Daftar Kabupaten dan Kota Peraih Piala Adipura 2015

Sejumlah daerah di Indonesia memastikan meraih piala Adipura tahun 2015 yaitu Kota Bandung, Banjarmasin, Makassar, Kabupaten Bulukumba, Maros, Parepare dan Boyolali.

Sudah ada undangan penerimaan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan ke daerah masing masing. Sesuai isi undangan penyerahan Piala Adipura yang akan dilaksanakan di Hotel Bidakara, Pancoran Jakarta pada Senin (23/11/2015) pukul 19.00 WIB.


Beberapa daerah yang menerima Adipura 2015 adalah Kabupaten Bulukumba, beberapa daerah di SUlsel turut mendapat Piala Adipura seperti Kota Makassar, Palopo, Enrekang, Pare-pare, Bulukumba, Soppeng dan Maros. Di daerah lain seperti Kota Banjarmasin dan Kota Bandung juga dipastikan menerima Piala Adipura.


Piala Adipura tahun 2015 dibagi dalam 4 kategori yakni kota peraih anugerah Adipura Kencana. Piala ini diberikan kepada kota/ibukota kabupaten yang kinerja pengelolaan lingkungan beyond compliance. Ada tiga kota meraih piala ini. Selanjutnya kota peraih Anugerah Adipura yang diberikan kepada kota/ibukota kabupaten yang kinerja pengelolaan lingkungannya memenuhi kriteria anugerah Adipura.

Anugerah Adipura ini ada 65 kota yaitu 5 kota metropolitan, 3 kota kategori kota besar, 25 kota sedang, dan 32 kota kategori kota kecil. Selanjutnya kota peraih Sertifikat Adipura yang merupakan penghargaan kepada kota/ibukota kabupaten yang mengalami kenaikan nilai Adipura signifikan dibandingkan tahun sebelumnya. Peraih kota kategori ini ini ada 69 kota yaitu 1 kota kategori metropolitan, 3 kota kategori kota besar, 18 kota kategori sedang, dan 47 kota kategori kecil.

Terakhir kota Peraih Plakat Adipura yaitu penghargaan kepada lokasi terbaik sebanyak 17 kota dengan rincian taman kota terbaik 4 kota, pasar terbaik 3 kota, terminal terbaik 4 kota, hutan kota terbaik 4 kota dan TPA terbaik 3 kota.

Daftar lengkap diupdtae Senin 23 November 2015 malam.

Berbagi Ke Lainnya