12 Makanan Yang Bisa Membuat Gigi Putih

Selain menyikat gigi, flossing dan kunjungan ke dokter gigi secara teratur, makan jenis makanan tertentu dapat memperkuat email gigi, mencegah gigi berlubang, menangkal penyakit gusi, bahkan memutihkan gigi kita. Berikut 12 makanan yang dapat memutihkan gig dikutip dari Intisari-Online.com:

1. Keju
Selain mengandung kalsium yang dapat memperkuat tulang, keju juga mengandung asam laktat yang berfungsi mencegah kerusakan gigi. Keju juga bisa menetralkan perubahan warna pada gigi yang berasal dari makanan lain.

2. Stroberi
Stroberi membantu menyeimbangkan kadar PH dalam tubuh kita, yang mana bagus juga untuk gigi. Stroberi memiliki biji-biji kecil yang berfungsi sebagai scrubbers untuk menghilangkan bakteri.

3. Apel
Malic acid, bahan yang bisa ditemukan di produk pemutih gigi ini ternyata juga ditemukan di buah apel. Meskipun mengandung asam yang dapat merusak gigi, namun tekstur kasar dalam buah apel bisa juga membersihkan gigi. Menurut Paula Simpson, ahli kosmetik dan kecantikan Toronto, ada baiknya menambahkan keju ketika makan apel untuk melawan asamnya.

4. Jahe
Berdasarkan jurnal penelitian Phytotheraphy, jahe sangat efektif dalam membunuh bateri yang ada di dalam mulut serta melindungi gusi dari penyakit.

5. Nanas
Bromelain, enzim yang berada pada nanas, membantu membersihkan dan menghilangkan plak-plak yang ada pada gigi. Nanas juga bisa menghasilkan air liur lebih banyak yang dapat melawan kerusakan pada gigi.

6. Wortel
Tekstur kasar dan kadar air yang tinggi pada wortel dapat membantu untuk merangsang air liur, membersihkan partikel makanan dari mulut, dan mengurangi jumlah plak yang akhirnya membuat gigi lebih putih.

7. Daun kemangi
Makanan lain yang dapat memutihkan gigi adalah daun kemangi. Antibiotik alami ini dapat mengurangi bakteri dalam mulut.

8. Salmon
Salmon kaya akan kalsium dan vitamin D yang membuat gigi tetap kuat.

9. Biji wijen
Kacang dan biji-bijian memang kaya akan kalsium, namun biji wijen ternyata juga dapat membersihkan plak-plak yang ada di gigi.

10. Jamur shitake
Berdasarkan studi Pediatric Caries Research Foundation di Australia, senyawa aktif yang ditemukan pada jamur shitake menghalangi bakteri tumbuh di dalam mulut.

11. Teh
Terlalu banyak minum teh dapat menodai gigi, namun jika hanya minum sedikit, the bisa menjaga mulut kita tetap sehat. Baik teh hitam maupun teh hijau memiliki antioksidan bernama catechin yang dapat menghalau bakteri gigi.

12. Lemon
Lemon membantu menyeimbangkan jumlah PH dalam tubuh, meningkatkan jumlah air liur dan juga pemutih gigi alami. Namun, karena lemon mengandung asam, ia juga dapat merusak gigi apabila terlalu sering mengonsumsinya. Tanyakan kepada dokter berapa jumlah yang pas untuk gigi kita.

Itulah 12 makanan yang dapat memutihkan gigi. 
 

Berbagi Ke Lainnya