Cara Agar Tidak Takut Nyetir Mobil

Ternyata mengemudi atau menyetir mobil bukanlah hal yang mudah bagi sebagian orang. Ada yang perlu bertahun-tahun untuk akhirnya ia bisa lulus nyetir mobil. Lulus di sini berarti lebih luas daripada sekedar lulus kursus setir mobil di lembaga kursus setir mobil. Lulus di sini artinya adalah tidak ada rasa sungkan atau takut lagi dalam memegang kemudi kendaraan. Namun prinsip kelesamatan, kewaspadaan dan kehati-hatian harus terus dipegang teguh.

Banyak orang yang enggan menyetir mobil karena satu alasan utama yaitu: Takut

Untuk mengatasi rasa takut ada baiknya kita lakukan identifikasi penyebab rasa takut tersebut sehingga kita bisa mencari solusinya.

Pernah, penulis sebelum nyetir mobil takut jika mobil tergores, takut jika nabrak maka harus ganti rugi. Maklum pada waktu itu mobil bukan milik sendiri. Untuk rasa takut itu maka perlu dicarikan solusi anda harus memiliki mobil sendiri walaupun butut.


Rasa takut berikutnya adalah rasa takut menambrak, membuat macet, berbuat kesalahaan ketika di jalan. Untuk rasa takut ini solusinya ada dalam diri kita sendiri. Ada dalam pikiran kita sendiri. Untuk mengatasinya perlu persiapan dari sisi teknis dan mental.

Dari sisi mental, sebelum berkendara, bacalah doa terlebih dahulu.

Dari sisi teknis, anda harus mengenal dan percaya bahwa anda memiliki kemampuan un tuk mengemudi dan anda yakin telah benar-benar menguasai kendaraan anda. 

Beberapa tips yang dasarnya adalah pengalaman penulis dalam berkendara (disajikan dalam bentuk pertanyaan dan jawaban):

Bagaimana jika nanti menemui jalanan macet?
Harus tetap tenang, segera turunkan kecepatan, oper gigi ke gigi rendah (1 atau 2). Jalan merayap.

Menghadapi jalanan sempit?
Kuasai cara jalan pelan-pelan sekali. Gunakan gigi rendah. Perhatikan luas jalan. Jika perkiraan kita tidak memungkinkan untuk terus jalan ada baiknya putuskan untuk mundur dan mencari jalan  lain.

Berpapasan dengan kendaraan lain di jalan sempit?
Jalan pelan, atau jika perlu berhenti. Beri jalan atau kasih kesempatan kendaraan lain untuk lewat.

Menghadapi tanjakan?
Anda harus sigap dan siap siaga untuk berpindah gigi jika kondisi mengharuskan anda menurunkan gigi. Karena jika ditanjakan dengan gigi tinggi (missal 4) sementara kecepatan rendah maka kendaraan tidak akan kuat menanjak.

Menghadapi tanjakan macet?
Pengalaman penulis, paling penting adalah menggunakan teknik bantuan rem tangan. Mobil tidak akan turun ke belakang. Jika sudah memungkinkan untuk jalan, jalanlah dengan rem tangan masih mengunci sebentar sampai terasa mobil ada getaran ke depan baru rem tangan di lepas.

Inti dari menghadapi rasa takut adalah anda harus pelan-pelan menguasai teknik-teknik mengemudi dan sering berlatih. Maka nanti dengan sendirinya rasa takut itu tanpa anda sadari akan hilang. 

Ingat mobil adalah sebuah mesin yang jika kita sudah menguasai cara mengoperasikannya di luar kepala maka semuanya akan mudah.

Berbagi Ke Lainnya