Cara Mudah Kumpulkan Data Harga Saham dari Yahoo Finance


Artikel ini khusus ditujukan untuk anda, mahasiswa/I yang sedang mengerjakan skripsi dan menggunakan data harga saham dalam pengukuran variable penelitiannya. Mengumpulkan data harga saham salah satu cara yang paling mudah adalah dengan mengunduh datanya dari situs yahoo finance www.finance.yahoo.com.
Menurut www.sahamok.com data harga saham di yahoo finance sudah disesuaikan jika terjadi stock split (pemecahan saham) dan atau kebalikannya stock riverse.
Informasi yang di dapat berupa harga per tanggal yang meliputi harga pembukaan (open), harga tertinggi (high), harga terendah (low), harga penutupan (close), Volume perdagangan dan harga penutupan setelah penyesuaian (adj close).

Langkah –langkah:
1.       Masuk ke alamat berikut: http://finance.yahoo.com/q?s=^JKSE
lalu pilih historical price atau jika mau langsung klik link ini :

maka akan muncul tampilan seperti ini:

2.  Masukkan kode emiten yang ingin anda dapat data harga sahamnya jangan lupa setting waktu sesuai kebutuhan . Semisal kita ingin melihat harga saham Bank Mandiri tanggal 31 Desember 2012. Maka masukkan BMRI.JK  (Ket: Jk adalah kode untuk bursa efek Indonesia yang berada di Jakarta). Setting tanggalnya sesuai kebutuhan kita misal 31-12-2011 sd 31-12-2012 lalu klik get price.
3.       Selain itu kita juga bisa mendownload data tersbut dalam bentuk spreadsheet (exel).

Data saham meruapakan salah satu data sekunder (data pihak ketiga) yang sering digunakan oleh banyak peneliti terutama mahasiswa skripsi karena dapat langsung pakai.

Berbagi Ke Lainnya