Skip to main content

Mudahnya Jadi Peserta BPJS

BPJS yang dimulai 01 Januari 2014 merupakan pemenuhan kewajiban negara kepada rakyatnya dalam penyediaan pelayanan kesehatan,

Bagi eks peserta Askes, Jaminan Pemeliharaan Kesehatan (JPK) Jamsostek, Jamkesmas, Polri dan TNI otomatis masuk BPJS Kesehatan.

Mendaftar menjadi peserta BPJS repotnya minta ampun, dibutuhkan kesabaran dan pengorbanan waktu untuk mengurusnya.

1. datang kantor BPJS (dahulu Askes) setempat dan pelajari akses transportasi serta ambil saja formulir terlebih dahulu.

2. isi formulir dan siapkan dokumen-dokumen pendukung : salinan KTP, salinan Kartu Keluarga dan Pas Photo ukuran 3 x 4 cm warna(backgroud foto bebas).

3. semua dokumen siapkan dalam satu map dan berangkatlah pagi (jam 06.00) untuk mendapatkan nomor antrian awal. 

4. serahkan seluruh dokumen pada petugas verifikasi dan tuliskan juga dokter keluarga yang tedapat pada daftar yang ada di meja petugas (sebaiknya cari info terlebih dahulu dokter keluarga di dekat rumah, jadi tidak kelamaan milih)

5. setelah verifikasi selesai, kita akan mendapatkan Virtual Account yang berbeda untuk masing-masing peserta pada tiga bank (Mandiri, BNI dan BRI)

6. lakukan pembayaran iuran sesuai dengan kelas perawatan yang kita pilih. Iuran pelayanan di ruang perawatan rumah sakit kelas III sebesar Rp 25.500 per peserta per bulan, pelayanan di ruang perawatan rumah sakit kelas II iuran Rp 42.500 per peserta per bulan, pelayanan di ruang perawatan rumah sakit kelas I iuran Rp 59.500 per peserta per bulan.

7. pembayaran dapat dilakukan melalui bank yang ditunjuk atau melalui Anjungan Tunai Mandiri.  biasanya bank penerima iuran akan membuka konter di kantor BPJS

8. setelah mendapatkan bukti pembayaran iuran, datangi kembali kantor BPJS tempat kita mendaftar, lalu serahkan buktinya pada petugas

9. tunggu sekejap dan setelah kita menerima kartu tanda peserta BPJS, kita akan terjamin kesehatan kita di Indonesia

10. iuran tiap bulan dan pembayaran dapat dilakukan dengan bayar ke teller bank yang ditunjuk, atm atau autodebet. 

11. untuk peserta BPJS yang termasuk dalam kategori miskin, dapat dibebaskan dari beban iuran sesuai dengan persyaratan dan ketentuan yang berlaku

Popular posts from this blog

Kata Ucapan Selamat Ulang Tahun Bahasa Jawa

Kadang untuk menghormati orang tua, kita ingin mengucapkan ucapan selamat ulang tahun dalam bahasa jawa kromo inggil agar terlihat lebih sopan.

Bagi yang mencari kata atau kalimat ucapan ultah bahasa jawa untuk orang tua silahkan:


Ngaturaken Sugeng Tanggap Warsa kagem........ Mugio panjenengan pinaringan wilujeng selamet lan lumebering rejeki kaliyan pinaringan kasihatan dening Ingkang Murbeng Dumadi, Allah SWT.

Sugeng Tanggap Warsa Dumateng…. Mugi Gusti paring panjang yuswo ingkang barokah, Mugi Gusti tansah midangetaken pandonga (bapak/ibu dll), paring bagas kasarasan lan katentreman.

Nderek ngaturaken sugeng tanggap warso dumateng Ibu/bapak. Mugi tansah pinaringan sehat soho kaberkahan deneng Gusti Allah.

Sugeng tanggap warso kagem......, mugi Alloh swt mengalirkan kanugerahan ingkang wilujeng, tentunya adalah dimudahkan dalam segala urusan di dunia dan akhirat.

Sugeng tanggap warsa nggih para sedherek (jika lebih dari 1 orang), mugi tansah binerkahan, kaparingan panjang yuswa, lan reje…

MENGENAL OBAT BATUK CODEIN 20 MG

Anak anda suka jika minum obat batuk? Atau jika minum obat batuk langsung anteng? Maka anda perlu waspada.


Salah satu jenis obat batuk yang sering diberikan oleh dokter adalah Kodein. Yuk kita bedah sedikit kodein di sini.


Kodein merupakan analgesik agonis opioid (agonis opioid merupakan obat opioid yang menyerupai morfin yang dapat mengaktifkan reseptor, tertama pada reseptor m, dan mungkin pada reseptor k contoh ; morfin, papaveretum, petidin, fentanil, alfentanil, sufentanil, remifentanil, kodein, alfaprodin).

Ucapan Idul Fitri Bahasa Jawa Kromo Inggil

Lebaran atau idul fitri sebentar lagi. Di jawa terkenal dengan tradisi sungkeman. Nah biasanya anak-anak muda nih pada kurang fasih berbahasa jawa kromo inggil.

Ini dia contoh ucapan idul fitri dalam bahasa jawa  kromo inggil:

Kepareng matur dhumateng …….. [bapak/ibu/simbah/kang mas/dll], kulo ngaturaken sugeng riyadi, ngaturaken sedaya lepat nyuwun pangapunten, kaping tiga nyuwun donga pangestunipun supados kula saged dados putra ingkang sholeh, migunani dhateng agami, nusa, bangsa, lan nagari, lancar anggenipun pados ilmu ingkang manfaat, gampil anggenipun pados rejeki ingkang halal lan thayyib, saha sukses nglampahi gesang ing donya lan akhirat.


Dalam bahasa Indonesia, artinya:

Perkenankan saya bertutur kepada …….. [ayah/ibu/nenek/dll], saya mengucapkan selamat idul fitri, mohon maaf atas segala salah dan khilaf, yang ketiga mohon doa restunya agar saya jadi anak yang shaleh, berguna untuk agama, nusa, bangsa, dan negara, lancar dalam menuntut ilmu yang bermanfaat, mudah dalam men…