Skip to main content

PPh Pasal 4 ayat 2 420 (PP 46) Tak Perlu Laporan Ke Kantor Pajak

Saya baca di brosur "Bayar Pajak Cuma 1% dari Omzet sesuai PP No. 46 tahun 2013." di Kantor Pajak
   
   Disana tertera Objek Pajak apa saja yang TIDAK dikenai pajak penghasilan
  1. Penghasilan dari jasa sehubungan dengan pekerjaan bebas, misalnya : dokter, pengacara, notaries, akuntan, pemain musik, dll
  2. Penghasilan dari usaha yang dikenai PPh Final (pasal 4 ayat 2) misalnya kos-kosan, sewa rumah, jasa konstruksi, PPh usaha migas, dll
  3. Penghasilan yang diterima dari luar negeri. 
Yang TIDAK dikenai Pajak Penghasilan berdasarkan ketentuan PP No.46 th. 2013 yaitu: 
  1. Orang pribadi yang melakukan kegiatan perdagangan/ jasa yang menggunakan sarana yang dapat dibongkar pasang dan menggunakan sebagian/ seluruh tempat untuk kepentingan umum, misalnya : pedagang keliling, asongan, warung tenda di kaki lima, dll 
  2. Badan yang belum beroperasi secara komersial atau dalam jangka waktu setahun setelah beroperasi secara komersial memperoleh peredaran bruto (omzet) melebihi Rp.4,8 miliar 
Pajak Penghasilan yang diatur dalam PP no,46 th.2013 termasuk dalam PPh Pasal 4 ayat 2 bersifat FINAL. Setoran bulanan yang dimaksud merupakan PPh pasal 4 ayat 2, bukan PPh pasal 25. 
Jika penghasilan semata-mata dikenai PPh final, tidak wajib PPh pasal 25. Ketentuan penyetoran dan pelaporan PPh sesuai PP No, 46 th 2013 yaitu paling lambat tanggal 15 bulan berikutnya dengan menggunakan Surat Setoran Pajak (SSP). 
Jika SSP sudah validasi NTPN, wajib pajak tidak perlu melaporkan SPT Masa PPh pasal 4 aya 2 karena dianggap telah menyampaikan SPT Masa PPH pasal 4 ayat 2 sesuai tanggal validasi NTPN. 
Penyetoran yang dimaksud mencantumkan kode akun pajak : 411128 dan kode jenis setoran : 420 pada SSP. 
Penghasilan yang dibayar berdasarkan PP No. 46 Th.2013 dilaporkan dalam SPT tahunan PPh pada kelompok penghasilan yang dikenai pajak final dan atau bersifat final. 


Kalo masi bingung telfon (021)500200 y

Popular posts from this blog

Kata Ucapan Selamat Ulang Tahun Bahasa Jawa

Kadang untuk menghormati orang tua, kita ingin mengucapkan ucapan selamat ulang tahun dalam bahasa jawa kromo inggil agar terlihat lebih sopan.

Bagi yang mencari kata atau kalimat ucapan ultah bahasa jawa untuk orang tua silahkan:


Ngaturaken Sugeng Tanggap Warsa kagem........ Mugio panjenengan pinaringan wilujeng selamet lan lumebering rejeki kaliyan pinaringan kasihatan dening Ingkang Murbeng Dumadi, Allah SWT.

Sugeng Tanggap Warsa Dumateng…. Mugi Gusti paring panjang yuswo ingkang barokah, Mugi Gusti tansah midangetaken pandonga (bapak/ibu dll), paring bagas kasarasan lan katentreman.

Nderek ngaturaken sugeng tanggap warso dumateng Ibu/bapak. Mugi tansah pinaringan sehat soho kaberkahan deneng Gusti Allah.

Sugeng tanggap warso kagem......, mugi Alloh swt mengalirkan kanugerahan ingkang wilujeng, tentunya adalah dimudahkan dalam segala urusan di dunia dan akhirat.

Sugeng tanggap warsa nggih para sedherek (jika lebih dari 1 orang), mugi tansah binerkahan, kaparingan panjang yuswa, lan reje…

MENGENAL OBAT BATUK CODEIN 20 MG

Anak anda suka jika minum obat batuk? Atau jika minum obat batuk langsung anteng? Maka anda perlu waspada.


Salah satu jenis obat batuk yang sering diberikan oleh dokter adalah Kodein. Yuk kita bedah sedikit kodein di sini.


Kodein merupakan analgesik agonis opioid (agonis opioid merupakan obat opioid yang menyerupai morfin yang dapat mengaktifkan reseptor, tertama pada reseptor m, dan mungkin pada reseptor k contoh ; morfin, papaveretum, petidin, fentanil, alfentanil, sufentanil, remifentanil, kodein, alfaprodin).

Ucapan Idul Fitri Bahasa Jawa Kromo Inggil

Lebaran atau idul fitri sebentar lagi. Di jawa terkenal dengan tradisi sungkeman. Nah biasanya anak-anak muda nih pada kurang fasih berbahasa jawa kromo inggil.

Ini dia contoh ucapan idul fitri dalam bahasa jawa  kromo inggil:

Kepareng matur dhumateng …….. [bapak/ibu/simbah/kang mas/dll], kulo ngaturaken sugeng riyadi, ngaturaken sedaya lepat nyuwun pangapunten, kaping tiga nyuwun donga pangestunipun supados kula saged dados putra ingkang sholeh, migunani dhateng agami, nusa, bangsa, lan nagari, lancar anggenipun pados ilmu ingkang manfaat, gampil anggenipun pados rejeki ingkang halal lan thayyib, saha sukses nglampahi gesang ing donya lan akhirat.


Dalam bahasa Indonesia, artinya:

Perkenankan saya bertutur kepada …….. [ayah/ibu/nenek/dll], saya mengucapkan selamat idul fitri, mohon maaf atas segala salah dan khilaf, yang ketiga mohon doa restunya agar saya jadi anak yang shaleh, berguna untuk agama, nusa, bangsa, dan negara, lancar dalam menuntut ilmu yang bermanfaat, mudah dalam men…