Skip to main content

Anda Perlu Mengetahui Fakta Ini

Pentingnya Medical Check-Up

Mengobati penyakit sejak dini akan memeberikan kemungkinan penyembuhan lebih baik dan total biaya perawatan yang lebih sedikit.
Untuk itu Medical Check-Up dianggap penting guna mengetahui status kesehatan sejak dini.
Medical Check-Up adalah pemariksaan kesehatan yang dilakukan pada seseorang yang belum menunjukan keluhan atau gejala penyakit tertentu, tujuanya untuk mengetahui status kesehatan orang tersebut. Komponen meliputi anamnesis riwayat kesehatan lengkap, pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan penunjang yang mendukung.

Pemeriksaan kesehatan ini disarankan dimulai pada usia 35 tahun. Bila hasil awal normal, maka pengulangan selanjutnya adalah sekitar 2-3 tahun sekali. Hal ini dilakukan karena banyak banyak penyakit metabolic yang tidak memberikan gejala pada awalnya, sehingga deteksi dini sangat penting dilakukan.

Salah satu penyakit yang saat ini jumlahnya makin banyak dan penderitanya makin muda usianya adalah diabetes mellitus . Bagi kelompok yang beresiko disarankan untuk melakukan screening sedini mungkin.

Yang dianggap kelompok yang berisiko adalah : kegemukan-indeks massa tubuh (IMT) lebih dari 23 kg/m2 (IMT=hasil bagi BB dalam kg dengan kuadrat TB dalam meter), memiliki orang tua yang menderita diabetes, wanita yang pernah melahirkan bayi dengan BB lebih dari 4 kg, dan mereka yang dengan gaya hidup sedentary (kurang aktivitas fisik).
Diabetes sendiri sebetulnya ada 4 macam : diabetes tipe 1 (akibat kerusakan pankreas sehingga tidak bisa memproduksi insulin), tipe 2 (selalu berawal dari kegemukan dan resistensi insulin), diabetes dalam kehamilan, dan diabetes tipe lain (tidak bisa digolongkan pada ketiga jenis sebelumnya). Yang paling banyak dijumpai dan umum dikenal masyarakat adalah diabetes tipe 2. Pasien datang ke dokter umumnya dengan keluhan klasik berupa penurunan berat badan yang drastis, rasa sering haus, sering lapar, dan sering kencing. Selain itu, keluhan lain bisa berupa kelelahan, gangguan konsentrasi, pandangan mata kabur, dan rasa kesemutan pada kedua kaki. Saat muncul keluhan , sebenarnya fungsi pankreas sudah menurun sekitar 50%.

Selain diabetes , masih banyak penyakit metabolic lain yang muncul akibat pola makan dan gaya hidup yang kurang baik, seperti dislipidemia dan hipertensi.

Sudah tahu sekarang ? makanya mulai sekarang mulailah rencanakan jadwal medical check-up guna untuk mengetahui status kesehatan anda. Karena walaupun anda sekarang belum mempunyai keluhan apapun pada kesehatan anda tidak menjamin anda tidak terjangkit penyakit.


Semoga bermanfaat.  

Popular posts from this blog

Kata Ucapan Selamat Ulang Tahun Bahasa Jawa

Kadang untuk menghormati orang tua, kita ingin mengucapkan ucapan selamat ulang tahun dalam bahasa jawa kromo inggil agar terlihat lebih sopan.

Bagi yang mencari kata atau kalimat ucapan ultah bahasa jawa untuk orang tua silahkan:


Ngaturaken Sugeng Tanggap Warsa kagem........ Mugio panjenengan pinaringan wilujeng selamet lan lumebering rejeki kaliyan pinaringan kasihatan dening Ingkang Murbeng Dumadi, Allah SWT.

Sugeng Tanggap Warsa Dumateng…. Mugi Gusti paring panjang yuswo ingkang barokah, Mugi Gusti tansah midangetaken pandonga (bapak/ibu dll), paring bagas kasarasan lan katentreman.

Nderek ngaturaken sugeng tanggap warso dumateng Ibu/bapak. Mugi tansah pinaringan sehat soho kaberkahan deneng Gusti Allah.

Sugeng tanggap warso kagem......, mugi Alloh swt mengalirkan kanugerahan ingkang wilujeng, tentunya adalah dimudahkan dalam segala urusan di dunia dan akhirat.

Sugeng tanggap warsa nggih para sedherek (jika lebih dari 1 orang), mugi tansah binerkahan, kaparingan panjang yuswa, lan reje…

MENGENAL OBAT BATUK CODEIN 20 MG

Anak anda suka jika minum obat batuk? Atau jika minum obat batuk langsung anteng? Maka anda perlu waspada.


Salah satu jenis obat batuk yang sering diberikan oleh dokter adalah Kodein. Yuk kita bedah sedikit kodein di sini.


Kodein merupakan analgesik agonis opioid (agonis opioid merupakan obat opioid yang menyerupai morfin yang dapat mengaktifkan reseptor, tertama pada reseptor m, dan mungkin pada reseptor k contoh ; morfin, papaveretum, petidin, fentanil, alfentanil, sufentanil, remifentanil, kodein, alfaprodin).

Ucapan Idul Fitri Bahasa Jawa Kromo Inggil

Lebaran atau idul fitri sebentar lagi. Di jawa terkenal dengan tradisi sungkeman. Nah biasanya anak-anak muda nih pada kurang fasih berbahasa jawa kromo inggil.

Ini dia contoh ucapan idul fitri dalam bahasa jawa  kromo inggil:

Kepareng matur dhumateng …….. [bapak/ibu/simbah/kang mas/dll], kulo ngaturaken sugeng riyadi, ngaturaken sedaya lepat nyuwun pangapunten, kaping tiga nyuwun donga pangestunipun supados kula saged dados putra ingkang sholeh, migunani dhateng agami, nusa, bangsa, lan nagari, lancar anggenipun pados ilmu ingkang manfaat, gampil anggenipun pados rejeki ingkang halal lan thayyib, saha sukses nglampahi gesang ing donya lan akhirat.


Dalam bahasa Indonesia, artinya:

Perkenankan saya bertutur kepada …….. [ayah/ibu/nenek/dll], saya mengucapkan selamat idul fitri, mohon maaf atas segala salah dan khilaf, yang ketiga mohon doa restunya agar saya jadi anak yang shaleh, berguna untuk agama, nusa, bangsa, dan negara, lancar dalam menuntut ilmu yang bermanfaat, mudah dalam men…