Skip to main content

Pikiran Terbuka vs Pikiran Tertutup

Pria Nugraha , Perbedaan opini adalah bagian dari kehidupan bersosial. Namun perbedaan fundamental antara seseorang yang berpikiran terbuka dengan orang yang berpikiran tertutup adalah penerimaan akan fakta tersebut dan pengertian bahwa hal tersebut adalah lumrah.

Pikiran Terbuka

Orang dengan pekiran terbuka menikmati perbedaan orang lain, apapun sudut pandang mereka. Keterbukaan pikiran adalah tentang penerimaan terhadap berbagai prinsip dan opini. Dan karena pikiran mereka terbuka, mereka terbuka dengan segala wawasan, kemungkinan dan sudut pandang yang ada diluar sana, walau mungkin berbeda dengan apa yang mereka percayai.
 
Mereka tahu untuk tidak men-judge orang lain, karena mereka sadar bahwa mereka juga memiliki opini sendiri dan alasan mengapa mereka memiliki opini tersebut. Konsep mereka adalah ' kamu punya opinimu, dan aku punya opiniku'. Agree to disagree.

Pikiran Tertutup

Orang dengan pikiran tertutup tidak akan memahami konsep tersebut, karena mereka merasa bahwa apapun yang mereka percayai adalah satu-satunya yang benar dan mereka ingin orang lain mengikutinya.

Karenanya mereka harus menyampaikan kemarahan, kebencian dan perlawanan yang terang-terangan terhadap apapun yang tidak sejalan dengan pemikiran mereka. Karena pemikiran mereka tertutup, mereka tidak terbuka terhadap opini yang berbeda dan apa yang mereka bicarakan hanyalah itu-itu saja yang berkaitan dengan prinsip-prinsip yang mereka yakini.

Suatu prinsip atau opini merupakan hasil dari pemikiran dan perjalanan panjang yang terkadang pahit bagi seseorang, sehingga hal itu merupakan sesuatu yang personal dan sensitif. Dan kita harus menghargai opini dan prinsip orang lain, seperti kita menghargai  opini dan prinsip kita sendiri.

Pilih yang mana broe, berpikiran terbuka? atau tertutup? semua pilihan ditangan anda. 

Popular posts from this blog

Kata Ucapan Selamat Ulang Tahun Bahasa Jawa

Kadang untuk menghormati orang tua, kita ingin mengucapkan ucapan selamat ulang tahun dalam bahasa jawa kromo inggil agar terlihat lebih sopan.

Bagi yang mencari kata atau kalimat ucapan ultah bahasa jawa untuk orang tua silahkan:


Ngaturaken Sugeng Tanggap Warsa kagem........ Mugio panjenengan pinaringan wilujeng selamet lan lumebering rejeki kaliyan pinaringan kasihatan dening Ingkang Murbeng Dumadi, Allah SWT.

Sugeng Tanggap Warsa Dumateng…. Mugi Gusti paring panjang yuswo ingkang barokah, Mugi Gusti tansah midangetaken pandonga (bapak/ibu dll), paring bagas kasarasan lan katentreman.

Nderek ngaturaken sugeng tanggap warso dumateng Ibu/bapak. Mugi tansah pinaringan sehat soho kaberkahan deneng Gusti Allah.

Sugeng tanggap warso kagem......, mugi Alloh swt mengalirkan kanugerahan ingkang wilujeng, tentunya adalah dimudahkan dalam segala urusan di dunia dan akhirat.

Sugeng tanggap warsa nggih para sedherek (jika lebih dari 1 orang), mugi tansah binerkahan, kaparingan panjang yuswa, lan reje…

MENGENAL OBAT BATUK CODEIN 20 MG

Anak anda suka jika minum obat batuk? Atau jika minum obat batuk langsung anteng? Maka anda perlu waspada.


Salah satu jenis obat batuk yang sering diberikan oleh dokter adalah Kodein. Yuk kita bedah sedikit kodein di sini.


Kodein merupakan analgesik agonis opioid (agonis opioid merupakan obat opioid yang menyerupai morfin yang dapat mengaktifkan reseptor, tertama pada reseptor m, dan mungkin pada reseptor k contoh ; morfin, papaveretum, petidin, fentanil, alfentanil, sufentanil, remifentanil, kodein, alfaprodin).

Ucapan Idul Fitri Bahasa Jawa Kromo Inggil

Lebaran atau idul fitri sebentar lagi. Di jawa terkenal dengan tradisi sungkeman. Nah biasanya anak-anak muda nih pada kurang fasih berbahasa jawa kromo inggil.

Ini dia contoh ucapan idul fitri dalam bahasa jawa  kromo inggil:

Kepareng matur dhumateng …….. [bapak/ibu/simbah/kang mas/dll], kulo ngaturaken sugeng riyadi, ngaturaken sedaya lepat nyuwun pangapunten, kaping tiga nyuwun donga pangestunipun supados kula saged dados putra ingkang sholeh, migunani dhateng agami, nusa, bangsa, lan nagari, lancar anggenipun pados ilmu ingkang manfaat, gampil anggenipun pados rejeki ingkang halal lan thayyib, saha sukses nglampahi gesang ing donya lan akhirat.


Dalam bahasa Indonesia, artinya:

Perkenankan saya bertutur kepada …….. [ayah/ibu/nenek/dll], saya mengucapkan selamat idul fitri, mohon maaf atas segala salah dan khilaf, yang ketiga mohon doa restunya agar saya jadi anak yang shaleh, berguna untuk agama, nusa, bangsa, dan negara, lancar dalam menuntut ilmu yang bermanfaat, mudah dalam men…