Cara Memilih Ban Mobil yang Benar


Banyak yang asal-asalan dalam memilih ban luar mobil. Padahal ban termasuk bagian vital mobil. Ban mobil yang baik dan tepat akan membuat berkendara anda nyaman dan aman.

Begini nih sebenarnya cara yang benar dalam memilih ban mobil:
  1. Pastikan ukuran, mulai dari lebar tapak, ketebalan ban hingga dimensi velg sama sehingga dapat terpasang sempurna, ukuran ban yang tepat, lebih nyaman dan aman dipakai sehari-hari. 
  2. Penggantian ban minimal harus sepasang (kiri-kanan). Penggantian ban yang berbeda antara kiri dan kanan, dapat membuat kerja ban yang baru menjadi lebih berat. Dan juga berpengaruh terhadap keamanan berkendara karena ada perbedaan grip (daya cengkeram ban). 
  3. Jangan sembarangan mengisi tekanan angin. Tekanan angin yang ideal untuk ban berada pada angka 30-34 Psi. Jika kurang, maka ban rawan terlipat atau bahkan sobek saat bermanuver. Sementara jika terlalu tinggi tekanannya, maka akan mengurangi kenyamanan karena ban akan menjadi lebih keras. 
  4. Penggunaan ban dengan ukuran tapak lebih lebar dan tebal, akan menyebabkan rolling resistance lebih besar, sehingga akan berpengaruh pada performa dan konsumsi bahan bakar. “Selain itu juga beresiko menyentuh bibir spakbor saat berkendara pada beban penuh atau jalan bergelombang. 
  5. Sebaliknya, jika menggunakan ukuran tapak ban lebih kecil, maka ban akan terlihat ‘narik’. Sehingga akan merusak susunan anyaman kawat pada ban. Penggunaan profil ban lebih tipis, akan membuat karakter ban lebih keras dan beresiko merusak velg saat menjadi benturan.

Demikian cara memilih ban mobil yang benar semoga bermanfaat.

Berbagi Ke Lainnya