Berikut Macam-Macam Perguruan Tinggi di Indonesia


Jenis & Macam Perguruan Tinggi Indonesia
“university degree”
adalah jenis perguruan tinggi yang memiliki jenis program studi yang beragam, baikilmu” eksaskta, social, ekonomi, bahasa sampai kesenian. Jenjang pendidikan yang diselenggarakan relatif beragam, mulai diploma, strata satu (S1),pascasarjana  (S2), maupungelar Doktor. Misalnya universitas airlangga: ada fakultas kedokteran, kesehatan, ekonomi, MIFA dll
  • Institut

adalah jenis perguruan tinggi yang khusus menyelenggarakan program ilmu sejenis, jadi tidak seberagam dibanding universitas. Misalkan ITS Surabaya, mengkhususkan ilmu eksak juga teknik.Jenjang ataupun gelar yang akan dicapai tidak berbeda, Ahlimadya (diploma 3), sarjana S1, S2, maupun Doktor.
  • SekolahTinggi
adalah jenis perguruan tinggi yang hanya menyelenggarakan satu bidang/program studi.
Misal.STIE (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi) yang hanya menyelenggarakan jurusan akuntansi, serta manajemen. Jenjang ataupun gelar yang di capai tidak berbeda dengan universitas ataupun Institut.
  • Akademi
Jenis perguruan tinggi yang memberikan porsi keterampilan lebih banyak dibanding teori, dan waktu yang ditempuhpun relative lebih singkat, satu sampai tiga tahun (D1,D2,D3). Akademi mencetak lulusan yang lebih trampil untuk memasuki dunia kerja.Perbandingan materi yang diajarkan antara teori dengan praktek 60% : 40% Bagi lulusan nantinya tidak terdapat gelar, kecuali diploma 3 berhak menyandang Ahli Madya (AMD)
  • Politeknik
Perguruan tinggi ini tidak berbeda dengan akademi, hanya mengkhususkan dalam mencetak tenaga-tenaga ahli/professional di bidang teknik.Perbandingan materi yang diajarkan antara teori dengan praktek 45% : 55%, dengan demikian lulusan politeknik akan lebih cepat adaptasi jika terjun di dunia kerja karena lebih siap pakai
.
Saat ini banyak sekali berbagai macam perguruan tinggi dengan berbagai jenis bidang keilmuan.Untuk itu kita harus bisa membedakan agar kita tidak kecewa ketika kita memilih perguruan tinggi.Selain itu kita juga harus bisa membedakan antara jalur diploma yang diselenggarakan oleh suatu perguruan tinggi dan jalur diploma yang diselenggarakan oleh lembaga kursus.Adapun jenis-jenis dari perguruan tinggi tersebut adalah:
No.
Jenis
Ciri-ciri
Contoh
1.
Universitas
Lembaga pendidikan tinggi dengan beberapa rumpun keilmuan yang diampu oleh fakultas dan jurusan/ prodi (program studi)
UNY, UGM, UPI, UIN Suka, UAD, UPN, dsbg
2.
Institut
Lembaga pendidikan tinggi dengan satu rumpun keilmuan yang diampu oleh fakultas dan jurusan/ prodi (program studi)
ITB, IKIP, dsbg
3.
Sekolah TInggi
Lembaga pendidikan tinggidengan satu cabang keilmuan dan mempunyai satu atau beberapa jurusan/ prodi (program studi)
STIE, STIES, dsbg
4.
Akademi
Lembaga pendidikan tinggi dengan satu cabang keilmuan dan tidak memberikan gelar kesarjanaan namun Ahlimadya (A.Md)
AKMIL, AMY, AKY, dsbg

STATUS PERGURUAN TINGGI
No.
Status
Pemilik
Contoh
1.
Negeri
Pemeritah
UGM, UNY,dsbg.
2.
Swasta
Yayasan atau Lembaga
UMY, UAD, UII, dsbg.
3.
Kedinasan
Lembaga pemerintah atau swasta yang setelah lulus diwajibkan masuk pada suatu lembaga tersebut.
AKMIL, STAN, dsbg.
STATUS AKREDITASI
Pada tahun-tahun lalu mungkin kita pernah kenal dengan status disamakan, diakui ataupun terdaftar, sekarang ini ada yang dinamakan dengan status akreditasi.Status inilah yang saat ini menjadi salah satu faktor utama yang digunakan oleh PTS untuk mengiklankan dirinya.Status ini diberikan untuk program studi yang diselenggaran dan bukan pada keseluruhan jurusan/program studi pada suatu perguruan tinggi. Status akreditasi ini menentukan kemandirian suatu program studi dalam melaksanakan proses belajar mengajar. 


Berbagi Ke Lainnya