu, membaca Alquran dari mushaf ketika shalat diperbolehkan. Hal tersebut juga berlaku terutama untuk shalat tahajud dan shalat malam di bulan Ramadhan. Bahkan, bagi orang yang sudah hafal Alquran sekalipun diperbolehkan untuk melihat mushaf jika dikhawatirkan ia lupa dalam hafalannya. Wallahua’lam

2 Responses to "Bolehkah Shalat dengan Membaca Mushaf Alquran?"

  1. ayat-ayat Allah memang terbukti kebenarannya :) , kalian tahu kalo ada aplikasi pencari lafaz Alquran menggunakan huruf latin? meskipun panjang pendek dsb tidak tepat asal pengucapan benar dalam tuliasan bisa ketemu looh :D silahkan coba http://apps.cs.ipb.ac.id/lafzi/web/ terimakasih :)

    ReplyDelete

Weblog ini dikunjungi ribuan orang tiap harinya. Terima Kasih atas Kunjungan Anda. Berikan kritik, saran, dan/atau tanggapanmu di kolom komentar. :-)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel