Memancing di Pinggir Pantai Saat Liburan

Hari libur seperti sekarang tak ada salahnya diisi dengan bertamasya di pantai. Salah satu hal yang bisa dilakukan di Pantai adalah memancing ikan. Bagi warga semarang bisa melakukannya di Pantai Marina. Mancing modalnya dikit alias murah. Coba bandingkan dengan biaya nonton film di Paragon.hehe

Menurut pendapat dari orang-orang, memancing di pantai atau laut relatif lebih mudah dibanding dengan memancing di air tawar, ntah apa sebabnya. Namun menurut pengalaman hal tersebut memang benar.

 
Memancing dipinggir pantai hasil ikan yang didapat jauh lebih kecil dibandingkan ditengah laut. Namun  memancing di pantai lebih hemat karena tanpa menyewa kapal atau perahu. Namun biasanya kondisi ombak pantai juga harus relatif kecil atau air dalam kondisi tenang atau tidak terlalu berarus deras.

Ikan pantai yang mungkin didapat adalah ikan kething, ikan songo, ikan gereh pethek, ikan tembong, bahkan ikan bandeng, dan masih banyak lainnya.

Berikut tip-tip memancing dipinggir pantai yang bisa anda lakukan dengan mudah dan sederhana namun tetap bisa menghasilkan tangkapan ikan:

1. Gunakan stick pancing atau joran yang dilengkapi dengan Spinning Reels, dan juga apungan yang berukuran besar dan terbuat dari plastik. Apabila apungan masih tidak memungkinkan gunakan apungan lebih dari satu dan diikat menjadi satu, hal ini karena juga dipengaruhi oleh besar dan kecilnya ombak di pantai.

2. Gunakan pemberat yang agak besar, namun jangan sampai apungan menjadi tenggelam dan gunakan mata pancing berukuran sedang agar semua jenis ikan mudah tertangkap.

3. Siapkan umpan dan yang paling utama adalah udang segar namun terkadang beberapa orang juga menggunakan cacing. Biasanya jika menggunakan umpan udang, ikan akan lebih rakus sehingga akan lebih mudah untuk menangkapnya dibanding dengan cacing. Namun kelebihan menggunakan cacing tidak mudah lepas, bahkan sekali pasang umpan bisa digunakan untuk tiga kali dalam memancing ikan alias tidak repot.

4. Pilih lokasi yang airnya cenderung tenang, kalau ada dermaga bisa disekitar tempat tersebut karena jauh lebih berpeluang, dan walaupun ini dipinggir pantai anda tetap harus mencari lokasi yang kemungkinan airnya lebih dalam.

5. Ada baiknya apabila tidak merusak konsentrasi gunakan lebih dari satu stick pancing untuk setiap orang. Joran atau stick pancing utama gunakan umpan udang, dan stick pancing tambahan atau kedua gunakan cacing.

Jika menggunakan umpan udang biasanya ikan akan sangat rakus sehingga anda harus pegang terus joran ini karena anda otomatis akan lebih terkonsentrasi pada stick pancing ini, dan joran kedua lebih baik di taruh di tanah sambil tunggu ikan melahap umpan.

Sekian dulu ya..Yuk Mancing di Pantai Marina Semarang mumpung masih pagi.

Berbagi Ke Lainnya