Nyetir Mobil di Turunan (Cara Yang Benar)

Tulisan kali ini adalah tips mengendarai mobil manual saat jalan menurun, seperti saat di Puncak, atau turun dari parkiran atas ke lantai di bawahnya.

Bagi pengemudi pemula umumnya punya kebiasaan untuk menekan kopling sampai full, dan menekan rem. Alasan kopling diinjak sampai full, karena takut mesin mobilnya mati.

Sebenarnya bagaimana cara terbaik dan terbenar menghadapi turunan? Ataukah, tidak usah masuk gigi sekalian, dan biarkan mobil meluncur dan ditahan pakai rem?.

Cara Yang Benar
Saat kondisi jalan turun persneling justru harus turun, jika jalananan cukup curam sebaiknya gunakan gigi 2 dan pertahankan kecepatan turun dengan bantuan injakan rem seperlunya, tidak perlu diinjak keras-keras. Tak perlu takut RPM terdengar tinggi, cukup dijaga saja RPM di posisi aman.

Berbahaya sekali kalau hanya mengandalkan rem saja. Selain rem jadi panas karena kerja berat, hilang pula engine brake, dan yang lebih berbahaya kalau mesin mati, anda kehilangan booster rem. Jika hal ini terjadi maka mobil anda akan meluncur tak terkendali.



Untuk kondisi jalan turunan ringan dan anda masih pengen melaju, pasang gear tinggi juga tidak masalah. Selama enggine break tetep ada dan mobil masih bisa (nyaman) anda dikendalikan.

Tapi jika turunan curam, dan rem saja tidak cukup, anda perlu gigi rendah untuk membantu rem..


Berbagi Ke Lainnya