Cara Membuat Jus Kulit Manggis Sendiri di Rumah

Sekarang ini booming kulit manggis. Penyebabnya tidak lain adalah iklan massif  dari produk kesehatan/kecantikan merk Gracia dan Mastin good yang bahan dasarnya adalah kulit manggis.

Harga Mastin 100 Kapsul 57.500. Garcia 60 Kapsul 99.0000

Manggis sendiri diyakini adalah buah asli Indonesia.

Harga manggis di pasar tradisional berkisar Rp.10.000/Kg.

Pada artikel kali ini akan di bahas manfaat/khasiat kulit manggis dan bagaimana cara membuat jus kulit manggis yang enak.


Kulit Manggis memang mempunyai banyak manfat dan khasiat yang bisa membantu kita untuk selalu tampil sehat dan bugar, mencegah diabetes, menyehatkan pikiran ,mencegah stress, serta masih banyak lagi manfaat dan khasiat lainnya.

Khasiat dan Manfaat Kulit Manggis : Menjaga Kesehatan Otak


Kulit manggis mengandung Antioksidan yang dapat membantu mencegah penurunan fungsi otak. Penyakit yang berhubungan dengan penurunan fungsi otak diantaranya adalah Demensia dan Alzheimer.

Selain itu, kulit manggis juga dapat mencegah terjadinya faktor kerusakan sistem syaraf yang dapat mengakibatkan penyakit Parkinson. Adalah kandungan flavonoid di dalam kulit buah manggis yang bekerja untuk menghentikan kerusakan ringan pada memori otak.

Khasiat dan Manfaat Kulit Manggis : Meningkatkan Kemampuan Tubuh


Kulit manggis mengandung zat yang disebut Xanthone dimana zat ini membantu kita untuk menyeimbangkan kadar hormon kortisol. Hal ini sangat membantu Anda untuk mengembalikan mood yang menurun ketika Anda mengalami stress secara berlebihan.

Khasiat dan Manfaat Kulit Manggis : Mencegah Diabetes


Diabetes merupakan salah satu penyakit yang sering kita jumpai . Tidak sedikit diantara penderita diabetes yang kemudian meningal dunia. Dengan mengkonsumsi kulit manggis secara rutin maka bisa membantu Anda untuk mencegah diabetes.

Ambil 2 buah kulit manggis lalu bagian kerasnya dibuang. Remas kulit manggis tersebut dengan 1/3 gelas air hangat, setelah itu saring airnya dan tambahkan madu. Konsumsilah secara rutin dengan pengkonsumsian 1-2 kali dalam sehari.

Khasiat dan Manfaat Kulit Manggis : Menjaga Kesehatan Pencernaan


Kandungan antioksidan di dalam kulit buah manggis dapat membantu untuk melindungi dan menurunkan kandungan asam yang tinggi pada lambung. Adalah zat antimikroba dalam kulit manggis yang dapat memerangi bakteri, parasit dan jamur dalam perut.

Selain itu, zat antimikroba tersebut juga bekerja untuk mengatasi iritasi usus besar dan usus kecil yang dapat menyebabkan gangguan fungsi pencernaan dan serta diare. Ekstrak kulit manggis juga mampu mencegah radang usus besar dengan cara menghambat infeksi pada kantong-kantong yang terdapat di lapisan usus besar.

Kulit manggis jika dikonsumsi langsung tentu akan terasa pahit dan tidak enak.
Cara yang paling sering dijumpai adalah dengan membuat  jus kulit manggis. Menurut pakar peneliti dari The University Of Healty Jerman, ekstrak kulit manggis merupakaan buah yang mengandung antioksidan paling tinggi dibandingkan buah lain.

Cara Membuat Jus Kulit Manggis

Kandungan atioksidan kulit manggis lebih tinggi jika dibandingkan dengan biji atau buah manggis itu sendiri.  Ada cara agar kulit manggis menjadi lebih enak dikonsumsi yaitu dengan membuat jus kulit manggis.
Di bawah ini adalah cara membuat atau resep jus kulit manggis yang bisa dicoba dibuat di rumah:
  1. Siapkan 1-2 butir buah manggis. Bisa dicampur dengan apel atau anggur.
  2. Kupas kulit manggis, dan kerok bagian dalam kulitnya yang berwarna merah, usahakan tidak terkena bagian hitam kulit manggis (kulit luar) dan jangan sampai getahnya ikut-ikutan terambil, karena kulit luar dan getah rasanya pahit.. Daging buahnya bisa ikut dimasukkan atau kita makan terpisah.
  3. Pada langkah selanjutnya adalah memblender kulit beserta bahan-bahan lain yang telah kita siapkan tadi.
  4. Sebaiknya gunakan madu sebagai pemanis.
  5. Jus kulit manggis tersebut sudah siap untuk di sajikan. 
  6. Sebaiknya diminum setelah makan.



Berbagi Ke Lainnya