Tes Kesehatan dan Kebugaran Seleksi CPNS / STAN

Sebarkan informasi ini ke teman-teman kamu yang sekarang sedang atau akan menghadapi seleksi CPNS terutama STAN.

Mengapa perlu tes ini?
Kemampuan dan kesiapan jasmani merupakan salah satu unsur yang perlu dimiliki oleh CPNS yang diharapkan dapat mengisi kebutuhan sumber daya manusia di lingkungan Kementerian Keuangan. Untuk memperoleh CPNS dengan kualifikasi fisik yang memadai, terhadap CPNS perlu dilakukan pengujian kemampuan fisik melalui Tes Kesehatan dan Kebugaran.

Apakah yang tujuan Tes Kebugaran dan Kesehatan?

  • Tes Kesehatan dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan gambaran umum tentang kondisi kesehatan, kemampuan fungsi alat indra tubuh dan daya gerak normal dari anggota tubuh yang terdiri atas tangan dan kaki, dengan tujuan untuk dapat ditetapkan CPNS yang memenuhi standar kesehatan fisik yang ditentukan.
  •  Tes Kebugaran dilakukan dengan maksud untuk mendapatkan gambaran umum tentang kekuatan dan tenaga, daya tahan, kesiapan dan kelincahan jasmani CPNS dalam melakukan aktivitas fisik dengan tujuan untuk dapat ditetapkan CPNS yang memenuhi standar kemampuan kesigapan jasmani yang ditentukan.


Bentuk tes kesehatan yang dilakukan?
  • Tes Kesehatan dilakukan dengan pemeriksaan kesehatan (medical-checkup) oleh tim dokter yang bertugas di lokasi Tes Kesehatan.
  • Tes Kebugaran dilakukan dengan uji fisik, yaitu lari jarak menengah dan sprint.


Tahapan Tes Kesehatan dan Kebugaran

Diawali dengan mengisi formulir di meja pendaftaran, kemudian pengukuran tinggi badan, berat badan, dan pengecekan kesehatan. Setelah mendapat rekomendasi/ijin mengikuti tes kebugaran dari dokter yang memeriksa, peserta melanjutkan tes kebugaran berupa lari mengelilingi lapangan bola selama 12 menit, dan shuttle run (lari dengan lintasan membentuk angka).

Anda perlu mengatahui Standar Kelulusan Tes Kebugaran  sehingga bisa melakukan persiapan dari sekarang.

Untuk Tes wawancara bocorannya bisa dibaca di sini.

Pengalaman Melakukan Tes Wawancara STAN

Berbagi Ke Lainnya