Skip to main content

Hebat, Kapal Berusia 25 Tahun Di-cat tulisan "TOL LAUT"


Lewat 1 tahun kalender (Oktober 2014 - Oktober 2015) tak ada prestasi berarti. Yang ada malah kelesuan ekonomi, hancurnya KPK, hancurnya PSSI, melemahnya Rupiah, rendahnya serapan anggaran, pengangguran meningkat, APBN terancam jebol.

Jelang 1 tahun anggaran (Januari - Desember 2015), nampaknya mulai kebelet.

TOL LAUT tiba-tiba mau ditunjukkan sebagai capaian. Ide TOL LAUT bukannya ide yang buruk. Tetapi, TOL LAUT itu tidak mungkin terbentuk dalam masa kerja hanya satu tahun. Butuh sekian pelabuhan yang harus selesai pembangunannya, atau peningkatan kapasitas bongkar-muat pada pelabuhan-pelabuhan yang sudah ada. Selain itu penyiapan SDM. Butuh ribuan SDM dengan kualifikasi dan kompetensi yang tinggi terkait bidang pelabuhan, perkapalan, pelayaran, dan layanan turunan lainnya. Tidak mungkin selesai dalam masa hanya setahun.

Nge-cat tulisan TOL LAUT besar-besar di lambung kapal adalah jalan pintasnya, rupanya. Kapal-kapal yang secara rutin sudah mondar-mandir di perairan negeri ini. Beginilah kalau pencitraan sudah menjadi kebutuhan.

[Canny Watae]

***

Pelni launching KM Caraka Jaya Niaga sebagai tol laut

Satu unit kapal Tol Laut milik PT Pelayaran Nasional (Persero)/Pelni, KM Caraka Jaya Niaga III-32, Rabu (4/11/2015) dilepas perdana pelayarannya di dermaga Jamrud selatan Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Kapal ini bagian dari tiga trayek dari 6 trayek “tol laut” yang dilepas bersamaan Menteri Perhubungan Ignasius Jonan dan Menteri Perdagangan Thomas Lembong.

Di Surabaya, KM Caraka Jaya Niaga III-32 berusia 25 tahun merupakan buatan PT PAL Indonesia. Kapal yang beroperasi sejak tahun 90-an tersebut akan melalui rute pergi-pulang (PP) Surabaya-Tual-Fak Fak, Kaimana dan Timika Papua. Kepala Kantor Cabang PT Pelni Surabaya Presda Simangasing mengatakan, kapal yang diluncurkan bagian dari tiga kapal Tol laut yangakan ditempatkan di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

http://www.lensaindonesia.com/2015/11/04/pelni-launching-km-caraka-jaya-niaga-sebagai-tol-laut.html

Popular posts from this blog

Kata Ucapan Selamat Ulang Tahun Bahasa Jawa

Kadang untuk menghormati orang tua, kita ingin mengucapkan ucapan selamat ulang tahun dalam bahasa jawa kromo inggil agar terlihat lebih sopan.

Bagi yang mencari kata atau kalimat ucapan ultah bahasa jawa untuk orang tua silahkan:


Ngaturaken Sugeng Tanggap Warsa kagem........ Mugio panjenengan pinaringan wilujeng selamet lan lumebering rejeki kaliyan pinaringan kasihatan dening Ingkang Murbeng Dumadi, Allah SWT.

Sugeng Tanggap Warsa Dumateng…. Mugi Gusti paring panjang yuswo ingkang barokah, Mugi Gusti tansah midangetaken pandonga (bapak/ibu dll), paring bagas kasarasan lan katentreman.

Nderek ngaturaken sugeng tanggap warso dumateng Ibu/bapak. Mugi tansah pinaringan sehat soho kaberkahan deneng Gusti Allah.

Sugeng tanggap warso kagem......, mugi Alloh swt mengalirkan kanugerahan ingkang wilujeng, tentunya adalah dimudahkan dalam segala urusan di dunia dan akhirat.

Sugeng tanggap warsa nggih para sedherek (jika lebih dari 1 orang), mugi tansah binerkahan, kaparingan panjang yuswa, lan reje…

MENGENAL OBAT BATUK CODEIN 20 MG

Anak anda suka jika minum obat batuk? Atau jika minum obat batuk langsung anteng? Maka anda perlu waspada.


Salah satu jenis obat batuk yang sering diberikan oleh dokter adalah Kodein. Yuk kita bedah sedikit kodein di sini.


Kodein merupakan analgesik agonis opioid (agonis opioid merupakan obat opioid yang menyerupai morfin yang dapat mengaktifkan reseptor, tertama pada reseptor m, dan mungkin pada reseptor k contoh ; morfin, papaveretum, petidin, fentanil, alfentanil, sufentanil, remifentanil, kodein, alfaprodin).

Ucapan Idul Fitri Bahasa Jawa Kromo Inggil

Lebaran atau idul fitri sebentar lagi. Di jawa terkenal dengan tradisi sungkeman. Nah biasanya anak-anak muda nih pada kurang fasih berbahasa jawa kromo inggil.

Ini dia contoh ucapan idul fitri dalam bahasa jawa  kromo inggil:

Kepareng matur dhumateng …….. [bapak/ibu/simbah/kang mas/dll], kulo ngaturaken sugeng riyadi, ngaturaken sedaya lepat nyuwun pangapunten, kaping tiga nyuwun donga pangestunipun supados kula saged dados putra ingkang sholeh, migunani dhateng agami, nusa, bangsa, lan nagari, lancar anggenipun pados ilmu ingkang manfaat, gampil anggenipun pados rejeki ingkang halal lan thayyib, saha sukses nglampahi gesang ing donya lan akhirat.


Dalam bahasa Indonesia, artinya:

Perkenankan saya bertutur kepada …….. [ayah/ibu/nenek/dll], saya mengucapkan selamat idul fitri, mohon maaf atas segala salah dan khilaf, yang ketiga mohon doa restunya agar saya jadi anak yang shaleh, berguna untuk agama, nusa, bangsa, dan negara, lancar dalam menuntut ilmu yang bermanfaat, mudah dalam men…