Manfaat Kolang-Kaling Bagi Kesehatan Tubuh

Tiap Ramadan sering bertemu dengan buah yang bernama kolang-kaling. Biasanya ada di kolak atau olahan lainnya.

Tetapi, apakah anda tahu apa manfaat lain dari buah yang berasal dari pohon enau atau aren ini. Konon katanya, buah yang memiliki bentuk yang menarik ini juga banyak manfaatnya bagi kesehatan.

Manfaat Kolang Kaling untuk tubuh
1. Memperkuat Tulang
Ketika membicarakan soal nutrisi untuk memperkuat tulang, banyak dari anda yang sepakat bahwa susu adalah minuman sehat yang bisa digunakan untuk memperoleh tulang yang kuat karena susu banyak mengandung kalsium yang bisa membuat tulang menjadi sehat. Namun, ternyata ada makanan lain yang bisa anda andalkan untuk memperkuat tulang, yaitu buah kolang kaling. Manfaat kolang kaling untuk mendapatkan tulang sehat telah terbukti karena dalam 100 gram kolang kaling, anda bisa mendapatkan 91 kalsium yang bermanfaat untuk memperkuat tulang. Jadi, konsumsi kolang kaling secara rutin saat anda ingin tulang anda tak mudah keropos.

2. Makanan Untuk Diet Sehat
Diet sehat biasanya sering dilakukan oleh orang yang mengalami obesitas. Tak gampang melakukan diet karena orang yang memiliki berat badan berlebih harus menemukan makanan dan minuman yang sehat dan juga bisa membuat mereka kenyang dalam waktu yang lama. Nah, apabila anda bingung mencari asupan makanan untuk diet, cobalah memasukkan buah kolang kaling ke dalam daftar makanan diet anda. Manfaat kolang kaling salah satunya bisa mengenyangkan anda dalam waktu yang lama karena buah yang berasal dari pohon enau ini memiliki kandungan minuman dan gelatin dalam jumlah yang banyak.

3. Memperlancar Pencernaan
Bisakah anda bayangkan jika organ pencernaan anda terhambat kerjanya. Yang ada perut anda pastilah akan merasa tak enak karena kotoran dalam tubuh tak bisa dikeluarkan dengan lancar. Nah, apabila anda ingin pencernaan anda lancar, konsumsilah buah kolang kaling paling tidak 10 butir setiap hari. Manfaat kolang kaling salah satunya memang untuk memperlancar pencernaan atau mengatasi sembelit karena di dalam buah yang kenyal tersebut mengandung banyak serat. Bukankah serat bisa membuat pencernaan anda menjadi lancar?

4. Mengatasi Radang Sendi
Radang pada sendi pastilah akan membuat anda merasa tersiksa karena setiap saat anda bisa terserang nyeri pada daerah sendi. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Salah satunya cobalah khasiat kolang kaling yang konon katanya bisa meredakan radang pada sendi. Buah dari pohon aren tersebut mengandung zat yang bernama galaktomanan yang bisa membuat radang sendi semakin hari semakin terobati. Tentunya, jika anda mau membuktikan manfaat kolang kaling untuk kesehatan sendi, anda harus mau mengkonsumsinya secara rutin, minimal 100 gram kolang kaling setiap hari dengan hanya merebusnya tanpa gula dan tanpa pewarna.

5.Mengobati Gatal-Gatal Pada Kulit
Gatal-gatal memang bukan penyakit yang membahayakan kesehatan. Namun, gatal-gatal pada kulit pastilah akan menyiksa penderitanya. Gatal-gatal memang tak bisa ditebak kedatangannya. Nah, bagi anda yang sudah terlanjur terserang gatal-gatal, tak ada salahnya anda mencoba pengobatan herbal dengan mencoba manfaat kolang kaling. Kolang kaling ini rupanya bisa digunakan untuk mengatasi gatal-gatal. Caranya, anda hanya butuh getah kolang kalingnya saja untuk mengatasi gatal-gatal pada kulit. Cukup lakukan secara rutin agar hasilnya segera terlihat. Semoga informasi tentang manfaat kolang kaling untuk kesehatan di atas bermanfaat bagi para pembaca. (ri)

Berbagi Ke Lainnya