Skip to main content

Dibalik Ribut Ribut Freeport

Ribut-ribut Freeport, SN, SS, ada apa sebenarnya?

Wakil Ketua Komisi VII DPR Satya Widya Yudha mengatakan permasalahan perpanjangan kontrak perusahaan yang mengelola sumber daya mineral dan batu bara (minerba) ada pada Undang-Undang Minerba.

Kontrak Freeport akan berakhir pada 2021. Namun renegosiasi perpanjangan kontrak tambang di Papua sampai tahun 2041sudah dilakukan. Padahal sesuai UU Minerba, perpanjangan baru boleh dilakukan dua tahun sebelum kontrak berakhir, atau 2019.

"Ada sisi hukum yg dg jelas mengatur. UU Minerba menyebut, perpanjangan kontrak @IDFreeport baru bs dilakukan 2 thn sblm masa jatuh tempo," Satya Yudha melalui akun twitternya @satyawidyayudha, Jumat (20/11).

Pemerintah, kata Satya, telah menyalahi aturan yang ada dalam UU Minerba. Seperti kasus pembuatan smelter PT Freeport yang harusnya selesai akhir tahun lalu.

"Makanya banyak sekali komponen di UU ini dilanggar semua, permasalahan saat ini sanksinya apa?" tegas dia, dikutip Metrotvnews.

Selengkapnya, berikut twit Satya Yudha:

1/ Selamat pagi. Soal perpanjangan @IDFreeport hingga hari ini msh trs jd polemik. Permasalahan ini tak dapat dilihat scr jernih dr sisi politik.

2/ Ada sisi hukum yg dg jelas mengatur. UU Minerba menyebut, perpanjangan kontrak @IDFreeport baru bs dilakukan 2 thn sblm masa jatuh tempo.

3/ Krn itu, ada dua jalan u/ menyelesaikan permasalahan Freeport, merevisi UU atau patuh dg UU. Nah, mekanis perubahan UU hrs lewat @DPR_RI.

4/ Mau siapapun yg bermain, tetap butuh @DPR_RI u/ ubah UU. Jadi, ada peraturan yg tidak bisa mendukung perpanjangan kontrak dilakukan hari ini (tapi harus nunggu 2019 -red).

5/ Sebenarnya (revisi) UU Minerba masuk dlm prolegnas tahun lalu. Karena tak bisa selesai tepat waktu, dimasukkan dalam prolegnas tahun depan.

6/ Perlu diingat, tujuan utama revisi UU Minerba adalah memperbaiki aturan pengelolaan minerba di Indonesia.

7/ UU Minerba mengatur perpindahan rezim kontrak karya perusahaan jd rezim izin. Peralihan ini dpt dilakukan 2tahun sebelum kontrak habis.

8/ UU Minerba tak mengatur perpanjangan kontrak sebuah perusahaan. Hal ini memang kekurangan UU Minerba yang kemungkinan masuk dalam revisi.

9/ Kami telah menawarkan solusi agar pemerintahan @jokowi - @Pak_JK menerbitkan Perppu, agar aktivitas dunia minerba saat ini tak cacat hukum.

10/ Perlu diingat, UU Minerba telah melarang adanya renegosiasi kontrak sejak 2010. Semoga bermanfaat.

Kenapa pemerintah sepertinya ngotot segera perpanjang kontrak freeport, tidak nunggu nanti tahun 2019? Beberapa pengamat menyatakan karena tahun 2019 adalah tahun pemilu, dan kalau perpanjangan Freeport tahun 2019 itu maka akan ada sentimen negatif dimana kebanyakan publik tidak setuju perpanjangan Freeport.

Kenapa ada ribut-ribut SN, SS, dan terkesan DPR dipojokkan? Karena revisi UU Minerba yang mengatur perpanjangan kontrak perusahaan minerba semacam Freeport bisa diubah. Dan DPR lah yang berwenang. Dengan kata lain DPR 'digembosi' dulu lewat drama SN-SS. Dengan harapan, Freeport yang keluar jadi pemenang.

Dan rakyat gigit jari.

Kata Menteri Koordonator Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya, Rizal Ramli, jika Freeport pergi dari Indonesia maka akan jadi 'durian runtuh' bagi negara.

"Kalau seandainya Freeport ngotot nggak mau penuhi, kembalikan kontrak karyanya. Karena Indonesia akan dapat duren runtuh, kenapa? Karna cadangan emas di Freeport itu," jelas Rizal ditemui di Hotel JW Luansa, Kuningan, Jakarta, Rabu (18/11/2015), kutip detikcom.

Rizal menegaskan, 'durian runtuh' tersebut bahkan bisa menyulap nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) saat ini menjadi hanya Rp 2.000.

"Saudara kebayang nggak, cadangan devisa emas Bank Indonesia (BI) hanya 100 ribu kg, China hanya beberapa juta kg, Freeport cadangan emasnya itu 16 juta kg. Bayangin setengahnya saja kita masukin ke dalam cadangan devisa BI, rupiah menguat ke berapa? Bisa menguat ke Rp 2.000 per dolar," ujarnya.

Popular posts from this blog

Kata Ucapan Selamat Ulang Tahun Bahasa Jawa

Kadang untuk menghormati orang tua, kita ingin mengucapkan ucapan selamat ulang tahun dalam bahasa jawa kromo inggil agar terlihat lebih sopan.

Bagi yang mencari kata atau kalimat ucapan ultah bahasa jawa untuk orang tua silahkan:


Ngaturaken Sugeng Tanggap Warsa kagem........ Mugio panjenengan pinaringan wilujeng selamet lan lumebering rejeki kaliyan pinaringan kasihatan dening Ingkang Murbeng Dumadi, Allah SWT.

Sugeng Tanggap Warsa Dumateng…. Mugi Gusti paring panjang yuswo ingkang barokah, Mugi Gusti tansah midangetaken pandonga (bapak/ibu dll), paring bagas kasarasan lan katentreman.

Nderek ngaturaken sugeng tanggap warso dumateng Ibu/bapak. Mugi tansah pinaringan sehat soho kaberkahan deneng Gusti Allah.

Sugeng tanggap warso kagem......, mugi Alloh swt mengalirkan kanugerahan ingkang wilujeng, tentunya adalah dimudahkan dalam segala urusan di dunia dan akhirat.

Sugeng tanggap warsa nggih para sedherek (jika lebih dari 1 orang), mugi tansah binerkahan, kaparingan panjang yuswa, lan reje…

MENGENAL OBAT BATUK CODEIN 20 MG

Anak anda suka jika minum obat batuk? Atau jika minum obat batuk langsung anteng? Maka anda perlu waspada.


Salah satu jenis obat batuk yang sering diberikan oleh dokter adalah Kodein. Yuk kita bedah sedikit kodein di sini.


Kodein merupakan analgesik agonis opioid (agonis opioid merupakan obat opioid yang menyerupai morfin yang dapat mengaktifkan reseptor, tertama pada reseptor m, dan mungkin pada reseptor k contoh ; morfin, papaveretum, petidin, fentanil, alfentanil, sufentanil, remifentanil, kodein, alfaprodin).

Ucapan Idul Fitri Bahasa Jawa Kromo Inggil

Lebaran atau idul fitri sebentar lagi. Di jawa terkenal dengan tradisi sungkeman. Nah biasanya anak-anak muda nih pada kurang fasih berbahasa jawa kromo inggil.

Ini dia contoh ucapan idul fitri dalam bahasa jawa  kromo inggil:

Kepareng matur dhumateng …….. [bapak/ibu/simbah/kang mas/dll], kulo ngaturaken sugeng riyadi, ngaturaken sedaya lepat nyuwun pangapunten, kaping tiga nyuwun donga pangestunipun supados kula saged dados putra ingkang sholeh, migunani dhateng agami, nusa, bangsa, lan nagari, lancar anggenipun pados ilmu ingkang manfaat, gampil anggenipun pados rejeki ingkang halal lan thayyib, saha sukses nglampahi gesang ing donya lan akhirat.


Dalam bahasa Indonesia, artinya:

Perkenankan saya bertutur kepada …….. [ayah/ibu/nenek/dll], saya mengucapkan selamat idul fitri, mohon maaf atas segala salah dan khilaf, yang ketiga mohon doa restunya agar saya jadi anak yang shaleh, berguna untuk agama, nusa, bangsa, dan negara, lancar dalam menuntut ilmu yang bermanfaat, mudah dalam men…