Buku Pengajian Empat Bulanan (Free Download)

Pertama -tama kita bahas ini dulu ya..
Pengajian empat bulanan atau mapati bleh atau tidak?

Jawaban dari web solusi islam dot kom selama ini belum pernah menemukan perintah bagi orang hamil untuk mengadakan acara empat bulanan atau tujuh bulanan.

Karena tidak ada perintahnya, maka hukumnya tidak merupakan sunnah, apalagi kewajiban. Tetapi apakah hukumnya menjadi haram atau tidak, di situ para ulama seringkali berbeda pendapat.

Sebagai ulama seringkali mengharamkan segala bentuk aktifitas yang tidak ada dalilnya dari sunnah Rasulullah SAW. Bagi mereka, melakukan semua itu termasuk mengada-ada dalam perkara agama. Istilah yang sering digunakan adalah bid'ah. Hukumnya haram dan tidak boleh dilakukan. Bahkan ada dosa tersendiri bila melakukan hal itu.

Maka buat kalangan ini, apa pun nama perayaannya, semua bid'ah. Ulang tahun, maulid, tujuh bulan, isra' mi'raj, nuzulul Quran, halal bi halal dan sederet perayaan lainnya, hukumnya haram. Berdosa kalau dikerjakan.

Namun sebagian ulama lainnya agak sedikit berbeda dalam menilainya. Bagi mereka, perkara-perkara yang tidak ada dasar pensyariatannya belum tentu menjadi haram atau bid'ah. Kecuali bila perkara itu termasuk ke dalam prosesi ritual peribadatan.

Sehingga berbagai bentuk perayaan yang di dalamnya tidak terkait dengan masalah ritual keagamaan, hukumnya tidak haram dan bukan bid'ah. Kecuali bila di dalamnya ada hal-hal yang bertentangan dengan ajaran Islam, seperti syirik, khamar, ikhtilath antara laki dan perempuan, zina, judi, penipuan dan seterusnya. Semua hukumnya haram, namun keharamannya karena memang acaranya adalah sebuah kemungkaran.


Apa yang umumnya dibaca pada pengajian empat bulanan adalah ayat-ayat alquran dan doa-doa.

Ayat-ayat seperti


SURAT YUSUF (QS:12, Ayat 1-10)
SURAT MARYAM (QS:19, Ayat 12-22)
SURAT AL A’RAF (QS Ke 7 Ayat 189-190)
SURAT AL MU’MINUN (QS Ke 23 Ayat 12-14)
SURAT AL BAQARAH (QS Ke 2 Ayat 255)
SURAT AL AHQAAF (QS Ke 46 Ayat 15)
SURAT LUQMAN (QS Ke 31 Ayat 12-18)
SURAT IBRAHIM (QS Ke 14 Ayat 38-41)
SURAT AL BAQARAH (QS Ke 2 Ayat 286)
SURAT AL FURQAN (QS Ke 25 Ayat 74)
SURAT AL BAQARAH (QS Ke 2 Ayat 233)
SURAT AR RAHMAN (QS Ke 55 Ayat 1-78)

Bagi yang mau mencetaknya akan saya bagi filenya dalam bentuk buku berformat mikrosoft word tinggal adan sesuaikan.











Berbagi Ke Lainnya