Cara Membuat Hidroponik dari Botol Aqua Bekas 1 Liter

Selamat malam netters. Pada malam ini akan dishare cara membuat hidroponik di botol bekas air minum kemasan aqua. Kita manfaatkan aqua bekas ukuran 1 liter y.

 Pertama-tama siapkan botol plastik minuman berukuran 1 liter. Selanjutnya motong botol tersebut menjadi dua bagian sama besar.

Nah setelah botol plastik terbelah dua, ambilah kapas secukupnya dan sumpal kapas tersebut pada mulut botol (Kemudian disebut sebagai botol pertama dan sisanya sebagai botol kedua). Kapas tadi berguna untuk menyerap air yang dibutuhkan tanaman melalui media tanam yang nanti nya dimasukkan ke dalam botol pertama.


Nah media tanam yang dipakai sebaiknya kompos. Adik-adik bisa membelinya di penyedia tanaman. Harganya murah kok sekitar Rp10.000-Rp15.000. Bila media tanam sudah tersedia, masukkan media tanam tersebut secara hati-hati ke dalam botol pertama, tapi jangan sampai penuh.

Lalu untuk apa botol kedua? Di botol kedua kta dapat memasukkan air ke dalamnya. Tidak perlu banyak cukup sampai seperempat tinggi botol.

Jangan lupa memasukkan botol pertama ke dalam botol kedua ya.



Nah bila sudah siap, Kita dapat mulai menanam beragam benih sayuran seperti cabai atau lainnya.

Untuk satu botol hidroponik cukup dipelihara satu tanaman saja supaya tidak terjadi kompetisi makanan.

Setelah selesai ditanam, Taruhlah botol hidroponik tersebut di tempat sejuk seperti di teras rumah atau di halaman belakang.

 Kita tidak perlu menyiram setiap hari  karena media tetap akan basah berkat kapas yang menghisap air.

Yang perlu diperhatikan adalah jangan sampai air di dalam botol kedua habis. Jika hampir habis segera disiram lah dengan air. Selamat mencoba…

Lebih bagus jika terkena sinar matahari langsung..sehingga fotosintesis bisa maksimal..

Berbagi Ke Lainnya