Hati-Hati Jebakan Satu NIK Hanya Bisa Daftar Satu Kali Satu Instansi di Panselnas CPNS

Panitia seleksi nasional CPNS berkali-kali menegaskan sesuai yang ada di web panselnas.menpan.go.id  bahwa setiap peserta hanya boleh mendaftar satu kali dan memilih satu instansi.

Website panselnas memang sudah dirancang sedemikian rupa untuk mencegah tindakan spekulasi yang mendaftar lebih dari sekali karena ingin mengikuti tes di dua atau lebih instansi yang berbeda.

Dengan dibatasinya setiap NIK hanya boleh didaftarkan satu kali maka maka  setiap peserta hanya boleh memilih satu instansi saja.

Jika ada yang nekat mendaftar dua kali menggunakan NIK acak, maka resikonya akan berbuntut panjang. Bisa-bisa nanti dibatalkan kelulusan seleksinya ketika verifikasi berkas CPNS.



Masalahnya adalah sampai dengan sekarang formasi CPNS untuk banyak pemerintah daerah baik pemerintah provinsi dan pemerintah kota maupun beberapa kementerian belum bisa diakses.

Kurang lebih sebanyak 400 Pemerintah Daerah (Pemda) mendapat Formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2014 ini. Terdiri dari 28 Pemerintah Provinsi (Pemprov) dan 372 Pemerintah Kabupaten/Kota.

Sementara sampai dengan saat ini pantauan saya hanya kementerian keuangan yang lancar diakses.

Yang saya khawatirkan adalah Keterlambatan umumkan formasi CPNS oleh Pemda memang disengaja oleh pemda dengan berbagai tujuan diantaranya:
 a. Seperti kita ketahui dengan sistem panselnas pemda sangat sulit untuk 'bermain' dalam mementukan siapa yang lolos seleksi. Pengalaman seleksi tenaga honorer kategori II banyak pemda yang gagal mendapatkan sumber uang dari seleksi CPNS panselnas. Semuanya di proses panselnas. Pemda tidak bisa menjual lagi kursi CPNS kepada calon yang mampu dan mau membayar tinggi.

b. Analisis kedua, pemda sengaja mengulur waktu agar sebagian besar masyarakat sudah mendaftar di panselnas di formasi seperti kementerian keuangan. Ingat waktu pendaftaran sangat sempit, apalagi banyak kendala koneksi internet, masyarakat yang panik akan main daftar saja formasi yang tersedia. Sehingga dengan aturan hanya boleh satu kali mendaftar tidak akan bisa mendaftar di formasi pemda. Kemudian pemda akan didaftar oleh orang-orang dalam atau keluarga pegawai pemda sendiri.

Jadi saya sarankan bagi yang belum daftar sedikit bersabarlah dan jangan panik.

Ingat jika semua orang sudah daftar di satu instansi mereka tidak akan bisa daftar lagi. Dan ketika ada formasi yang terakhir muncul maka jumlah pendaftarnya akan semakin sedikit sehingga persaingan akan tidak terlalu ketat. Anda berpeluang besar diterima dan lolos menjadi CPNS!!!



Berbagi Ke Lainnya