Heboh Palu Arit Anindya

Anindya Kusuma Putri usia 23 tahun merupakan pemenang Puteri Indonesia Tahun 2015  menjadi perbincangan hangat didunia maya, pasalnya dia mengupload foto pribadinya menggunakan kaos atau t-shirt yang bergambar palu arit. Pasti banyak orang yang mengetahui arti dari simbol gambar tersebut sebagai PKI.
Kontroversi Putri Indonesia 2015 yang pakai Kaos Palu Arit

Kontroversi Putri Indonesia 2015 yang pakai Kaos Palu Arit

Akhirnya perwakilan Jawa Tengah angkat bicara dalam jumpa pers singkat mengenai alasan dibalik penggunaan kaos dengan lambang yang identik dengan paham komunis.
Putri cantik ini berkata bahwa -shirt tersebut ia kenakan pada 2 tahun silam atau sekitar tahun 2013. Saat dirinya sedang  mengikuti program pertukaran pelajar Association Internationale des Etudiants en Sciences Economiques et Commerciales (AIESEC) dan belum bergabung dengan Yayasan Puteri Indonesia.
Kontroversi Putri Indonesia 2015 yang pakai Kaos Palu Arit
Anin adalah nama akrab sapaannya, dia aktif dalam organisasi AIESEC dan juga menjabat sebagai presiden utama dari tahun 2013 sampai 2014.

Sebagai delegasi Indonesia di konferensi luar negeri dan terlibat pertukaran pelajar, diapun mengaku bahwa terbiasa melakukan pertukaran kaos dengan teman-teman AIESEC lainnya yang berasal dari 130 negara yang berbeda-beda. Terkait kaos merah berlambang palu arit tersebut, Anin menjelaskan bahwa itu merupakan kaos yang diberikan temannya yang yaitu mahasiswa asing dari Vietnam.

“Saya menghormati teman saya yang memberikan t-shirt (kaos) itu kepada saya,” demikian disampaikan saat jumpa pers di gelar di Graha Mustika, Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Selasa 24 Februari 2015. Dia mengukuhkan bahwa penggunaan kaos tersebut untuk menghargai pemberian dari seorang temannya.
Tepanya lagi, kaos tersebut ia gunakan saat penanaman pohon di Semarang, Jawa Tengah yang saat itu turut mengundang mahasiswa AIESEC dari Vietnam. Bahkan mnurutnya pertukaran kaos tersebut adalah hal yang wajar dilakukan dengan teman-teman negara lain.
Kontroversi Putri Indonesia 2015 yang pakai Kaos Palu Arit
“Kalau di Instagram itu nggak cuman saya post baju dari Vietnam saja. Masih banyak baju yang lain sebenarnya. Tapi yang dibahas kok hanya yang Vietnam. Saya sadar bahwa kita mempunyai sejarah yang kurang bagus terhadap itu tapi maksudnya bukan seperti itu, bukan maksud identitas saya sebagai palu arit. Tapi memang khusus menghormati teman saya yang datang jauh-jauh dari Vietnam yang saat itu sedang berkegiatan bersama saya”, ungkapnya.

Seharusnya sebagai manusia yang ngakunya intelek, anindya mampu lebih berhati-hati dan memikirkan setiap tindakan yang akan dilakukannya. Apalagi amsalah sensitif seperti ideologi terlarang PKI ini.

Berbagi Ke Lainnya