Tips Dasar Pemula Pemilik Mobil (28 Tips)

  1. Bagian mobil yang tidak boleh kena air ketika mencuci mohbil: tempat busi, dan tempat injection
  2. Mesin hendaknya dibersihkan dengan minyak tanah jangan dengan air, karena mesin cepat karatan jika kena air
  3. Jika mengganti oli minta dibersihkan juga: busi, saringan udara minta disemprot sebab saingan udara yang kotor berpengaruh terhadap pemakaian bahan bakar
  4. Sampai jalan 50.000 km mobil baru masih aman karena service masih ditanggung dealer
  5. Jika stir ngebuang maka harus di balanching dan di spooring
  6. Seminggu sekali sebaiknya ganti air aki
  7. Tun up jangan terlalu sering
  8. Saringan bensin dibersihkan dengan ditiup agar tidak cepat kotor
  9. Bensin jangan dibiarkan sampai habis karena kotoran bisa naik
  10. Mencuci mobil jangan memakai rinso tapi pakailah shampoo mobil
  11. Setelah jalan 75.000 km biasanya ban harus diganti
  12. Jangan terlalu banyak main setengah kopling jika lampu merah pakai rem tangan saja karena dapat membuat mesin panas !Sebab bisa membuat kanvas kopling tipis sehingga mobil akan terasa kurang tenaga meskipun sebenarnya mesin baik2 saja.
  13. Output mesin akan terbuang sia2 karena salah satu penyalurnya tidak berfungsi dengan baik.
  14. Jika penipisan pada kanvas kopling sudah amat parah maka mobil tidak bisa melaju sama sekali.Fungsi kopling adalah meneruskan tenaga dari mesin ke persneling (tansmisi)
  15. Menginjak kopling setengah memang perlu sebagai penyeimbang agar mesin mobil tidak mati saat di-rem atau waktu pertama kali kendaraan melaju. Cuma, seharusnya jangan terlalu lama dan jangan terlalu sering. Satu lagi, begitu selesai perpindahan gigi, langsung lepas pedal kopling.
  16. Yang sulit dihindari adalah saat jalanan macet. Kebanyakan pengendara lebih memilih menginjak pedal kopling setengah ketimbang cara lain. Salah satu cara yang kami sarankan adalah melaju perlahan dengan gigi satu. Andai pun terpaksa harus berhenti karena antrian mobil, lebih baik posisikan netral sekaligus dan injak rem. Sehingga, pedal kopling bisa dibebaskan.
  17. Ketika kopling diinjak, kaitan antara mesin dan persneling akan terputus sehingga praktis output mesin tidak sampai ke penggerak roda. Digeber-geber pun laju kendaraan tidak akan berubah. Laju roda akan terpengaruh begitu kopling dilepas. Sebab, pada saat pedal kopling dilepas, plat penekan (matahari) akan menekan kanvas sehingga power dari mesin (melalui fly wheel) dapat bergerak menuju persneling.
  18. Pada saat kopling ditekan setengah, maka tenaga dari mesin melalui fly wheel yang diteruskan ke persneling pun hanya setengah. Posisi kanvas juga setengah menghubungkan. Posisi inilah yang membuat terjadinya gesekan antara kanvas kopling – fly wheel – matahari. Gesekan-gesekan ini yang akan mempercepat tipisnya kanvas kopling
  19. Biasakan menggunakan oli merk PRIMA (beli di pertamina)
  20. Mobil di tempat kursus biasa pakai oli merk ADNOC (warna hijau) karena mobilnya dipakai terus menerus
  21. Panaskan mobil tiap hari selama 10 menit
  22. Merk cat mobil dihapalin, minta contoh cat ke dealer atau minta secukupnya
  23. Bila mobil garet sedikit, hilangkan dengan autan pada tempat yang kena lalu cuci pakai shampoo
  24. Jika mengelap kaca harus sampai kering
  25. Saringan udara dan busi original bekas simpan saja jangan dibuang
  26. Pakailah lap mobil merk CANEBO, lap ini full terbuat dari karet, jika ditarik akan terasa melar
  27. Harga kunci stir kira2 Rp. 50.000,-
  28. Jangan pernah sekalipun menyetir dalam keadaan mengantuk atau lelah.  Saya pernah mengalami memaksakan diri menyetir dalam keadaan mengantuk, akibatnya mobil saya menabrak fondasi rumah orang ketika sudah mau sampai rumah (posisi kopling di gigi 1), akibatnya mobil saya rusak berat tidak bisa jalan karena ban depan melesak ke dalam dan untuk memperbaikinya butuh waktu 1 bulan di body repair.

Berbagi Ke Lainnya