Berapa Jumlah Detak Jantung Normal Per Menit?

Konsultasikan ke dokter jika denyut Anda secara konsisten di atas 100 bpm (tachycardia) atau di bawah 60 bpm (Bradycardia), terutama jika disertai gejala lain seperti pusing, sesak napas atau sering pingsan.

Frekuensi detak jantung ditentukan dengan tingkat aktivitas, kebugaran, suhu, temperatur udara, posisi tubuh, emosi, berat badan,  dan obat-obatan.  Jika kita marah saja maka detak jantung akan lebih cepat berdenyut.

Secara umum denyut jantung  direpresentasikan sebagai bpm (beats per minute). Denyut jantung normal untuk setiap individu pasti berbeda-beda tergantung pada kapan waktu mengukur detak jantung tersebut  dan banyak variabel lain juga (saat istirahat atau setelah berolahraga). Perbedaan jumlah denyut jantung sesuai dengan jumlah oksigen yang diperlukan oleh tubuh saat itu.


Denyut jantung juga dikenal dengan denyut nadi merupakan  tanda penting dalam bidang medis yang bermanfaat untuk mengevaluasi dengan cepat kesehatan atau mengetahui kebugaran seseorang secara umum.

Untuk orang dewasa yang sehat, jika saat beristirahat maka denyut jantung yang normal adalah sekitar 60-100 denyut per menit (bpm). Jika didapatkan denyut jantung yang lebih rendah saat sedang istirahat,  umumnya menunjukkan fungsi jantung yang lebih efisien dan lebih baik kebugaran kardiovaskularnya.

Seperti sudah disebutkan di atas banyak hal yang mempengaruhi jumlah denyut jantung seseorang, seperti  aktivitas fisik atau tingkat kebugaran seseorang, suhu udara disekitar, posisi tubuh (berbaring atau berdiri), tingkat emosi, ukuran tubuh serta obat yang sedang dikonsumsi.

Sebenarnya setiap orang bisa mengukur denyut jantungnya sendiri tanpa perlu menggunakan stetoskop. Untuk mengukur denyut jantung di rumah bisa dengan cara memeriksa denyut nadi. Tempatkan jari telunjuk dan jari tengah pada pergelangan tangan atau tiga jari pada sisi leher. Saat merasakan denyut nadi, lihatlah jam untuk mneghitung jumlah denyut selama 15 detik. Hasil yang didapatkan  kalikan empat, maka didapatkan jumlah denyut jantung Anda per menit.

Meskipun jumlah denyut bervariasi, tapi denyut yang terlalu tinggi atau rendah dapat menunjukkan adanya masalah yang mendasar. 

Konsultasikan ke dokter jika denyut Anda secara konsisten di atas 100 bpm (tachycardia) atau di bawah 60 bpm (Bradycardia), terutama jika disertai gejala lain seperti pusing, sesak napas atau sering pingsan.

Dengan melakukan tes sederhana tersebut, seseorang bisa mengetahui apakah mempunyai denyut jantung normal atau tidak. Hal ini juga berguna sebagai diagnosis awal ada atau tidaknya gangguan kardiovaskul.

sumber:
health.kompas.com

Berbagi Ke Lainnya