Pengalaman Mengikuti Tes Wawancara STAN

Sebarkan informasi ini kepada teman-teman, saudara yang sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti seleksi tes Wawancara untuk masuk STAN.


Metode yang digunakan pada tahap seleksi ini adalah Wawancara Berbasis Kompetensi, yang merupakan teknik wawancara yang terstruktur dan bersifat menggali untuk mencari, mengumpulkan dan menguji bukti kompetensi kandidat.

Wawancara dilakukan berdasarkan background Anda. Jika belum pernah bekerja, maka Anda akan ditanyakan perihal materi-materi yang berkaitan tentang major/jurusan Anda. 

Jika sudah pernah bekerja maka pertanyaannya akan berkisar seputar pekerjaan Anda dan bagaimana posisi Anda di tempat kerja tersebut. Nah, diantara banyak pertanyaan akan disisipkan pertanyaan-pertanyaan berikut:
  • Apa yang membuat Anda ingin bekerja di Kemkeu? Padahal disini Anda akan menjadi PNS? Apa alasannya? 
  • Pernahkah Anda berada di posisi sulit? Bagaimana persisnya keadaan tersebut? Apa yang Anda lakukan untuk menyelesaikannya? 
  • Pernahkah Anda melakukan suatu hal atau mengambil keputusan yang bertentangan dengan hati nurani? Apa alasannya?


Pada tes ini pewawancara ingin mengetahu track record Anda serta sejauh mana profesionalitas Anda. Agar Anda mendapat nilai lebih, tunjukkan bahwa Anda memiliki skill atau kemampuan yang dibutuhkan oleh Kemkeu, Anda bisa memberikan solusi meskipun kecil dan sesuai dengan bidang Anda, tentu saja dengan cara penyampaian yang santun dan wajar serta tidak terlihat sombong apalagi terlalu membanggakan diri.


Perlu juga membekali diri dengan pengetahuan seputar topik-topik hangat yang terjadi di negeri ini, terutama sekali permasalahan yang berkaitan dengan reformasi birokrasi di Kemkeu. Hal ini biasanya selalu ditanyakan meskipun sedikit. 

Untuk Tes kesehatan dan kebugaran bocorannya bisa dibaca di sini.

Tes Kesehatan dan Kebugaran Seleksi CPNS / STAN

Berbagi Ke Lainnya