Skip to main content

Penyebab Musibah Mina Jamaah Haji Iran?

Harian terkemuka al Syarq al Awsath (26/9) merilis pernyataan dari penanggung jawab delegasi jamaah haji Iran: Tindakan Lawan Arus 300 Jamaah Haji Iran Penyebab Musibah di Mina.

Seorang penanggung jawab jamaah haji Iran di lembaga haji Iran, mengungkapkan pada 'al Syarq al Awsath' bahwa 300 jamaah haji Iran telah menyalahi briefing yang disampaikan sehingga menyebabkan peristiwa 'tabrakan' jamaah di jalan 204 Mina yang mengorbankan 717 orang meninggal dan melukai 863 lainnya jamaah haji dari berbagai negara.

Penanggung jawab jamaah haji Iran yang namanya dirahasiakan wartawan 'al Syarq al Awsath' menambahkan bahwa kronologis kesalahan rombongan jamaah haji Iran tersebut dimulai sejak bertolak dari Muzdalifah Kamis pagi (24/9) langsung menuju tempat melontar jumrah.

Rombongan tidak mampir ke perkemahan dulu seperti prosedur biasa yang sudah dilaksanakan untuk menyimpan barang dan menunggu jadwal melempar sehingga mereka berjalan melawan arus di jalan 204 Mina.

Penanggung jawab tersebut menambahkan bahwa rombongan jamaah haji Iran yang terdiri dari 300 jamaah, tidak mematuhi arahan agar menunggu di kemah baru kemudian berangkat melempar jumrah sesuai jadwal. Akhirnya rombongan memutuskan kembali dengan melawan arus yang menyebabkan terjadi tabrakan dengan gelombang jamaah dari arah berlawanan. Dikatakan bahwa rombongan berhenti sejenak, akibatnya terjadi tarikan dan dorongan di jalan yang lebarnya sekitar 20 meter. Keadaan semakin buruk setelah rombongan jamaah Iran tersebut melakukan gerakan 'melawan arus'. Akhirnya terjadilah musibah tersebut.

Wartawan al Syarq al Awsath kemudian merujuk kamera CCTV yang ada di terowongan menuju jumrah, untuk memastikan kekeliruan posisi jamaah Iran. Akhirnya jamaah Iran mengakui hal ini setelah beberapa jam musibah terjadi.

Sesuai aturan muasasah pengurusan jamaah haji yang telah diterima semua pengendali jamaah untuk berkordinasi dengan semua pihak terkait, Pihak pengendali jamaah wajib memastikan keberangkatan seluruh jamaah dari muzdalifah menuju Mina dan setibanya di Mina.

Seluruh jamaah yang tahun ini berjumlah 1,3 juta wajib memasuki area perkemahan. Tujuannya agar jamaah dapat beristirahat dan mengumpulkan tenaga pasca perjalanan dari muzdalifah.

Kemudian ada pembagian kelompok yang dikordinasikan oleh pengendali tiap-tiap negara, pembimbing jamaah dan muthowwif utk persiapan melempar.

Juklak dan juknis disesuaikan dengan aturan pengendali jamaah, hal ini juga berlaku bagi delegasi jamaah dari Iran dan seluruh delegasi negara.

Sementara itu juru bicara pihak keamanan Kementerian Dalam Negeri Saudi, jendral Manshur Atturky mengatakan kepada al Syarq al Awsath bahwa adanya pengaturan kelompok sebagai panduan keamanan untuk mengatur jamaah haji di kota Mekah untuk menjamin keselamatan mereka sepanjang tahun.

Beliau menjelaskan bahaw panduan ini melingkupi panduan pergerakan jamaah dalam jumlah yang sangat besar selama pelaksanaan ibadah haji yang selaras dengan batasan waktu dan tempat yang ditetapkan syariat ataupun panduan untuk jamaah Umrah yang datang pada bulan Ramadhan.

Sumber: al Syarq al Awsath
Penerjemah: @TurmudziDm

Popular posts from this blog

Kata Ucapan Selamat Ulang Tahun Bahasa Jawa

Kadang untuk menghormati orang tua, kita ingin mengucapkan ucapan selamat ulang tahun dalam bahasa jawa kromo inggil agar terlihat lebih sopan.

Bagi yang mencari kata atau kalimat ucapan ultah bahasa jawa untuk orang tua silahkan:


Ngaturaken Sugeng Tanggap Warsa kagem........ Mugio panjenengan pinaringan wilujeng selamet lan lumebering rejeki kaliyan pinaringan kasihatan dening Ingkang Murbeng Dumadi, Allah SWT.

Sugeng Tanggap Warsa Dumateng…. Mugi Gusti paring panjang yuswo ingkang barokah, Mugi Gusti tansah midangetaken pandonga (bapak/ibu dll), paring bagas kasarasan lan katentreman.

Nderek ngaturaken sugeng tanggap warso dumateng Ibu/bapak. Mugi tansah pinaringan sehat soho kaberkahan deneng Gusti Allah.

Sugeng tanggap warso kagem......, mugi Alloh swt mengalirkan kanugerahan ingkang wilujeng, tentunya adalah dimudahkan dalam segala urusan di dunia dan akhirat.

Sugeng tanggap warsa nggih para sedherek (jika lebih dari 1 orang), mugi tansah binerkahan, kaparingan panjang yuswa, lan reje…

MENGENAL OBAT BATUK CODEIN 20 MG

Anak anda suka jika minum obat batuk? Atau jika minum obat batuk langsung anteng? Maka anda perlu waspada.


Salah satu jenis obat batuk yang sering diberikan oleh dokter adalah Kodein. Yuk kita bedah sedikit kodein di sini.


Kodein merupakan analgesik agonis opioid (agonis opioid merupakan obat opioid yang menyerupai morfin yang dapat mengaktifkan reseptor, tertama pada reseptor m, dan mungkin pada reseptor k contoh ; morfin, papaveretum, petidin, fentanil, alfentanil, sufentanil, remifentanil, kodein, alfaprodin).

Ucapan Idul Fitri Bahasa Jawa Kromo Inggil

Lebaran atau idul fitri sebentar lagi. Di jawa terkenal dengan tradisi sungkeman. Nah biasanya anak-anak muda nih pada kurang fasih berbahasa jawa kromo inggil.

Ini dia contoh ucapan idul fitri dalam bahasa jawa  kromo inggil:

Kepareng matur dhumateng …….. [bapak/ibu/simbah/kang mas/dll], kulo ngaturaken sugeng riyadi, ngaturaken sedaya lepat nyuwun pangapunten, kaping tiga nyuwun donga pangestunipun supados kula saged dados putra ingkang sholeh, migunani dhateng agami, nusa, bangsa, lan nagari, lancar anggenipun pados ilmu ingkang manfaat, gampil anggenipun pados rejeki ingkang halal lan thayyib, saha sukses nglampahi gesang ing donya lan akhirat.


Dalam bahasa Indonesia, artinya:

Perkenankan saya bertutur kepada …….. [ayah/ibu/nenek/dll], saya mengucapkan selamat idul fitri, mohon maaf atas segala salah dan khilaf, yang ketiga mohon doa restunya agar saya jadi anak yang shaleh, berguna untuk agama, nusa, bangsa, dan negara, lancar dalam menuntut ilmu yang bermanfaat, mudah dalam men…