Gawat, Amblesnya Jembatan Comal Bakal Ganggu Arus Mudik

Ambles, Jembatan Comal di Pemalang Tak Bisa Dilalui Pemudik


Jembatan Comal, Pemalang, Jawa Tengah,  tidak bisa dilalui arus pemudik. Kondisi jembatan di jalur utama Pantura itu bahkan  putus total.

Untuk mengatisipasi arus mudik Lebaran, Pemprov Jateng bersama Dinas Perhubungan dan Polda Jateng akan melakukan rekayasa jalur dengan pengadaan jembatan darurat (Bailey) yang siap dikirim di jalur utama pantai utara (pantura) tersebut.

Seandainya Bailey tidak memungkinkan, rekayasa jalur harus dilakukan segera.

Jembatan Comal ambles untuk kedua kalinya, setelah sebelumnya sempat ambles pada sambungan aspal dan jembatan di bagian barat pada dua sisi sedalam 20 centimeter akibat gerusan air. Kondisi itu semakin parah dan menyebabkan jembatan sama sekali tidak bisa dilalui.


Pengalihan Arus

Kemacetan parah terjadi di Pantura di sekitar Comal karena akses jalan tertutup total. Jalur utama Jateng yang menghubungkan wilayah Tegal dari barat Pekalongan dari Timur itu kemudian dialihkan lewat jalur selatan Kecamatan Bodeh, yaitu Polsek Bodeh belok kanan.

Sementara arus dari Barat atau Jakarta dipecah menjadi dua arah, yakni melewati Banjardawa, Kecamatan Taman, atau lewat Paduraksa belok ke kiri mengikuti Kecamatan Pemalang. Pemudik bisa juga melewati PT. Gondorukem belok kiri ke arah Timur.

Kepala Bidang Bina Teknik Bina Marga Jawa Tengah, Hanung Triyono mengatakan, penanganan Jembatan Comal memerlukan kajian lebih lama. 

Tapi penanganan permanen baru bisa dilakukan setelah serangkaian kajian atau paling cepat usai Lebaran 2014.

Berbagi Ke Lainnya