Mie Kopyok?Khas Semarang

Mie kopyok adalah hidangan berbahan dasar mie yang dari Semarang. Dengan ciri khas irisan tetelan daging dan tambahan tahu dan kerupuk gendar diatasnya. Mie kopyok ini merupakan salah satu makanan khas kota Semarang yang susah ditemukan di tempat lain. Mie kopyok kebanyakan dijajakan dengan gerobak keliling dari kampung ke kampung.

Mie kopyok atau mie lontong ini juga disebut menyebutnya sebagai Mie Teng-teng karena penjualnya suka memukul piring dan berbunyi "Teng-teng-teng" sebagai tanda untuk memasarkan dagangannya.

Pertama sejumput mie basah dan kecambah dicelupkan pada air panas mendidih. Tahu dan lontong diiris dan diletakkan di atas piring. Lalu mi dan kecambah yang sudah dicelup tadi ditiriskan dan ditaruh di atas irisan tahu pong dan lontong. Lalu diberi kuah plus bumbu bawang putih yang telah diuleg dan dilarutkan dalam air. Terakhir diberi remasan kerupuk gendar, daun sledri, bawang goreng, dan kecap diatasnya. 

Banyak yang jual mie kopyok dengan menggunakan gerobak dorong. Yang memiliki tempat menetap yang saya tahu adanya di Jalan Tanjung , Lokasinya dekat dengan PLN Jalan Pemuda Namun Akses ke sana harus dari stasiun poncol kemudian belok kiri.
Sayangnya mie kopyok jalan Tanjung hanya buka di hari kerja.
 
Yang masih belum kesampaian makan

Mi ongklok

Berbagi Ke Lainnya