Surga Buah Kaki Gunung Ungaran Plantera Fruits Paradise

Sungguh kecewa ketika harapan tidak menjadi kenyataan. Harapan untuk makan buah sepuasnya langsung dari pohonnya sirna setelah saya mendapatkan informasi dari petugas Plantera Fruits Paradise bahwa acara petik dan makan buah sepuasnya dari pohonnya tidak diadakan setiap hari. Hanya momen momen tertentu saja diadakan acara petik langsung. Terutama ketika sedang musim panen.

Walaupun kecewa karena tidak bisa memetik buah langsung dari pohonnya, setidaknya bisa menjadi pelajaran jika hendak ke plantera dan ingin merasakan makan durian dari pohonnya, harus telfon dulu untuk menanyakan atau pantau terus fb plantera fruit.

Secara tempat plantera fruit menawarkan pemandangan suasana pegunungan yang menyejukkan. Kondisi perkebunan yang berbukit-bukit dan penataan penanaman pohon buah yang teratur merupakan pemadangan yang indah.


Namun, bukan berarti tak dapat apa-apa saya ke sana. Walaupun tidak dapat memetik buah langsung, tersedia fruitshop yang merupakan galeri dari hasil panen klebun buah di plantera fruit. Pada saat saya ke sana ada buah naga, papaya , belimbing dan sawo.

Beberapa kegiatan lain pun bisa dilakukan di sana. Pada saat itu saya memilih untuk ikut tour keliling kebun plantera dengan menggunakan mobil kebun. Dengan membayar Rp 30.000/oaring kita akan dibawa berkeliling kebun buah. Waktu yang dibutuhkan kurang lebih 20 menit.  Selama memutar-mutar kebun pemandu menjelaskan berbagai macam hal dari sejarah plantera dan berbagai jenis pohoin buah yang ada di perkebunan.

Hal yang baru saya ketahui adalah ternyata plantera pada awalnya  merupakan bagian dari kebun cengkeh milik PT Zanzibar. Dengan kejelian melihat p[eluang dan ingin diversifikasi maka dibangunlah kebun buah plantera fruit. 

Pengetahuan saya mengenai buah-buahan dan dunia pertanian sedikit banyak bertambah setelah berkunjung ke tempat ini. Setidaknya saya tahu bahwa dengan booster maka pohon lengkeng usia tiga bulan akan dapat berbunga. Buah papaya aloha tanpa biji .
Kini plantera fruit telah menjadi tujuan wisata di daerah Kendal,s emarnang dan sekitarnya. Pada saat saya ke sana cukup banyak pengunjung yang datang. Puncak pengunjung datang biasanya adalah ketika musim liburan sekolah tiba.

Untuk ke plantera fruit jika anda dari semarang memakan waktu kurang lebih dua jam perjalanan. Dengan rute yang saya pakai semarang-BSB, Boja, Patean.

Waktu itu saya hanya mengandalkan google maps dan papan informasi jalan.

Informasi tambahan, di plantera fruit telah dibuat tempat bermain yang digunakan oleh pengunjung selepas berkeliling kebun seperti ayunan,perosotan,jungkat-jungkit, danau buatan dan  bebek air.
Paket wisata yang ditawarkan :

FRUIT TOUR: Paket wisata tour keliling kebun menggunakan mobil wisata, berjarak 4400 meter didampingi seorang pemandu wisata. Peserta bisa turun di terminal setiap komoditi untuk menikmati suasana kebun buah sekaligus berfoto di area kebun.

FRUIT SAFARI: Paket wisata berupa tour jalan kaki keliling kebun berjarak 1100 meter, didamping seorang pemandu wisata. Di sela perjalanan keliling kebun buah, peserta dapat istirahat sejenak menikmati suasana perkebunan buah di pondok yang telah disediakan yaitu Pondok Durian dan Pondok Lengkeng.

FRUIT PARADISE: Paket wisata petik/panen buah sendiri – paket ini diadakan sesuai jadwal panen Kebun Ngebruk jadi tidak setiap saat paket fruit paradise ini ada. Sistem paket paradise ini adalah membeli kupon buah yang akan dipetik sesuai jadwal panen (plus tiket fruit tour ), dengan harga kupon sbb :
c. Paradise jagung manis (paket 10 tongkol + rebus/bakar) Rp 15.000,00
d. Paradise melon kinanthi (paket 1 butir) Rp 25.000,00
e. Paradise semangka (paket 1 butir) Rp 10.000,00
Peserta diperbolehkan untuk membeli kupon lebih dari satu (1).

Plantera Fruit Paradise:
Sabtu-Minggu dan hari Besar: buka untuk umum pk 9.00 – 15.00
Senin-Jumat : wisata keliling kebun & resto buka untuk tamu konfirmasi minimal 25 org
Toko buah dan toko bibit buka setiap hari.

Desa Sidokumpul
Alamat: Kecamatan Patean, Kabupaten Kendal
Nomor Telepon (024) 70894716 / 19
Email : plantera.agro@yahoo.co.id
Facebook : Plantera Fruit Paradise


Plantera Fruit Paradise Ngebruk

Berbagi Ke Lainnya