Kenapa Tidak Kita Pakai Facebook Dalam Negeri?



Indonesia memang negara yang hanya jago retorika. Coba lihat apakah benar slogan yang didengugkan oleh para pemimpin negeri ini benar-benar dilaksanakan? Yang paling kelihatan adalah penerapan slogan” Cintai Produk-produk Indonesia” yang sangat menyedihkan.

Banyak pejabat seperti “ratu atut’’ yang sangat bangga menggunakan tas luar negeri.

Banyak pejabat seperti SBY yang punya akun jejaring Twitter tapi tidak punya akun di situs jejaring anak Indonesia. Miris!!!

Coba banyangkan jika SBY, Jokowi, Prabowo dan para pemimpin negeri ini lainnya memiliki akun di jejaring lokal. Bisa dibayangkan keuntungan tidak hanya menjadi milik twitter ataupun facebook. Mau tahu berapa laba facebook/twitter dalam setahun? Twitter  saja dalam tahun 2011 meraup laba USD 139,5 juta. Keuntungan bersih Facebook sepanjang 2013 ini adalah US$977 juta.

Daaan Indonesia adalah negara dengan pengguna facebook terbesar kedua di dunia yaitu sebanyak 41,777,240 pengguna dari 241.452.952 (kira-kira 17%). Jadi kira-kira indonesia itu berkontribusi pada keuntungan facebook cukup signifikan. Luar biasa.


Tulisan ini memang mungkin tak dibaca oleh para pemimpin di negeri ini, tapi bisa menjadi sebuah perenungan..

Berikut ini daftar  jejaring sosial yang berasal dari Indonesia yang dapat saya rangkum :

Twoo Jejaring sosial yang menyediakan sarana paling asyik untuk bertemu kenalan baru di daerah Anda. Situs pertemanan ini sepertinya cocok buat Anda yang masih berstatus jomblo.

Kombes Dengan anggota sekitar 45.000 orang menawarkan berbagai macam aplikasi untuk berintekrasi secara online seperti chat room, im chat, forum, sharing video/audio, social bookmarking yang menarik.

Indoface Situs ini membagi anggotanya menjadi 2 macam, personal member danband member. Seorang anggota dapat membuat polling atau jajak pendapat untuk dibagikan ke anggota lainnya.

Adandu Situs web berbagi video dan layanan pengunggahan video ini menyediakan layanan gratis bagi pengguna umum dan pembuat atau penerbit video independen.

AkuCintaSekolah Situs komunitas yang bertujuan untuk menjadi wadah semua orang yang pernah dan masih sekolah di Indonesia. Situs jejaring sosial ini menurut penggunanya cukup aman bagi anak sekolah.

Fupei sebuah situs komunitas yang berisi jurnal persahabatan dan kreatifitas di internet, dikhususkan untuk kalangan Indonesia

Catchfriend Situs ini meski sederhana, namun menyajikan halaman khusus untuk bisnis. Sayangnya jejaring ini tidak memiliki notifikasi jika ada user baru yang bergabung atau menampilkan user yang sedang online.

digli Konsep situs jejaring ini menggabungkan antara Facebook dengan Kaskus. Jumlah anggotanya saat ini mencapai 12.000 orang.


FB.co.id Situs ini lahir dengan konsep yang hampir mirip dengan Facebook, yaitu menjaring sebanyak-banyak2nya user untuk menjadi member aktif. beberapa fitur seperti sharing album foto, video, dan blog.

Goesmart Sosial media pendidikan buatan Bandung ini diperuntukkan bagi pelajar, guru, orang tua dan alumni seluruh indonesia.

Kiber atau Kitaberbagi.com, situs yang menjadi wadah untuk berbagi dan bersilaturahmi dengan kerabat, teman, atau relasi. 

Kongkoow Situs jejaring sosial bercita rasa lokal yang menyediakan fasilitas sangat lengkap seperti akun e-mail, file sharing, video streaming, dan blogging.

Koprol Salah satu keunggulan Koprol adalah fitur Place Tag, yang akan menginformasikan teman di dekat lokasi anda. Karena popularitasnya, situs ini kemudian dibeli oleh Yahoo!

LiLOCITY LiLO (Little Online), merupakan media berkumpul anak muda yang berkonsep virtual world society (VWS). Situs ini terhubung dengan situs jejaring Facebook.

Otofriends situs ini tergolong cepat dengan fitur komplit serta terus bertambah. Fiturnya merupakan kombinasi dari Facebook, Yahoogroups, Friendster, dan Multiply dengan mengkhususkan pada bidang otomotif.

Mobinessia Jejaring sosial  yang didirikan pada tahun 2009 ini dibuat untuk sarana pertemanan berbasis ponsel dengan fitur microblogging, album photo, kronologer status, messaging, dan chat.

MyPulau Situs jejaring yang dimiliki Telkomsel ini memiliki lebih dari 2.000.000 anggota. Setiap anggota bisa membuat pulau sendiri yang berisi tentang aktivitas dan profil mereka.

Paseban Situs yang dikembangkan untuk memenuhi salah satu kebutuhan masyarakat luas, yaitu bersosialisasi. Situs ini muncul dengan konsep situs jejaring sosial yang berbasiskan komunitas.

Ruangmuslim Situs jejaring sosial islami untuk muslim Indonesia. RuangMuslim menyediakan beragam fitur dan konten islami.

Salingsapa Berteman dalam Dakwah, begitu tag line dari situs pertemanan bernuansa islami. Fiturnya memang lebih banyak berkaitan dengan hal-hal keagamaan.

Statusbooks Situs jejaring sosial asal yang menyerupai Facebook. Di situs ini Anda bisa bergabung dengan salah satu grup yang ada, mengikuti forum, membuat album foto, atau membuat blog.

Temanku Situs pertemanan online ini bisa dikatakan mirip sekali dengan situs jejaring Facebook. Mulai dari halaman awal hingga cara mendaftarnya sangat mirip atau copycat dari FB.

YourFriends Sama halnya dengan Temanku, situs jejaring sosial ini masih berkiblat pada Facebook. Hanya   warna dominannya saja yang dibikin berbeda, yakni hijau-putih.

Zeetal situs Komunitas internet Indonesia yang memungkinkan Anda untuk terhubung bersama teman, keluarga, atau bahkan siapa saja di seluruh dunia.

Berbagi Ke Lainnya