Skip to main content

Orang Jepang Bos Properti Jadi Mualaf Setelah Membangun Masjid Untuk Karyawannya

Kulitnya tak seterang orang-orang Jepang lainnya yang saat itu tengah berkumpul menghadiri seremoni peletakan batu pertama pembangunan Enso Hotel di kawasan industri MM2100, Cibitung, Bekasi, Jawa Barat.

Kendati demikian, ada satu ciri khas yang membuatnya istimewa dan menjadi pembeda dari orang Jepang lainnya, yakni janggut hitam tipis yang menghias dagunya.

Dialah Yoshihiro Kobi. Bos PT Bekasi Fajar Industrial Estate Tbk ini menyita perhatian para undangan saat membaca bismillah dan salam sebelum membuka pidatonya. Masih terbata memang, tetapi hal itu sudah dengan jelas menunjukkan bahwa Kobi adalah seorang Muslim.

Dia berkisah, perkenalannya dengan Islam diawali pada tahun 1990-an saat raksasa Jepang, Marubeni Corporation, memulai kolaborasi dengan Manunggal Group dalam melakukan studi kelayakan untuk membangun kawasan industri besar di Cibitung.

"Saat itu belum ada masjid, sementara saya tahu, mayoritas pekerja kami dan juga masyarakat Indonesia adalah Muslim. Untuk itu, saya mulai mendesain bagaimana membangun masjid sebagai fasilitas pelengkap kawasan industri ini," papar Kobi kepada Kompas.com, Senin (15/6/2015).

Kobi tak sekadar mendesain, tetapi juga mengawasi pembangunan masjid tersebut. Dia juga memastikan kualitas materialnya, dan secara presisi mengatur letak arah kiblat, letak mihrab, letak tempat wudhu, toilet, dan juga kebutuhan lainnya.

Ketika masjid tersebut berdiri megah, menjadi haluan para pekerja kepada Pencipta-Nya, Kobi pun tertarik untuk mendalami ajaran Islam. Kobi benar-benar jatuh cinta pada Islam dan menjadi muslim ketika menyaksikan para karyawannya shalat Jumat.

Melihat Kobi berdiri di shaf terakhir, imam masjid yang bertugas saat itu menghampirinya dan mengajaknya shalat. Kobi pun membulatkan tekad membaca dua kalimat syahadat dan memeluk Islam pada tahun 2006.

"Saya dengan kesadaran sendiri memeluk agama ini, demikian juga istri dan anggota keluarga saya lainnya," ungkap Kobi bersemangat saat menceritakan titik balik perjalanan hidupnya.

Alhasil, sudah sembilan tahun Kobi menjadi Muslim kafah. Menurut dia, kendati baru memeluk Ad-Dien, Kobi sudah dua kali umrah ke tanah suci, Mekkah, bersama keluarga. Dia juga rajin shalat dan puasa sunah.

"Menjadi Muslim, saya melatih kesabaran. Ini sangat bermanfaat dalam saya menjalankan roda bisnis perusahaan. Bisnis properti saya tekuni juga dengan sabar," tandas pria yang selalu tersenyum ini.

Popular posts from this blog

Kata Ucapan Selamat Ulang Tahun Bahasa Jawa

Kadang untuk menghormati orang tua, kita ingin mengucapkan ucapan selamat ulang tahun dalam bahasa jawa kromo inggil agar terlihat lebih sopan.

Bagi yang mencari kata atau kalimat ucapan ultah bahasa jawa untuk orang tua silahkan:


Ngaturaken Sugeng Tanggap Warsa kagem........ Mugio panjenengan pinaringan wilujeng selamet lan lumebering rejeki kaliyan pinaringan kasihatan dening Ingkang Murbeng Dumadi, Allah SWT.

Sugeng Tanggap Warsa Dumateng…. Mugi Gusti paring panjang yuswo ingkang barokah, Mugi Gusti tansah midangetaken pandonga (bapak/ibu dll), paring bagas kasarasan lan katentreman.

Nderek ngaturaken sugeng tanggap warso dumateng Ibu/bapak. Mugi tansah pinaringan sehat soho kaberkahan deneng Gusti Allah.

Sugeng tanggap warso kagem......, mugi Alloh swt mengalirkan kanugerahan ingkang wilujeng, tentunya adalah dimudahkan dalam segala urusan di dunia dan akhirat.

Sugeng tanggap warsa nggih para sedherek (jika lebih dari 1 orang), mugi tansah binerkahan, kaparingan panjang yuswa, lan reje…

MENGENAL OBAT BATUK CODEIN 20 MG

Anak anda suka jika minum obat batuk? Atau jika minum obat batuk langsung anteng? Maka anda perlu waspada.


Salah satu jenis obat batuk yang sering diberikan oleh dokter adalah Kodein. Yuk kita bedah sedikit kodein di sini.


Kodein merupakan analgesik agonis opioid (agonis opioid merupakan obat opioid yang menyerupai morfin yang dapat mengaktifkan reseptor, tertama pada reseptor m, dan mungkin pada reseptor k contoh ; morfin, papaveretum, petidin, fentanil, alfentanil, sufentanil, remifentanil, kodein, alfaprodin).

Ucapan Idul Fitri Bahasa Jawa Kromo Inggil

Lebaran atau idul fitri sebentar lagi. Di jawa terkenal dengan tradisi sungkeman. Nah biasanya anak-anak muda nih pada kurang fasih berbahasa jawa kromo inggil.

Ini dia contoh ucapan idul fitri dalam bahasa jawa  kromo inggil:

Kepareng matur dhumateng …….. [bapak/ibu/simbah/kang mas/dll], kulo ngaturaken sugeng riyadi, ngaturaken sedaya lepat nyuwun pangapunten, kaping tiga nyuwun donga pangestunipun supados kula saged dados putra ingkang sholeh, migunani dhateng agami, nusa, bangsa, lan nagari, lancar anggenipun pados ilmu ingkang manfaat, gampil anggenipun pados rejeki ingkang halal lan thayyib, saha sukses nglampahi gesang ing donya lan akhirat.


Dalam bahasa Indonesia, artinya:

Perkenankan saya bertutur kepada …….. [ayah/ibu/nenek/dll], saya mengucapkan selamat idul fitri, mohon maaf atas segala salah dan khilaf, yang ketiga mohon doa restunya agar saya jadi anak yang shaleh, berguna untuk agama, nusa, bangsa, dan negara, lancar dalam menuntut ilmu yang bermanfaat, mudah dalam men…