Skip to main content

Sayangi Hewan Peliharaan dengan Berhentilah Merokok

Asap rokok sama membahayakannya bagi hewan, seperti ini juga berbahaya bagi perokok pasif.

Dokter hewan punya data berapa banyak hewan peliharaan yang berdasarkan hasil laboratorium mengidap penyakit akibat asap rokok. Seperti reaksi alergi, peradangan dan pernafasan hingga kanker paru.

Sekedar mengingatkan, 10 tahun lalu Shirley Worthington melarikan Tigger, anjing ke dokter setelah mulut anjing mulai berdarah. Dokter memberitahunya bahwa hewan peliharaannya menderita kanker, Shirley langsung sadar bahwa itu disebabkan oleh kecanduan beratnya akan rokok. Ia berhenti setelah si anjing akhirnya meninggal.

Asap rokok dapat menyebabkan kanker paru-paru dan hidung pada kucing, limfoma ganas pada kucing dan alergi serta masalah pernafasan. Demikian menurut penelitian bersama Tufts University School of Veterinary Medicine di Massachusetts, Colorado State University dan sekolah lainnya.

The Legacy Foundation, badan amal kesehatan masyarakat, mendorong perokok untuk berhenti demi hewan peliharaan mereka. American Society untuk pencegahan kekejaman terhadap hewan mendesak pemerintah membuat rumah bagi hewan peliharaan yang berisiko terpapar asap rokok.

Ini bahkan lebih penting untuk menjaga kucing, yang lebih rentan terhadap asap tembakau ketimbang anjing.

Limfoma adalah salah satu penyebab utama kematian kucing. Penelitian menunjukkan bahwa paparan berulang asap rokok dua kali lipat kemungkinan kucing terkena kanker dan hidup dengan perokok selama lebih dari lima tahun meningkatkan empat kali lipat risiko. Hal ini juga dapat menyebabkan kanker mulut fatal.


Perusahaan pembuat rokok mengakui bahwa rokok berisiko bagi manusia, tapi belum mengambil sikap ini juga bisa membahayakan kucing dan anjing.

"Tapi kami belum mengambil sikap tentang dampak potensial pada hewan peliharaan," kata David Sylvia, juru bicara Altria Group Inc, perusahaan induk dari Philip Morris.

Melansir nydaily, Kamis (10/7/2014), gejala kanker pada hewan termasuk batuk, kesulitan makan atau bernapas, air liur, penurunan berat badan, muntah, nasal discharge, perdarahan dan bersin.

Kanker membunuh lebih banyak anjing dan kucing dibanding penyakit lain, demikian menurut Denver-berbasis Morris Animal Foundation yang telah mendanai penelitian kanker hewan peliharaan sejak tahun 1962. inilah

Popular posts from this blog

Kata Ucapan Selamat Ulang Tahun Bahasa Jawa

Kadang untuk menghormati orang tua, kita ingin mengucapkan ucapan selamat ulang tahun dalam bahasa jawa kromo inggil agar terlihat lebih sopan.

Bagi yang mencari kata atau kalimat ucapan ultah bahasa jawa untuk orang tua silahkan:


Ngaturaken Sugeng Tanggap Warsa kagem........ Mugio panjenengan pinaringan wilujeng selamet lan lumebering rejeki kaliyan pinaringan kasihatan dening Ingkang Murbeng Dumadi, Allah SWT.

Sugeng Tanggap Warsa Dumateng…. Mugi Gusti paring panjang yuswo ingkang barokah, Mugi Gusti tansah midangetaken pandonga (bapak/ibu dll), paring bagas kasarasan lan katentreman.

Nderek ngaturaken sugeng tanggap warso dumateng Ibu/bapak. Mugi tansah pinaringan sehat soho kaberkahan deneng Gusti Allah.

Sugeng tanggap warso kagem......, mugi Alloh swt mengalirkan kanugerahan ingkang wilujeng, tentunya adalah dimudahkan dalam segala urusan di dunia dan akhirat.

Sugeng tanggap warsa nggih para sedherek (jika lebih dari 1 orang), mugi tansah binerkahan, kaparingan panjang yuswa, lan reje…

MENGENAL OBAT BATUK CODEIN 20 MG

Anak anda suka jika minum obat batuk? Atau jika minum obat batuk langsung anteng? Maka anda perlu waspada.


Salah satu jenis obat batuk yang sering diberikan oleh dokter adalah Kodein. Yuk kita bedah sedikit kodein di sini.


Kodein merupakan analgesik agonis opioid (agonis opioid merupakan obat opioid yang menyerupai morfin yang dapat mengaktifkan reseptor, tertama pada reseptor m, dan mungkin pada reseptor k contoh ; morfin, papaveretum, petidin, fentanil, alfentanil, sufentanil, remifentanil, kodein, alfaprodin).

Ucapan Idul Fitri Bahasa Jawa Kromo Inggil

Lebaran atau idul fitri sebentar lagi. Di jawa terkenal dengan tradisi sungkeman. Nah biasanya anak-anak muda nih pada kurang fasih berbahasa jawa kromo inggil.

Ini dia contoh ucapan idul fitri dalam bahasa jawa  kromo inggil:

Kepareng matur dhumateng …….. [bapak/ibu/simbah/kang mas/dll], kulo ngaturaken sugeng riyadi, ngaturaken sedaya lepat nyuwun pangapunten, kaping tiga nyuwun donga pangestunipun supados kula saged dados putra ingkang sholeh, migunani dhateng agami, nusa, bangsa, lan nagari, lancar anggenipun pados ilmu ingkang manfaat, gampil anggenipun pados rejeki ingkang halal lan thayyib, saha sukses nglampahi gesang ing donya lan akhirat.


Dalam bahasa Indonesia, artinya:

Perkenankan saya bertutur kepada …….. [ayah/ibu/nenek/dll], saya mengucapkan selamat idul fitri, mohon maaf atas segala salah dan khilaf, yang ketiga mohon doa restunya agar saya jadi anak yang shaleh, berguna untuk agama, nusa, bangsa, dan negara, lancar dalam menuntut ilmu yang bermanfaat, mudah dalam men…