Cara Mengganti Ban Mobil Yang Bocor/Kempes

Ban bocor adalah sesuatu yang tidak bisa dihindari oleh pengendara mobil. Risiko ban terkena paku atau benda tajam lain di jalan raya selalu ada yah memang tak enak rasanya bila ban mobil anda terkena paku atau bocor.

Sebagai pengendara mobil anda harus tahu dan paham cara mengganti ban mobil yang bocor, berikut ini ada beberapa langkah cara mengganti ban mobil:


1. Persiapkan alat-alat yang dibutuhkan diataranya ban serep, dongkrak, kunci ban, pipa perpanjangan.

2. Nyalakan lampu hazard (lampu tanda belok /sein yang menyala dua) sebagai tanda sedang berhenti dan juga tarik rem tangan agar waktu kita membuka mur ban mobil  tidak bergerak.

3. Buka mur ban menggunakan kunci ban, jika tidak kuat dapat ditambahkan dengan pipa perpanjangan, mur tidak perlu sampai di lepas cukup dikendurkan.

4. Dongkrak mobil kita dengan menggunakan dongkrak, untuk posisi dongkrak tempatkan ditengah atau chasis / rangka mobil, tapi untuk mobil jenis sedan karena tidak memiliki chasis, kita cukup tempatkan dongkrak di body mobil dekat ban.

5. Setelah itu kita ganti dengan ban serep yang sudah kita siapkan, setelah selesai kita pasang kembali mur roda, lalu sedikit demi sedikit kita kencangkan mur dengan kunci ban.
Cewek pun harus bisa ganti ban mobil

6. Setelah ban terpasang dengan benar, kita turunkan dongkrak sampai ban menyentuh tanah, setelah itu kita kencangkan mur ban menggunakan kunci ban, tidak perlu terlalu kuat karena akan merusak ulir mur ban, karena nantinya mur ban akan menutup dengan kencang secara otomatis ketika roda bergerak hal ini dikarekan gaya setrifugal pada roda ketika berputar yang membuat mur ban dapat menutup dengan kencang.

Demikian langkah-langkahnya memasang ban serep mobil ketika ban bocor/kempes semoga bermanfaat.

Berbagi Ke Lainnya