Jangan Remehkan Sirkulasi

Tahukah anda asap dapur itu mengandung gas berbahaya seperti karbon monoksida (CO), NO2, dan SO2?

Selain itu asap dapur juga mengandung polycyclic aromatic hydrocarbons (PAH) pada pemanasan dengan suhu tinggi.

Selain berdampak pada saluran pernapasan , terpapar asap saat memasak bisa mengakibatkan iritasi mata serta berpengaruh buruk pada kulit. Asap mengandung oksidan dengan kadar  tinggi yang bisa mengakibatkan mutasi sel dan kerusakan kolagen, terutama pada kulit wajah.
Belum lagi uap minyak yang dihasilkan ketika proses memasak bisa menempel di kulit dan menimbulkan jerawat , biang keringat, atau jamur pada lipatan kulit.

Belum banyak yang concern bahwa aktivitas memasak menyimpan resiko untuk kesehatan. Ternyata, bahaya asap dapur, sama dengan asap rokok

 “ Menghirup asap dari sisa pembakaran kayu saat memasak sama saja dengan mengisap asap rokok tiga sampai lima batang perhari.” ujar Kirk Smith , Profesor dari UC Berkeley’s School of Public Health yang juga ketua riset RESPIRE (Randomized Exposure Study Of Pollution Indoors and Respiratory Effects).

Yang memperparah , tidak sedikit para ibu yang menggendong anaknya ketika memasak. Hal itu membuat si anak ikut terkena resiko infeksi saluran pernafasan . Salah satunya radang paru-paru.
Ketika partikel asap banyak terhirup, hal itu merangsang silia dalam saluran pernapasan yang mengakibatkan respon batuk-batuk. Batuk sebenarnya merupakan mekanisme pertahanan tubuh ketika ada partikel asing yang terhirup.
Pada seseorang yang memiliki bakat  alergi , iritasi kadar ringan saja bisa memicu kambuhnya alergi. Bukan sekedar iritasi, resiko berikutnya adalah infeksi saluran pernapasan. Bila batuk disertai lendir dengan warna kuning kehijauan, itu merupakan tanda adanya infeksi pada saluran pernapasan.

Tahukah anda bagaimana cara meminimalkan dampaknya?
-Sirkulasi udara yang baik
- Penggunaan cooker hood.
- buka jendela saat memasak agar asap tidak berkutat di dalam rumah.
- Jangan berdiam diri terlalu lama di dapur, setiap setengah jam hirup udara segar
- Kurangi cara memasak dengan menggoreng atau menumis.

Untuk Artikel kesehatan lainya bisa anda klik link ini Artikel Keshatan atau Info Kesehatan 

Berbagi Ke Lainnya