Pemilik Mobil Pemula: Pengetahuan Dasar Tentang Mobil yang Harus Diketahui

Beberapa pemilik mobil terutama yang baru punya mobil kadang sering was-was jika pergi berkendara dan terjadi masalah pada kendaraan. Karena umumnya para pemilik mobil pemula masih belum mengetahui apa yang seharusnya dilakukan jika terjadi sesuatu atau trobel terhadap kendaraannya.
Memang seharusnya, sebagai pemilik mobil harus memiliki pengetahuan dasar tentang perawatan mobil. Setidaknya untuk masalah-masalah sederhana yang dialami.
Belajar dari pengalaman, kali ini saya akan share hal-hal dasar yang seharusnya diketahui.

1. Belajar mengecek tekanan angin ban mobil
Kadang ketika di perjalanan ban mobil tampak gembes, dan kita biasa mencari tukang tambal ban di pinggir jalan untuk mengisi angin. Berapa sebaiknya tekanan ban mobil?



Untuk jenis mobil yang berbeda maka tekanan bannya pun berbeda. Lebih lengkapnya bisa membaca diskusinya di SINI

2. Belajar merotasi letak ban mobil
Belajar merotasi ban mobil sangat penting karena sewaktu-waktu ban mobil bisa bocor di perjalanan karena paku. Apalagi sekarang banyak ranjau paku. Alat yang diperlukan: Kunci Pas dan Dongkrak.
Berikut Video tata cara melepas dan memasang ban mobil. Anda harus menguasainya:


3. Belajar memeriksa radiator
Ini termasuk hal yang sangat penting untuk mengecek selalu air radiator. Jangan sampai air radiator habis. Jika hal tersebut terjadi maka mesin bisa sangat panas dan MELEDAK. Cara mengecek air radiator ada 2: 1) cek langsung dengan membuka kap mobil atau 2) melihat jarum penunjuk suhu mesin.

Jika terjadi mesin mati karena air radiator habis, hal yang harus diperhatikan adalah jangan buka radiator saat kondisi masih panas. Biarkan mesin mendingin  terlebih dahulu,

4. Mengganti filter angin mobil
5. Mengganti oli mesin mobil
6. Memeriksa wiper

Untuk nomor 4,5 dan 6 akan saya bahan kemudian y...

Berbagi Ke Lainnya