Mahabara, Perang Baratayudha (3): Abimanyu Gugur Oleh Jayadrata

Sebelum kematiannya, Bhisma sedang melihat pertempuran dari cucunya. Bagaimana kelanjutannya?

Saya akan lanjutkan dengan gugurnya Abhimanyu putra Arjuna oleh Jayadrata. Abhimanyu yang baru saja berumur 16 tahun, mengadakan pertempuran terpisah dengan para Pandawa. Ini adalah tipu muslihat Korawa. Abhimanyu yang sakti itu dapat mengelakkan atau dapat menerobos pasukan Resi Drona, Aswatama, Krepa, Karna dan lainnya raja pembela Korawa.

Abimanyu malah dapat membunuh putra Duryodhana sendiri. Dusesana, dapat dilukai, dan Raja Jayadrata datang menolong Korawa. Namun akhirnya Abhimanyu dapat dikalahkan oleh Jayadrata. 

Arjuna mendengar kematian Abhimanyu, Arjuna bersumpah akan dapat membunuh Jayadrata esok harinya. Mendengar sumpah Arjuna Korawa menyusun kekuatan agar Jayadrata dapat diselamatkan sampai matahari tenggelam esok. Dengan demikian Arjuna akan membakar diri. Mendengar itu Bhatara Krishna sangat bersedih, begitu juga para Pandawa dan raja-raja lainnya. Arjuna terus mengamuk. Matahari telah mendekati sore. Jayadrata belum dapat diketemukan. 

Bhatara Krishna mengeluarkan senjata cakramnya dan dilepas untuk menutupi matahari. Dunia menjadi gelap. Korawa mengira hari telah malam. Korawa gembira. Jayadrata keluar dari persembunyiannya. Begitu pula Arjuna terus mengamuk, Rsi Drona dapat menangkap Yudhistira. Satyaki tahu akan hal itu.

Dia menyerang Drona dan dapat membebaskan Yudhistira. Arjuna sebelumnya telah meraga suksma dengan Krishna menghadap Dewa Mahadewa untuk memohon senjata. Arjuna mendapat senjata sakti untuk membunuh Jayadrata esok harinya. Hari itu adalah hari ke-14. 

Demikian Jayadrata keluar dengan senang hati, dan pengawalan sudah tidak ada, dunia menjadi terang. Arjuna dengan gampang membunuh Jayadrata. Dan tiada berapa lama lagi barulah matahari tenggelam. Dengan kematian dari Jayadrata perang menjadi tambah seru, sampai sama-sama membawa obor.

Demikianlah cerita kematiannya Abhimanyu yang berakhir dengan kematian Jayadrata.

Berbagi Ke Lainnya