Ganjar Pranowo terlibat korupsi e-KTP ...?

"Nyanyian Nazar" tentang pihak-pihak yang kecipratan proyek e-KTP menyentuh nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Ganjar yang dikelompokkan dalam alur distribusi uang pada kotak kedua berjudul "Ketua/Wakil Ketua Komisi II DPR RI yang terlibat menerima dana"disebut menerima uang sebesar 500 ribu dolar Amerika. Selain Ganjar, nama lain pada kotak ini adalah politisi Golkar Haeruman Harahap.

Dalam dokumen yang dibawa penasihat hukum Nazaruddin, Elza Syarief saat keluar dari Gedung KPK, Selasa (27/8) tampak bagan yang menunjukkan hubungan pihak-pihak yang terlibat dalam korupsi proyek e-KTP.


Pihak-pihak yang tampak dalam dokumen Elza yaitu Andi Narogong dan Nazaruddin dalam kotak berjudul "Pelaksana" dengan anak panah ke kotak berjudul "Boss Proyek e-KTP" yang berisi nama Novanto dan Anas Urbaningrum.

Kotak bagan "Boss Proyek e-KTP" itu bertanda panah ke tiga kotak bagan.

Kotak pertama berjudul "Ketua/Wakil Banggar yang terlibat menerima dana" berisi nama (1) Mathias Mekeng USD 500 ribu, (2) Olly Dondo Kambe USD 1 juta, dan (3) Mirwan Amir USD 500 ribu.

Kotak kedua berjudul "Ketua/Wakil Ketua Komisi II DPR RI yang terlibat menerima dana" berisi nama (1) Haeruman Harahap USD 500 ribu, (2) Ganjar Pranowo USD 500 ribu, dan (3) Arief Wibowo USD 500 ribu.



Sementara kotak ketiga yang tidak berjudul berisi nama (1) Mendagri (Gamawan/Anas), (2) Sekjen (Dian Anggraeni), (3) PPK (Sugiarto), dan (4) Ketua Panitia Lelang (Drajat Wisnu S).Kabar24.com, JAKARTA -


Berbagi Ke Lainnya