Sinopsis Shakuntala ANTV

Sebentar lagi Mahabarata tamat di ANTV, kemungkinan akan diganti dengan serial Sakuntala. Sebenarnya antara Sakuntala dan Mahabarata masih memiliki hubungan atau benang merah. Jika Mahabarata menceritakan dinasti kuru hingga ke pandawa dan anaknya seperti abimanyu. Maka sakuntala adalah nenek moyang dinasti kuru. 


Dari wikipedia informasi nya cukup lengkap:

Riwayat Sakuntala muncul sekilas dalam kitab Adiparwa. Dikisahkan ada seorang pertapa bernama Wiswamitra, dulu merupakan seorang Raja namun kemudian meninggalkan kehidupan istananya karena ingin mendapatkan kejayaan seperti Bagawan Wasistha. Tapanya sangat khusuk, tak tergoyahkan. Melihat hal tersebut, Dewa Indra mengutus bidadariMenaka agar menguji tapa Sang Wiswamitra. Bidadari Menaka terbang ke tempat Wiswamitra bertapa, diiringi Dewa Bayu dan Semara.

Ketika sampai di tujuan, bidadariMenaka menjalankan tugasnya. Bidadari tersebut menggoda Sang Wiswamitra sehingga nafsu birahinya muncul. Bidadari Menaka kemudian dihamili oleh Sang Wiswamitra. Setelah merasa tugasnya telah diselesaikan dengan baik, bidadari Menaka terbang kembali ke kahyangan sementara Sang Wiswamitra pergi meninggalkan tempat pertapaannya karena gagal. Di tepi sungai Malini, Sang bidadari melahirkan bayi perempuan. Bayi tersebut ditinggalkan seorang diri di sana sementara ibunya terbang ke kahyangan tanpa cinta kasih. Kemudian sang bayi dirawat oleh burung Sakuni.

Bagawan Kanwa yang sedang mencari kembang di sekitar sungai Malini terkejut melihat seorang bayi tergeletak, dirawat oleh burung Sakuni. Lalu bayi itu dipungut, diberkahi, dipelihara, dan diberi nama Sakuntala karena dirawat oleh burung Sakuni.
Serial Shakuntala   berjumlah 104 episode   ini telah tayang  di India pada 2009 silam di stasiun TV STAR ONE.
Hubungan Shakuntala dengan Pandawa Bisa dilihat di silsilah di bawah ini:

Berbagi Ke Lainnya