Pikiran Terbuka vs Pikiran Tertutup

Pria Nugraha , Perbedaan opini adalah bagian dari kehidupan bersosial. Namun perbedaan fundamental antara seseorang yang berpikiran terbuka dengan orang yang berpikiran tertutup adalah penerimaan akan fakta tersebut dan pengertian bahwa hal tersebut adalah lumrah.

Pikiran Terbuka

Orang dengan pekiran terbuka menikmati perbedaan orang lain, apapun sudut pandang mereka. Keterbukaan pikiran adalah tentang penerimaan terhadap berbagai prinsip dan opini. Dan karena pikiran mereka terbuka, mereka terbuka dengan segala wawasan, kemungkinan dan sudut pandang yang ada diluar sana, walau mungkin berbeda dengan apa yang mereka percayai.
 
Mereka tahu untuk tidak men-judge orang lain, karena mereka sadar bahwa mereka juga memiliki opini sendiri dan alasan mengapa mereka memiliki opini tersebut. Konsep mereka adalah ' kamu punya opinimu, dan aku punya opiniku'. Agree to disagree.

Pikiran Tertutup

Orang dengan pikiran tertutup tidak akan memahami konsep tersebut, karena mereka merasa bahwa apapun yang mereka percayai adalah satu-satunya yang benar dan mereka ingin orang lain mengikutinya.

Karenanya mereka harus menyampaikan kemarahan, kebencian dan perlawanan yang terang-terangan terhadap apapun yang tidak sejalan dengan pemikiran mereka. Karena pemikiran mereka tertutup, mereka tidak terbuka terhadap opini yang berbeda dan apa yang mereka bicarakan hanyalah itu-itu saja yang berkaitan dengan prinsip-prinsip yang mereka yakini.

Suatu prinsip atau opini merupakan hasil dari pemikiran dan perjalanan panjang yang terkadang pahit bagi seseorang, sehingga hal itu merupakan sesuatu yang personal dan sensitif. Dan kita harus menghargai opini dan prinsip orang lain, seperti kita menghargai  opini dan prinsip kita sendiri.

Pilih yang mana broe, berpikiran terbuka? atau tertutup? semua pilihan ditangan anda. 

Berbagi Ke Lainnya