Cara Ampuh Lapor Pajak Tanpa Antri


Siapa yang tahan antri berlama-lama untuk hal yang sebenarnya tidak perlu antri. Saat tanggal di kalender berada di minggu terakhir bulan Maret, pemandangan antrian yang panjang kerap kali kita dapati di Mall-mall, di kantor pajak dan di tempat-tempat lain dimana Kantor Pajak membuka layanan penerimaan SPT Tahunan Masyarakat. Berikut beberapa cara agar bebas antri lapor SPT Tahunan.

1. Hindari hari terakhir batas waktu pelaporan

Untuk satu tahun pajak, wajib pajak sudah bisa melapor SPT Tahunan mulai tanggal 02 Januari tahun berikunya. Kalau bisa lebih awal tidak perlu menunggu tanggal 31 Maret

2. Lapor lewat kantor pos atau jasa ekspedisi tercatat.

Jika malas dengan antrian di kantor pajak bisa menggunakan cara lain yaitu menyampaikan SPT Tahunan lewat kantor pos atau jasa ekspedisi. Tapi siapa yang menjamin di kantor pos atau jasa ekspedisi juga tidak antri? Asalkan tercatat (ada resi pengiriman) tidak masalah lapor di jasa ekspedisi yang kurang terkenal. (Pesan: simpan baik-baik tanda bukti pengiriman tersebut sebagai antisipasi kelalaian administrasi kantor pajak).
Suasana Antrian Lapor SPT di Mall
3. Lapor melalui e-filing

Untuk cara yang satu ini anda perlu meminta e-fin (semacam username) terlebih dahulu ke kantor pajak. Setelah e-fin di dapat seterusnya anda bisa lapor SPT Tahunan melalui internet. Jika masih bingung bisa membuka  https://efiling.pajak.go.id/faq atau menghubungi (kode area)500200.

Download Formulir

Semoga TIPS kecil ini membantu bagi anda yang belum melaporkan SPT Tahunan, sayang sekali jika waktu jika terbuang percuma hanya untuk antri.

Antri Lapor SPT di Kantor Pajak

.

Berbagi Ke Lainnya