Lumpia Semarang Diklaim Malaysia

Baru baru ini beredar berita (cari saja di google) kalau lumpia diklaim sebagai makanan asli Malaysia. Terus banyak yang kebakaran jenggot. Lha memang kalau diklaim emang kenapa y? Kita masih boleh kok buat lumpia, masih boleh makan lumpia, bebas, nggak usah bayar royalty ke Malaysia.

Kita mau klaim pizza, hamburger, fried cicken jadi makanan asli indonesia juga boleh kok. Lha nyatanya masyakat kita lebih bangga makan pizza, hamburger kalau ulang tahun daripada lumpia. jadi kenapa harus marah?

Menurut catatan Forum Masyarakat Peduli Budaya Indonesia (Formasbudi), setidaknya saat ini sudah ada sepuluh kebudayaan Indonesia yang pernah diklaim Malaysia.

Kesepuluh budaya Indonesia yang diklaim tersebut adalah Batik, Lagu Rasa Sayange, Reog Ponorogo, Wayang Kulit, Kuda Lumping, Rendang Padang, Keris, Angklung, Tari Pendet dan Tari Piring, serta Gamelan Jawa.

Keberadaan Lumpia Semarang telah diakui Pemerintah Indonesia sebagai warisan budaya nasional. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jateng sendiri akan mengusulkan ke Unesco agar mendapat pengakuan dunia internasional sebagai warisan budaya dunia yang berasal dari Indonesia.

"Lumpia Semarang adalah jajanan olahan yang berasal dari Rebung atau tunas bambu muda yang dibuat dan dipelopori oleh Tjoa Thay Joe, seorang warga keturunan Tionghoa yang menetap di Semarang dan kemudian menikah dengan wanita pribumi bernama Mbok Wasi pada tahun 1870," tutur Rahmulyo yang merupakan Komisi Informasi Provinsi Jawa Tengah (Jateng) ini.

Di tempat yang sama, hadir juga pengrajin dan pengusaha Lumpia Semarang, Cik Me Me mengatakan, Malaysia memang seringkali  mengklaim berbagai kultur seni budaya Indonesia sebagai milik mereka. Agar Lumpia Semarang ke depan tak diklaim mendadak oleh Malaysia bagaimana caranya.

Berbagi Ke Lainnya