Anda Perlu Mengetahui Fakta Ini

Pentingnya Medical Check-Up

Mengobati penyakit sejak dini akan memeberikan kemungkinan penyembuhan lebih baik dan total biaya perawatan yang lebih sedikit.
Untuk itu Medical Check-Up dianggap penting guna mengetahui status kesehatan sejak dini.
Medical Check-Up adalah pemariksaan kesehatan yang dilakukan pada seseorang yang belum menunjukan keluhan atau gejala penyakit tertentu, tujuanya untuk mengetahui status kesehatan orang tersebut. Komponen meliputi anamnesis riwayat kesehatan lengkap, pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan penunjang yang mendukung.

Pemeriksaan kesehatan ini disarankan dimulai pada usia 35 tahun. Bila hasil awal normal, maka pengulangan selanjutnya adalah sekitar 2-3 tahun sekali. Hal ini dilakukan karena banyak banyak penyakit metabolic yang tidak memberikan gejala pada awalnya, sehingga deteksi dini sangat penting dilakukan.

Salah satu penyakit yang saat ini jumlahnya makin banyak dan penderitanya makin muda usianya adalah diabetes mellitus . Bagi kelompok yang beresiko disarankan untuk melakukan screening sedini mungkin.

Yang dianggap kelompok yang berisiko adalah : kegemukan-indeks massa tubuh (IMT) lebih dari 23 kg/m2 (IMT=hasil bagi BB dalam kg dengan kuadrat TB dalam meter), memiliki orang tua yang menderita diabetes, wanita yang pernah melahirkan bayi dengan BB lebih dari 4 kg, dan mereka yang dengan gaya hidup sedentary (kurang aktivitas fisik).
Diabetes sendiri sebetulnya ada 4 macam : diabetes tipe 1 (akibat kerusakan pankreas sehingga tidak bisa memproduksi insulin), tipe 2 (selalu berawal dari kegemukan dan resistensi insulin), diabetes dalam kehamilan, dan diabetes tipe lain (tidak bisa digolongkan pada ketiga jenis sebelumnya). Yang paling banyak dijumpai dan umum dikenal masyarakat adalah diabetes tipe 2. Pasien datang ke dokter umumnya dengan keluhan klasik berupa penurunan berat badan yang drastis, rasa sering haus, sering lapar, dan sering kencing. Selain itu, keluhan lain bisa berupa kelelahan, gangguan konsentrasi, pandangan mata kabur, dan rasa kesemutan pada kedua kaki. Saat muncul keluhan , sebenarnya fungsi pankreas sudah menurun sekitar 50%.

Selain diabetes , masih banyak penyakit metabolic lain yang muncul akibat pola makan dan gaya hidup yang kurang baik, seperti dislipidemia dan hipertensi.

Sudah tahu sekarang ? makanya mulai sekarang mulailah rencanakan jadwal medical check-up guna untuk mengetahui status kesehatan anda. Karena walaupun anda sekarang belum mempunyai keluhan apapun pada kesehatan anda tidak menjamin anda tidak terjangkit penyakit.


Semoga bermanfaat.  

Berbagi Ke Lainnya