Skip to main content

Ford : Adaptive Steering Systemnya Kami Paling Cerdas

Menyetir mobil adalah keahlian yang harus sering dipraktikkan. Oia baru-baru ini sya mendapat kabar bahwa Merk Mobil Ford telah berhasil mengembangkan sistem kemudi yang katanya paling cerdas yang mereka namakan Adaptive Steering System. Para insinyur mobil merk Ford telah menemukan sebuah sistem cerdas yang disebut sebagai Adaptive Steering system yang akan segera bisa diterapkan.

Sistem baru Ford mampu mengubah rasio kemudi sesuai dengan kecepatan kendaraan. Sejatinya Ini bukan penambahan gigi dan motor listrik pertama yang diterapkan untuk membantu mengarahkan roda depan, karena sudah ada Audi, BMW dan Lexus tercatat sebagai pelopor. Meskipun demikian, Adaptive Steering system Ford diklaim merupakan yang paling cerdas di antara semuanya untuk saat ini.

Komponen utama sistem ini berupa penambahan sebuah motor listrik DC, worm gear yang mengendalikan helical gear dengan rasio reduksi 48:1, dua needle bearing dan sebuah rangkaian pengatur elektronik yang seluruhnya terdapat di dalam roda kemudi.

Untuk memberikan ruang pada teknologi itu ke dalam roda kemudi, mitra pengembangan Takata merancang modul 'vacuum-packed' kantung udara yang lebih kompak. Komponen Adaptive Steering hanya memberikan bobot tambahan 0,9 kg ke dalam perangkat roda kemudi berbobot 3 kg.

Si dalamnya terdapat rangkaian elektronik yang memonitor kecepatan kendaraan dan posisi roda kemudi dan memerintahkan motor listrik untuk menambah atau mengurangi hingga 35% ke gerakan pengemudi yang diberikan ke roda kemudi.

Putaran lock-to-lock dapat dikurangi dari 2,6 putaran (pada Ford Focus) menjadi hanya 2.0 putaran. Sistem tersebut kompatibel dengan hampir semua mobil dan truk ringan di jajaran Ford, namun belum ada informasi model apa yang nanti akan pertama kali menggunakannya.

Upaya yang saat ini tengah dikejar adalah meminimalisasi gesekan sistem dan menghilangkan celah antara roda-roda gigi cacing (worm gear).

Pada kecepatan rendah dan belokan patah, selama manuver parkir atau ketika melakukan slalom zig-zag melalui konus-konus, motor listrik akan membantu menambah sudut-sudut belokan roda-roda sehingga gerakan tangan pengemudi di roda kemudi bisa lebih efisien.

Ketika dalam kecepatan jelajah, respons kemudi dikurangi yang membuat pengemudi melakukan perpindahan jalur bisa berlangsung lebih mulus sehingga kepala penumpang tidak berguncang-guncang.

Hebatnya lagi, sistem Adaptive Steering Ford tersebut kompatibel diterapkan pada sistem power steering baik yang menggunakan mekanisme hidrolik maupun elektrik.*lampungpost

Popular posts from this blog

Kata Ucapan Selamat Ulang Tahun Bahasa Jawa

Kadang untuk menghormati orang tua, kita ingin mengucapkan ucapan selamat ulang tahun dalam bahasa jawa kromo inggil agar terlihat lebih sopan.

Bagi yang mencari kata atau kalimat ucapan ultah bahasa jawa untuk orang tua silahkan:


Ngaturaken Sugeng Tanggap Warsa kagem........ Mugio panjenengan pinaringan wilujeng selamet lan lumebering rejeki kaliyan pinaringan kasihatan dening Ingkang Murbeng Dumadi, Allah SWT.

Sugeng Tanggap Warsa Dumateng…. Mugi Gusti paring panjang yuswo ingkang barokah, Mugi Gusti tansah midangetaken pandonga (bapak/ibu dll), paring bagas kasarasan lan katentreman.

Nderek ngaturaken sugeng tanggap warso dumateng Ibu/bapak. Mugi tansah pinaringan sehat soho kaberkahan deneng Gusti Allah.

Sugeng tanggap warso kagem......, mugi Alloh swt mengalirkan kanugerahan ingkang wilujeng, tentunya adalah dimudahkan dalam segala urusan di dunia dan akhirat.

Sugeng tanggap warsa nggih para sedherek (jika lebih dari 1 orang), mugi tansah binerkahan, kaparingan panjang yuswa, lan reje…

MENGENAL OBAT BATUK CODEIN 20 MG

Anak anda suka jika minum obat batuk? Atau jika minum obat batuk langsung anteng? Maka anda perlu waspada.


Salah satu jenis obat batuk yang sering diberikan oleh dokter adalah Kodein. Yuk kita bedah sedikit kodein di sini.


Kodein merupakan analgesik agonis opioid (agonis opioid merupakan obat opioid yang menyerupai morfin yang dapat mengaktifkan reseptor, tertama pada reseptor m, dan mungkin pada reseptor k contoh ; morfin, papaveretum, petidin, fentanil, alfentanil, sufentanil, remifentanil, kodein, alfaprodin).

Ucapan Idul Fitri Bahasa Jawa Kromo Inggil

Lebaran atau idul fitri sebentar lagi. Di jawa terkenal dengan tradisi sungkeman. Nah biasanya anak-anak muda nih pada kurang fasih berbahasa jawa kromo inggil.

Ini dia contoh ucapan idul fitri dalam bahasa jawa  kromo inggil:

Kepareng matur dhumateng …….. [bapak/ibu/simbah/kang mas/dll], kulo ngaturaken sugeng riyadi, ngaturaken sedaya lepat nyuwun pangapunten, kaping tiga nyuwun donga pangestunipun supados kula saged dados putra ingkang sholeh, migunani dhateng agami, nusa, bangsa, lan nagari, lancar anggenipun pados ilmu ingkang manfaat, gampil anggenipun pados rejeki ingkang halal lan thayyib, saha sukses nglampahi gesang ing donya lan akhirat.


Dalam bahasa Indonesia, artinya:

Perkenankan saya bertutur kepada …….. [ayah/ibu/nenek/dll], saya mengucapkan selamat idul fitri, mohon maaf atas segala salah dan khilaf, yang ketiga mohon doa restunya agar saya jadi anak yang shaleh, berguna untuk agama, nusa, bangsa, dan negara, lancar dalam menuntut ilmu yang bermanfaat, mudah dalam men…