Skip to main content

Deviasi Septum Nasi ( Tulang Hidung Bengkok )

Pada kesempatan kali ini saya hendak berbagi pengalaman dioperasi hidung saya karena mengalami gangguan yang bernama tulang hidung bengkok atau deviasi septum nasi
.
Akhirnya aku dioperasi (lagi) di bagian hidungku senin, 26 Agustus 2013. Setelah beberapa kali mau(akan) dioperasi tapi urung. Flashback ke belakang, April 2011, ketika itu hidungku sering sekali mampet bergantian antara kanan dan kiri, sakit tenggorokan juga sering, dan tidak lupa sakit kepala. Konsultasi ke dokter akhirnya diputuskan untuk operasi koreksi deviasi septum (membetulkan kemiringan tulang hidung).

Jadi setelah diperiksa dengan endoskopi dan di scan MRI ternyata tulang hidung ku tidak lurus, melainkan miring ke sebelah kanan.

Kata dokter sebenarnya aku tidak lah sendiri, karena 70% manusia di dunia tulang hidungnya juga tidak lurus. Hanya saja tingkat kemiringannya ada yang mengganggu ada yang tidak terhadap pernapasan.

Nah kebetulan punyaku cukup mengganggu, akhirnya dokter menyarankan untuk dioperasi saja.


Operasi koreksi deviasi septum dilakukan pada pagi hari, namun sehari sebelumnya aku sudah harus menginap di RS. Malamnya jam 12 diminta berpuasa. Jam 7 aku masuk meja operasi. Selang-selang dipasang. Ketika dokter menyuntik anastesi/obat bius ke selang semuanya gelap. Aku bangun jam 10 siang dengan hidung sudah tersumpal perban. kalau dari luar tidak ada sayatan sama sekali.

Kemudian setiap hari sumpal dihidung diganti. Ini yang cukup menyakitkan. Tiga hari di RS sudah boleh pulang. Namun harus tetap menjaga kondisi paska operasi dan sering control. Karena berkaca dari pengalaman kegagalan operasi yang pertama. 

Kata dokterku kali ini, sukses tidaknya suatu operasi hidung adalah bergantung pada tindakan paska operasi. Hidung yang masih basah oleh darah rawan sekali untuk saling menempel antar jaringan. Untuk itu perlu sering control ke dokter untuk di monitoring.

Popular posts from this blog

Kata Ucapan Selamat Ulang Tahun Bahasa Jawa

Kadang untuk menghormati orang tua, kita ingin mengucapkan ucapan selamat ulang tahun dalam bahasa jawa kromo inggil agar terlihat lebih sopan.

Bagi yang mencari kata atau kalimat ucapan ultah bahasa jawa untuk orang tua silahkan:


Ngaturaken Sugeng Tanggap Warsa kagem........ Mugio panjenengan pinaringan wilujeng selamet lan lumebering rejeki kaliyan pinaringan kasihatan dening Ingkang Murbeng Dumadi, Allah SWT.

Sugeng Tanggap Warsa Dumateng…. Mugi Gusti paring panjang yuswo ingkang barokah, Mugi Gusti tansah midangetaken pandonga (bapak/ibu dll), paring bagas kasarasan lan katentreman.

Nderek ngaturaken sugeng tanggap warso dumateng Ibu/bapak. Mugi tansah pinaringan sehat soho kaberkahan deneng Gusti Allah.

Sugeng tanggap warso kagem......, mugi Alloh swt mengalirkan kanugerahan ingkang wilujeng, tentunya adalah dimudahkan dalam segala urusan di dunia dan akhirat.

Sugeng tanggap warsa nggih para sedherek (jika lebih dari 1 orang), mugi tansah binerkahan, kaparingan panjang yuswa, lan reje…

MENGENAL OBAT BATUK CODEIN 20 MG

Anak anda suka jika minum obat batuk? Atau jika minum obat batuk langsung anteng? Maka anda perlu waspada.


Salah satu jenis obat batuk yang sering diberikan oleh dokter adalah Kodein. Yuk kita bedah sedikit kodein di sini.


Kodein merupakan analgesik agonis opioid (agonis opioid merupakan obat opioid yang menyerupai morfin yang dapat mengaktifkan reseptor, tertama pada reseptor m, dan mungkin pada reseptor k contoh ; morfin, papaveretum, petidin, fentanil, alfentanil, sufentanil, remifentanil, kodein, alfaprodin).

Ucapan Idul Fitri Bahasa Jawa Kromo Inggil

Lebaran atau idul fitri sebentar lagi. Di jawa terkenal dengan tradisi sungkeman. Nah biasanya anak-anak muda nih pada kurang fasih berbahasa jawa kromo inggil.

Ini dia contoh ucapan idul fitri dalam bahasa jawa  kromo inggil:

Kepareng matur dhumateng …….. [bapak/ibu/simbah/kang mas/dll], kulo ngaturaken sugeng riyadi, ngaturaken sedaya lepat nyuwun pangapunten, kaping tiga nyuwun donga pangestunipun supados kula saged dados putra ingkang sholeh, migunani dhateng agami, nusa, bangsa, lan nagari, lancar anggenipun pados ilmu ingkang manfaat, gampil anggenipun pados rejeki ingkang halal lan thayyib, saha sukses nglampahi gesang ing donya lan akhirat.


Dalam bahasa Indonesia, artinya:

Perkenankan saya bertutur kepada …….. [ayah/ibu/nenek/dll], saya mengucapkan selamat idul fitri, mohon maaf atas segala salah dan khilaf, yang ketiga mohon doa restunya agar saya jadi anak yang shaleh, berguna untuk agama, nusa, bangsa, dan negara, lancar dalam menuntut ilmu yang bermanfaat, mudah dalam men…