Bolehkah Minum obat pakai Jus Buah?

Umumnya obat itu rasanya tidak enak, pahit. Dan yang paling baik adalah minum obat dengan air putih. Bagaimana jika minum obat dengan jus buah?
 Minum obat dengan bantuan jus buah ternyata tidak baik.

Menurut riset pada tahun 2008 yang dilakukan oleh David Balley dan para ahli farmasi di Kanada menyatakan bahwa jus jeruk merah, jus jeruk dan apel terbukti dapat mengganggu kemampuan tubuh untuk menyerap obat-obatan tertentu sehingga dapat mengurangi efektivitas terapi. 

Berdasarkan hasil penelitian tersebut, jus buah dapat mengurangi efektivitas obat-obat yang digunakan untuk penyakit jantung, kanker, transplantasi organ dan secara potensial dapat menghilangkan efek khasiatnya. Kok bisa ??


Dari riset ini diketahui bahwa zat yang terkandung dalam grapefruit (jeruk merah), orange (jeruk) dan apel dapat menurunkan absorpsi oral pada obat-obat tertentu selama proses transportasi penyerapan dalam jaringan pencernaan. Penelitian ini diujikan dengan melibatkan relawan untuk meminum fexofenadine, merupakan obat sejenis antihistamin yang digunakan untuk mengatasi alergi. Kemudian relawan menelan obat ini dengan pilihan meminum segelas jus grapefruit (kelompok 1) dan dengan air putih biasa (kelompok 2). Hasilnya menunjukkan, relawan yang minum obat fexofenadine dengan jus grapefruit ternyata hanya menyerap setengah dari kadar fexofenadine dibanding mereka yang meminumnya dengan air putih.

Dari penelitian sejauh ini, di antara obat-obat yang terpengaruh konsumsi grapefruit, jeruk dan jus apel adalah: etoposide, sejenis obat antikanker, ada juga obat jenis beta blocker misalnya atenolol, celiprolol, talinolol yang digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi dan mencegah serangan jantung dan beberapa jenis antibiotik seperti ciprofloxacin, levofloxacin dan itraconazole perlu diperhatikan juga.

Pada akhirnya, untuk mencegah terjadinya efek yang merugikan bagi pasien alangkah baiknya jika pasien seharusnya berkonsultasi dengan dokter maupun apoteker mengenai kemungkinan adanya pengaruh(interaksi) minuman jus dalam konsumsi obat. Namun tidak hanya itu, pasien pun sebaiknya disiplin untuk menggunakan air putih ketika menelan obat mengingat efek yang dapat ditimbulkan bila tidak diminum dengan air, misalnya diminum dengan jus akan mendatangkan bahaya tidak hanya buat pasien namun juga tenaga medis terkait, misalnya dokter maupun apoteker.

Oleh karena itu buat temen-temen terus semangad Jya buat mencoba meminum obat dengan air putih, walaupun sulit….

Berbagi Ke Lainnya