Ber Hati-Hati Lah Ketika Ber-Internet Banking

1. Jangan pakai password yang mudah ditebak seperti 123456, iloveyou, princess, abc123, cantik, kota kelahiran, alamat rumah, tanggal lahir, tanggal perkawinan, tanggal lahir suami, nama suami. Gabungan huruf dan angka yang tidak berurutan akan lebih efektif dan sulit ditebak. 

2. Menggunakan hotspot di tempat umum. Gunakan hanya jaringan yang aman. Transmisi nirkabel juga memungkinkan Anda ‘dibajak’ melalui bluetooth. 

3. Jangan terlalu mengumbar informasi di media sosial seperti fb, twitter, blog, google +, path. Keterbukaan Anda memberi peluang ‘pencuri’ menebak password Anda. 


4. Tidak memiliki antivirus di komputer Anda. Jangan naïf bilang, “Saya tidak akan mengklik link bervirus.” Ada beberapa virus yang memiliki taktik canggih untuk masuk ke akun bank Anda, seperti trojans dan worms. 

5. Tidak pernah mengecek akun bank. Mengecek akun Anda secara reguler membuat Anda waspada, bila ada aktivitas yang mencurigakan di akun Anda. Berlangganan sms banking yang akan memberitahu anda jika terdapat transaksi juga merupakan cara yang baik (f)

Berbagi Ke Lainnya